Monday, December 24, 2012

Nostalgia: Pecel Tempe

Oke, sepertinya saya salah beli tempe. Delenya kok utuh-utuh gitu yak -____-"
Resep:
Kalian cuma perlu nyiapin lombok merah besar (1), lombok rawit (sesuai selera, entah mau banyak/dikit), kencur (dua ruas jari kelingking), kemiri (4), santan kental, dan tempe. Semua bahan tersebut dikukus dulu sampai tempenya masak (mateng). Kemudian, kalian tahu langkahnya kan? Kalau bahan udah masak, haluskan bumbu-bumbu itu kemudian tambahkan garam sedikit, gula sedikit, santan kentalnya, aduk-aduk deh sampai merata. Penyet tempe pakai uleg'an daaaaan taraaaaaaaaaaaaa...jadilah foto di atas :)

Thursday, December 20, 2012

Ampalam Udang Cincang

ampalam itu mangga tapi saya nggak tahu jenisnya .."

Langkahnya sebagai berikut:
Haluskan bawang putih (3-4 siung) dan cabe rawit (sesuai selera), kasih gula merah, gula pasir sedikit dan garam secukupnya. Cincang udang tanpa kulit, ambil dagingnya aja trus cincang halus ya. Kupas ampalam secukupnya iris tipis-tipis. Panaskan sedikit minyak goreng di wajan, tumis udang cincangnya dulu kemudian masukkan bumbu yang udah dihaluskan diikuti irisan ampalam, kasih sedikit air lalu aduk-aduk sampai bumbunya merata.

Tuesday, December 18, 2012

Monday, November 26, 2012

Nostalgia : Kulupan Kembang Turi

kulupan=lalapan ; kembang=bunga

Menyenangkan, kemarin saya ketemu ama kembang turi di pasar-dan membelinya. Terbersit juga mau bikin sambel kacang, tapi waktunya ada nggak (mikir). Beli jadi deh, hasilnya di atas itu lho sobat nguleg. Kembang turinya direbus bentar-sebelum direbus, hilangkan ujung tangkai putiknya ya. Ntar2 bakal banyak update nostalgia saya ama menu masakan yang sering dimasak bue di TA sana. Sepeti gembrot mlandingan, teri, kemangi dsb mudahan bahan, waktu dan energinya ada. Melinjo aja ada lho di pasar kemarin-saya seneng banget, nggak nyangka kalau di Banjamasin pohonnya bisa tumbuh. Di sini banyak orang Jawa kali ya ^__^

Tuesday, November 20, 2012

Monday, November 19, 2012

Tumis nan cantik

beautiful .."

Hei! Masih semangat kan?! Hari ini saya kembali masak tumis yang sederhana seperti yang nampak pada foto di atas. Sobat nguleg bisa nyobain resep saya berikut. Pertama cuci bersih jagung putren, tauge, bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, cabe hijau besar. Potong-potong tempe seukuran dadu atau sesuai selera. Potong menyerong jagung putrennya tipis-tipis. Untuk bawang dan cabe juga demikian. Setelah semua siap, panaskan wajan dengan sedikit minyak goreng-lalu tumis tempenya dulu. Selang beberapa menit masukkan irisan cabe dan bawang, kemudian jagung putren dan taugenya. Taburi gula dan garam sedikit (saya tambahin kecap asin kira-kira satu sendok makan). Cicipi apakah masih kurang asin. Aduk-aduk sampai semua rata dan menyatu.

Tuesday, November 13, 2012

Resep Sayur Blonceng


Resepnya mudah lho sobat nguleg. Pertama kalian harus nyiapin semua bahan dasar seperti kacang panjang yang udah dicuci bersih lalu dipotheli; blonceng diiris-iris sesuai selera lalu cuci sampai bersih. Kupas satu siung bawang putih, 2 siung bawang merah. Panaskan air di panci, setelah mendidih-masukkan kacang panjang. Ketika si kacang panjang empuk, masukkan blonceng. Haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri, 5-6 butir ketumbar, garam, dan gula. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, aduk-aduk sayur di panci. 3 menit kemudian masukkan santan kental, aduk-aduk jangan sampai pecah ya. Jangan lupa dicipi apa yang kurang. Kalau kurang asin kasih garam aja, sekarang nggak perlu pakai penyedap rasa lagi, dijamin gurih ^__^

