Monday, December 24, 2012

Nostalgia: Pecel Tempe

Oke, sepertinya saya salah beli tempe. Delenya kok utuh-utuh gitu yak -____-"
Resep:
Kalian cuma perlu nyiapin lombok merah besar (1), lombok rawit (sesuai selera, entah mau banyak/dikit), kencur (dua ruas jari kelingking), kemiri (4), santan kental, dan tempe. Semua bahan tersebut dikukus dulu sampai tempenya masak (mateng). Kemudian, kalian tahu langkahnya kan? Kalau bahan udah masak, haluskan bumbu-bumbu itu kemudian tambahkan garam sedikit, gula sedikit, santan kentalnya, aduk-aduk deh sampai merata. Penyet tempe pakai uleg'an daaaaan taraaaaaaaaaaaaa...jadilah foto di atas :)

41 comments:

  1. oh? jadi bumbunya bukan bumbu pecel yang biasanya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan, pernah ga sih dibuatin kayak gini sama ibumu? aku pas di TA dulu nyebutnya pecel tempe, ga tahu kalo d lain

      Delete
    2. ga pernah jeng, pernahnya dibikinin yang bumbu pecel biasa yang pake daun jeruk itu

      Delete
    3. wah itu enak lagi, sekalian kulupannya trus peyek teri trus entho..lengkap deh jadi sego pecel >.<

      aku pengen jg bikin, tapi itu kelas berat alias ribet-kpn2 ae lah lek wis senggang. nguleg kacangnya dulu kan...kurang puas beli sambel kacang yg sdh jd tuh, krg sip :D

      Delete
    4. waa, tidak untuk cabe rawit, kalo buat saya..
      eh iya juga mbak, yang ditanya Yen itu mau saya tanya juga, ndak pake bumbu kacang ya,
      tapi namanya pecel juga?

      Delete
    5. sip deh, kan sesuai selera. Iya, kami-aku dan keluargaku nyebutnya pecel juga. Ga tahu deh ya di lain bilangnya ini tempe bumbu apa.

      Delete
    6. @ajeng: iya, bumbu pecel yg pake daun jeruk emang ribet, ngeliat bikinnya aja kadang males hahaha

      @yudi: yaelah, itu kan bumbu kacang juga bang, cuma bukan yg buat pecel biasanya

      Delete
  2. aku malah suka tempe yang kedelainya utuh utuh dan besar gitu.. jadi rasanya ceplus ceplus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kebalikannya mbak Elsa, sukanya yg delenya ga utuh2 gitu :)

      Delete
  3. berati rasane koyok sambel tumpang kuwi ngko? #eh

    ReplyDelete
  4. Rasanya pasti mendebarkan, apalagi kalau ditambah rasa pedas yang berlebihan, pasti lebih fantastis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduuuh, jangaaaaaaaaaaan! ini aja udah pedhesnya pol, sampe saya mules. saya kapok!

      Delete
  5. klo yg ini jg mantep, tp jgn smpe keasinan...maknyuuusss

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. lele goreng aja mbaaaaaaak, tempenya diganti lele goreng. duuuuuuuuh ngeces saya >.<

      Delete
  7. mmm.. kayanya kalau di kampungku namanya 'pelalah'

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiiih, unik! kapan ya bisa main ke kampungmu..."

      Delete
    2. salam kenal...
      kunjungan perdana...heummm,dicoba ah besok..maknyus kayaknya :D

      Delete
  8. Replies
    1. kapan2 deh mbak, tinggal sendirian itu rada susah-apalagi masak yg ribet2, ntar kalau ga kemakan sayang. jd plg sering ya masak yg cepet abis aja :D

      Delete
  9. huaaaa.
    gusi q sakit, lihat ini tambah sakit T.T

    ReplyDelete
  10. Kalau aku lebih cocok dengan nasi pecel Madiun hehehe..
    Enak apalagi kalau dimakan pas hangat.

    ReplyDelete
  11. kunjungan perdana,, blog yang kerenn..mampir juga ditempat saya yaa... follow sukses.. follow back yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kunjungan dan follownya, tappi...perlu Anda ketahui, saya tidak pernah mewajibkan seseorang untuk ngefollow blog ini. Jadi jgn mengharapkan saya ngefollow balik ya ^__^

      Delete
  12. sepertinya aq pernah komen, tapi kok nggak muncul yak?
    :p
    wahahaha
    