Monday, October 29, 2012

Thursday, September 20, 2012

Tumis Udang Cah Wortel


Cara masaknya sederhana:

Cuci bersih semua sayur-saya pakai wortel, bunga kol, dan jagung putren. Bisa pakai udang atau tahu-tempe, irisan daging ayam juga bisa saya pikir. Rajang bawang merah dan putih, siapkan royco. Panaskan wajan, kemudian tuangkan sedikit minyak goreng-tumis rajangan bawang merah n' putihnya dulu-baru masukkan udangnya. Oseng2 sampai wangi, lalu masukkan wortel, jagung putren dan bunga kolnya serta sedikit royco. Tumis hingga semua sayurnya layu-kalau saya tadi sih masih kres2 sayurnya, tambah enak. Manis gitu pas dikunyah :D

Wednesday, September 5, 2012

Lodeh Tahu

padahal ada ayamnya, tapi sengaja ga saya muat di piring :D

Monday, September 3, 2012

Wednesday, August 8, 2012

Menu Lama

foto diambil oleh: admin nguleg [dot]net


Resep Sulur / Luncar Keladi:
Pertama, bersihkan sulur-lalu masak dengan air asam kamal sampai layu untuk menghilangkan gatal saat dimakan. Kedua, haluskan bumbu berikut : Kemiri (3). bawang merah (2), bawang putih (1), laos, kunyit, garam, trasi, serai. Selanjutnya, buang air asam tadi saat sulur sudah layu dan haluskan bumbu tersebut. Ketiga, panaskan wajan dengan 2 sendok minyak goreng-tumis bumbu sampai harum; masukkan sulurnya, oseng sampai merata.


Catatan: menu ini, bukan saya yang masak-foto diambil saat kakak Ipar saya masak Sulur tersebut. Nah, karena saya penasaran dan ingin masak sulurnya nanti-agar tidak lupa, saya tulislah resep di atas. Foto hasil masakan saya menyusul ya :)

Sunday, June 24, 2012

Menu Serba ada #2

hiasannya masih belum sip, perlu banyak belajar lagi -.-"




Yang perlu Anda lakukan:
Siapkan terong segar, jangan kupas kulitnya, iris memanjang seukuran 2 ruas jari.
Kemudian siapkan pula udang segar, lombok rawit, bawang merah,
bawang putih, kemiri, terasi, tomat (digoreng), garam, gula putih dan minyak goreng.
Pertama, gorenglah irisan terong sampe kekuning-kuningan lalu tiriskan.
Kedua, haluskan bumbu. Ketiga, tumis bumbu dengan sedikit
minyak goreng sampai harum--baru masukkan udang segar tadi,
oseng-oseng sampai masak udangnya dengan api kecil.
Terakhir masukkan terong goreng,
dan oseng-oseng lagi sampai bumbu merata.

Tuesday, June 12, 2012

Mengikuti EPV di Mandiangin

Lega rasanya perjalanan singkat saya menuju lokasi EPV (English Proficiency Village) kemarin tanggal 9 Juni 2012 lancar. Niatnya sih berangkat habis sholat subuh-tapi kakak saya (mas Agung) terus-terusan mengulur waktu-jadilah saya berangkat jam 06.15. Rada sebel sih, habis lokasinya jauh dari rumah; selain itu juga ini perjalanan terjauh yang pertama kali saya tempuh dengan mengendarai sepeda motor seorang diri; bermodalkan tekat dan sinyal hape T_T

2 hari di EPV Mandiangin ngapain aja?
Saya mengikuti EPV selama 2 hari yakni tanggal 9-10 Juni 2012 yang beralamatkan di Jalan Tahara Sultan Adam Km.14 Mandiangin Kec.Karang Intan Kab.Banjar, Kalimantan Selatan. Di sana saya dan teman-teman yang mengikuti EPV menginap semalam di Balai Budidaya Air Tawar. Jadi, Minggu sorenya kami pulang.

Tepat jam 8 pagi saya sampai di Balai tadi-diantar oleh teman saya S.Makromah yang sebelumnya udah nungguin di Banjar Baru. Ternyata pas udah masuh ke dalam, semua kamar telah dihuni oleh teman-teman yang lain. Sempat bingung, soalnya panitia nggak ada yang nongol-ditelfon juga nggak diangkat. Oke, kami pun rundingan gimana baiknya (saya, S.Maimunah, Lusi, Alin dan Yanti 1). Beberapa menit kemudian kami dapat kenalan (Yanti 2 dan Laras) di kamar paling ujung. Kami pun bergegas ke sana. Satu kamar, kini dihuni oleh 7 orang cewek cantik. Sempat runding lagi sejenak, trus saya nyari kasur ke kamar sebelah-dan nemu satu kasur lalu saya bawa ke kamar kami yang tadi. Setelah itu, kami istirahat sebentar.

Penampakan dari luar kamar kami ^_^








Friday, June 8, 2012

Mengunjungi BTIKP Kalsel

Kamis kemarin, tanggal 7 Juni 2012-saya dan teman-teman saya dari FKIP Bahasa Inggris kelas malam mengunjungi BTIKP (Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan) yang beralamatkan di Jl.Letjend S.Parman No.44 Banjarmasin untuk memenuhi tugas mata kuliah Media. Sebenarnya tidak hanya kami yang datang saat itu, karena dari fakultas yang sama; anak Uniska Banjarbaru juga datang. Kelas kami dibagi menjadi dua kloter-yang pertama datangnya jam 8 sampai jam 12-selanjutnya kloter kedua akan meneruskan sampai selesai. Dan kebetulan saya bisa hadir di kloter pertama yakni pagi.

Wednesday, June 6, 2012

Menu Serba ada #1

Kering tempe+kentang+hati ayam
Karena menu ini sudah pernah saya tulis resepnya, kali ini biar foto yang berbicara ya. Rencana saya ke depan, kalau ada uang lebih pengen banget ngirim tester masakan saya ke teman-teman blogger-khususnya yang suka kering tempe ekstra pedhas buatan saya dengan syarat dan ketentuan berlaku hahaha. Jadi, nggak hanya menikmati foto yang saya suguhkan-kalian juga bisa ngasih kritik apakah masakan saya sedep, sengak, kurang sip dsb.

Monday, June 4, 2012

Lesehan

Kata "lesehan" identik dengan warung-warung di pinggir jalan (identik dengan jam istirahat, kopi dsb.). Lesehan sendiri merupakan istilah dari bahasa Jawa yang artinya duduk santai yang biasanya beralaskan tikar (kalo nggak salah sih). Nah, hari ini-nguleg[dot]net menyediakan menu yang biasanya ada di warung-warung lesehan yaitu, lalapan, ayam goreng, dan sambel. Sambelnya agak beda sih, kalo di warung lesehan sambel lalapan biasanya sambel trasi yang dikasih tomat-saya cuman pake lombok, trasi ama irisan jeruk purut (sambele wong Banjar). Oh iya, resep supaya ayam gorengnya meresap dan gurih-sebelum digoreng sebaiknya lumuri ayam tadi dengan bumbu (bawang putih, serai, garam, parutan laos, kunyit sedikit) kemudian disumap/dididihkan di panci kecil sebentar dengan api kecil-setelahnya bisa digoreng deh. Penasaran kan, seperti apa penampakan yang saya masak tadi pagi-cekidot: 


lalapannya: kacang panjang ama kubis :D

Saturday, June 2, 2012

Jangan meremehkan pelajaran Bahasa Indonesia


Mungkin banyak diantara kita yang menganggap salah satu mata pelajaran ini mudah. Bahasa Indonesia, yang berkedudukan sebagai bahasa Nasional (Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928) dan sebagai bahasa Negara (hal ini tercantum dalam UUD 1945, Bab XV, Pasal 36-Bahasa negara ialah BI) telah mengalami pergeseran nilai pada generasi muda. Hal ini terbukti saat pengumuman Ujian Nasional pada hari Jumat, 25 Mei 2012 yang lalu digelar-tercatat 7.579 siswa tidak lulus UN; sebagian besar gagal pada mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia, sama dengan tahun lalu.

Saya bisa memaklumi kalau Matematika mungkin lebih njlimet ketimbang Bahasa Indonesia. Lalu kenapa Bahasa Indonesia yang sejatinya merupakan bahasa kita sehari-hari (meskipun kita semua tahu dalam keseharian, kita tidak melulu berbahasa Indonesia, mungkin sebagian terbiasa memakai bahasa Daerah; atau bisa jadi bahasa Asing) masuk dalam kategori mata pelajaran yang dianggap sulit.

Tuesday, May 29, 2012

Muhammad: Para Pengeja Hujan 292-293

Semua orang mendengar, menyimak dengan dada berdebar. Engkau melanjutkan kalimatmu.  

"Aku pergi mendahului kalian, dan aku menjadi saksi kalian. Tempat pertemuan kalian denganku adalah di telaga yang sesungguhnya dapat kulihat dari tempat aku berdiri saat ini. Aku tidak mengkhawatirkan kalian akan menyembah Tuhan lain selain Allah. Akan tetapi, yang kukhawatirkan, kalian di dunia ini akan saling berlomba meraih kejayaan duniawi."

***pesan***

Monday, May 28, 2012

Indonesia Bangkit: Optimalkan Tugas Anda sebagai Seorang Guru TK

Manusia membutuhkan pendidikan dalam kehidupannya. Pendidikan merupakan usaha agar manusia dapat mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran atau cara lain yang dikenal dan diakui oleh masyarakat. 

Bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional Republik Indonesia, saya ingin memberikan sumbangsih berupa uneg-uneg tentang dunia pendidikan di luar sana khususnya pendidikan anak usia dini. Singkat cerita, saya tertegun ketika membaca sebuah artikel milik seorang sahabat blogger-di sana telah diceritakan seperti apa perkembangan anaknya selama menempuh pendidikan di sebuah sekolah Taman Kanak-kanak; yang sayangnya justru guru dari anak tersebutlah yang saya pikir bertindak dengan tidak semestinya.

Melihat kasus tadi, mari kita telusuri sebenarnya apa sih tugas seorang guru-terlebih lagi guru TK atau Paud? Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen pada BAB I, Ketentuan Umum Pasal 1-Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Thursday, May 17, 2012

Resep: Pepes Iwak Haruan

Pepes Iwak haruan oleh Ajeng S. Rahayu












Bahan:
Kencur
Kemiri
Bawang putih
Tomat atau belimbing wuluh
Iwak Haruan
Garam
Daun Pisang


Cara memasak:
Pertama, kalian bisa haluskan bumbu berikut: bawang putih, kemiri, kencur, garam. Lalu iris serong tomat setengah mentah bisa juga diganti dengan belimbing wuluh agar rasa leibh nikmat. Berikutnya, lumuri iwak Haruan dengan bumbu yang sudah dihaluskan serta campur irisan tomat ke dalamnya. Terakhir, bungkus bahan tadi dengan daun pisang-dan kukuslah kira-kira sampai daun pisangnya layu serta tercium aroma pepesnya.



MUDAH BUKAN?!
***SELAMAT MENCOBA***

Thursday, May 3, 2012

Resep: Perkedel Kentang

Foto diambil oleh: Ajeng S.Rahayu
Bahan:
  • Kentang
  • Telur ayam
  • Tepung Terigu
  • Daun sop
  • Bawang merah
  • Merica
  • Garam
Cara memasak:
  • Rebus kentang, setelah matang diamkan lalu kupas kulitnya kemudian haluskan.
  • Haluskan bumbu : bawang merah, merica, garam.
  • Iris tipis daun sop.
  • Pisahkan kuning telur ayam dengan putihnya.
  • Campur bahan yang dihaluskan : kentang, bumbu, daun sop, kuning telur, beri sedikit-demi sedikit tepung terigu. Kira-kira saja sampai adonan tidak lengket.
  • Celupkan adonan tadi ke putih telur.
  • Goreng sampai kekuning-kuningan.

** SELAMAT MENCOBA **

Tuesday, April 24, 2012

Resep: Perkedel Uta-isi

Gambar diambil oleh: Ajeng S. Rahayu


Cara membuatnya:
Pertama-tama, kalian hancurkan dulu tahu yang berbentuk persegi/panjang itu. Kemudian haluskan udang secukupnya yah. Berikutnya bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, merica, dan garam silakan dihaluskan. Kocok sebutir telur ayam. Kupas telur puyuh yang sudah dijarang. Iris tipis daun bawang. Singkat cerita, kalian campur semua bahan tadi: tahu yang sudah hancur, udang yang dihaluskan, irisan daun bawang, serta sedikit tepung sagu dan jangan lupa bumbu utama yang dihaluskan tadi. Aduk-aduk sampe merata. Campur bahan ini dengan telur ayam yang sudah dikocok, lalu aduk-aduk kembali. Kalau masih lengket, tambahkan tepung sagu lagi. Buat lempengan dan isi dengan sebutir telur puyuh. Bentuk saja menyerupai pentol bakso. Bisa juga kita bentuk mirip nugget. Goreng sampai kekuning-kuningan ya ^_^

Wednesday, April 11, 2012

Kesenjangan sosial, kemerosotan moral dan mental

gambar dari google
Entah kenapa, saya benar-benar ingin mengungkapkan hal ini. Hal-hal yang sudah tidak asing lagi terdengar, terlihat, terpampang bahkan sering kita dapati di lingkungan sekitar rumah kita. Tidak ada orang yang menginginkan hidup miskin. Bahkan jika memilih untuk hidup kaya-bukankah harus ada jalan yang ditempuh?

Kemarin, saya nggak sengaja noleh atau nengok ke jalan. Eh nggak tahunya, ada paman-paman yang suka ngumpulin rongsokan atau barang bekas di depan pagar rumah tetangga. Ya udah, saya samperin paman tadi. Trus saya nanya, " Pak, mau nggak beli buku-buku saya? beliau nanya balik, " Banyak nggak?. Saya jawab deh, "Banyak pak." Singkat cerita, saya turunin deh, buku-buku pelajaran saya zaman putih abu-abu dulu-yang memang kebetulan sekali udah saya ringkas; saya iket pakai tali rafia jauh-jauh hari yang lalu; pas mbersihin kamar saya. Lumayan berat, sampai ngos-ngosan. Setelah negosiasi sebentar, beliau sepakat ngasih harga sekilonya Rp.800,00. Lumayan lah, lagian saya nawar lagi juga nggak bisa; ya wes lah.


Buku-buku tadi pun ditimbang pake timbangan yang kalo di Jawa sih setahu saya timbangan tadi dipake buat nimbang gabah. Saya terkejut pas si bapak tadi ngluarin dompetnya; dibalik baju lusuh-di dalam pocket yang diikat ke perutnya. Hmmm, duitnya banyak sodara-sodara. Sontak saya kaget. Subhanallah.... nggak ngira aja. Dengan pakaian lusuh, robek-robek gini duitnya banyak. Saya pikir kalau ngumpulin rongsokan kayak gini, dapet duit juga nggak seberapa. Ternyata oh ternyata, saya tertitpu oleh pandangan pertama!

Wednesday, April 4, 2012

Thursday, March 22, 2012

Terinspirasi oleh Nyla Baker: Resep Gulai Ayam tanpa Lada

Gulai ayam tanpa lada :D
 Caranya mudah:
Kalian cukup sediakan ayam segar yang udah dicuci bersih-selanjutnya goreng ayam tadi dengan api sedang sampai kekuning-kuningan, lalu haluskan bumbu berikut: bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, kunyit, jahe, gula merah, garam. Terakhir memarkan lengkuas. Proses memasaknya gini, setelah ayam gorengnya ditiriskan. Tumis bumbu yang dihaluskan tadi disertai dengan daun serai, daun salam dan daun jeuk purut sampai wangi. Kemudian tuang sedikit air juga santan serta masukkan ayam gorengnya. Aduk hingga merata-biarkan mendidih dengan api kecil.

Tuesday, March 20, 2012

Terinspirasi oleh Farah Quin: Resep Ceker Ayam pedhas

Awas phedasss !!
Kalian udah siap? Yuk, mari dimulai langkah memasaknya :

Pertama-tama, semua bahan dan bumbu harus sudah dicuci bersih ya. Goreng ceker ayam serta ayamnya sampai kekuning-kuningan di api yang sedang. Haluskan bumbu sambil nunggu cekernya masak. Bumbu tersebut meliputi bawang merah, bawang putih, lombok, kemiri, trasi, garam, gula-setelah bumbu halus memarkan laos dan daun serai. Selanjutnya tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi sampai harum disertai dengan irisan tomat. Kemudian masukkan ayam serta ceker gorengnya. Aduk-aduk sampai rata, lalu tuangkan sedikit kecap manis. Beri sedikit air, dan tumis lagi sampai merata bumbunya.

Wednesday, March 14, 2012

Soto Jamur Instan sampai ke Banjarmasin

Sebenarnya dari hari Senin kemarin saya sudah menerima kiriman paket Sotoji, tapi baru sekarang bisa ngereview produk Sotoji ini. Mungkin beberapa orang dari kalian sudah tahu apa itu Sotoji. Dan sekedar info buat yang belum tahu-Sotoji merupakan sebuah singkatan dari Soto Jamur Instan. Produk ini baru saja diluncurkan di Bogor, Indonesia serta diproduksi langsung oleh PT. Tri Rastra Sukses Sejahtera. Beruntung buat saya dan teman-teman Non-Jabodetabek yang sudah memesan sampel Sotoji ini jauh-jauh hari kemarin. Karena ternyata pemesanan sampel Sotoji sudah ditutup sejak tanggal 10 Maret 2012. Tidak masalah-warga Jabodetabek masih bisa memesannya sampai batas waktu yang telah ditentukan, sementara warga Non-Jabodetabek kan masih bisa menikmatinya dengan memesan langsung-beli maksudnya.

Tuesday, March 6, 2012

Catatan terbaru: Bukan Blogger Semusim


Bukan blogger semusim, hendaknya menjadi slogan yang perlu kita galakkan setiap hari. Baik itu dari saya maupun dari kalian, slogan ini sudah tentu memiliki pelecut dalam menulis khususnya bagi seorang blogger. Meskipun banyak diantara kita yang memiliki sedikit kesempatan dalam menulis karena kesibukan aktivitas di kantor, di rumah, di sekolah atau di kampus dan di lain tempat-hal ini tidak akan menjadi penghambat jika kita benar-benar konsisten sebagai seorang blogger. Tidak perlu mencari-cari alasan untuk menghindar dari kegiatan murni seorang blogger di dunia maya. Jika seorang blogger tidak selalu bisa menuliskan sebuah artikel terjadwal setiap harinya, tentu saja hal ini beralasan. Sedikitnya, 3 artikel dalam sebulan-itu sudah sangat baik. Mengingat, kebutuhan kita dalam membunuh waktu sangat berbeda satu sama lain.

Monday, March 5, 2012

Ini bukan review trilogi The Hunger Games

Maaf sekali...kali ini saya tidak akan mereview baik buku kedua dan ketiga dari The Hunger Games. Saya yakin banyak diantara teman-teman blogger kita yang sudah mereviewnya-dan jika beruntung kalian bisa membacanya :D Saya akan bercerita sedikit-banyak soal ketiga buku ini. Dari The Hunger Games, Catching Fire dan yang terakhir adalah Mockingjay karangan Suzanne Collins yang kebetulan ketiga buku tersebut sudah selesai saya baca. Mau pinjem? Ambil di rak buku saya deh. Kejauhan? Ya udah, baca yang ini aja :p

The Hunger Games, dalam buku ini banyak diceritakan siapa itu Katniss dan kesehariannya, Gale, Prim dan ibunya, Panem, Distrik 12 serta orang-orang yang terlibat di dalamnya. Dari buku inilah awal cerita yang sesungguhnya baru dimulai-yakni saat Katniss Everdeen menggantikan Primrose untuk mengikuti Hunger Games yang ke-74. Apakah Katniss mampu bertahan hidup setelah mendengar pernyataan cinta dari Peeta Mellark yang juga menjadi peserta dari Distrik 12? Mari kita lanjut ke buku berikutnya ;)



Friday, March 2, 2012

Resep Pedha' Goreng Gurih

Ikan Pedha' goreng, yummy :D
Langsung saja:
Sebenernya resep supaya ikan goreng atau bisa juga ayam goreng kita gurih itu mudah. Pertama haluskan dulu bumbu : bawang putih, serai, kunyit dan garam-lalu kasih air sedikit. Bumbu ini disesuaikan ama banyaknya ikan atau ayam yang mau digoreng lho ya. Kemudian, lumuri ikan yang sudah dicuci bersih dengan bumbu yang dihaluskan tadi. Lalu tuangkan saja semuanya di panci kecil dan panaskan sebentar di atas api kecil kira-kira 5 menit lah sampai bumbu meresap. Terakhir, ikan bisa digoreng sampai cokelat kekuning-kuningan.

Thursday, March 1, 2012

Kimchi rasa garam

Kimchi rasa garam, kegagalan pertama T_T

 "Dua sampai tiga kali mengalami kegagalan dalam memasak atau hal apapun itu-maka jangan ragu untuk mencoba lagi.."  
Ajeng S.Rahayu

Wednesday, February 22, 2012

Mandai

buah cempedak dari sini
Bagi warga Borneo atau Kalimantan-nama 'mandai' mungkin tidak terdengar asing. Mandai sendiri merupakan olahan dari kulit cempedak yang dibuat dengan cara mengupas kulit buah sampai terlihat putih kemudian direndam dengan air garam untuk mengawetkan dan melunakkan teksturnya. 

Kalau di Jawa Timur kita memiliki buah nangka-nah di Banjarmasin kita punya buah cempedak atau tiwadak (bahasa Banjar) yakni tanaman buah-buahan dari family Moraceae. Bentuk buah, rasa dan keharumannya seperti nangka meski aromanya kerap kali menusuk kuat mirip buah durian. 

Buah dimakan dalam keadaan segar atau diolah terlebih dahulu. Daging buah cempedak, kadang-kadang berserta bijinya sekali, diberi tepung, gula atau garam lalu digoreng-dijadikan camilan. Bijinya dapat digoreng, direbus atau dibakar sebelum dimakan dengan campuran sedikit garam. Buah mudanya seperti nangka muda dapat dijadikan sayur. [SUMBER]

Friday, February 10, 2012

Yang galau, yang sibuk memilih

Niatnya sih pengen nulis ala detektifan gitu-ada lagu jreng jreeeeeng...! yang bikin was-was bin panik, namun apa daya imajinasi tak sampai :D  Semoga tidak ada pihak yang merasa tersakiti maupun menyakiti gara-gara tulisan saya yang setengah janggal bin nggak nyambung ini. Oh iya, saya nggak nolak kalau pemenang kontes tiba-tiba menghibahkan hadiahnya ke saya. Saya terima dengan senang hati dan lebih seneng lagi kalau ternyata sayalah pemenang kontes ini ;)


Siapkan tisu, barangkali Anda merasa terharu.

Bagian A:
JT adalah seorang laki-laki biasa. Sejak dulu dia telah memiliki rasa terhadap teman perempuannya yang bernama LNS. Namun karena kepribadian JT yang rada nggeje, hubungan antara JT dengan LNS sampai sekarang hanya berakhir di Friend-Zone. Merasa stress dengan situasi yang tak kunjung berubah tersebut, JT terus-terusan menulis postingan galau di blog miliknya, dan mengajak para follower-nya untuk ikutan galau sambil nyanyiin lagu "Forever Alone~~" yang makin nge-hit belakangan ini.

Tuesday, January 24, 2012

Resep: Two in one

Bingung mau masak apa? Pusing, harus milih sayur atau lauk? Gampang! Kenapa nggak dijadiin satu aja masaknya-ada sayur, ada lauknya juga. Daripada beli, terus nungguin masaknya lama, yuk cobain resep saya berikut ;)

Sorry ya, ini gambar bukan dari google. HASIL JEPRETAN AKU :p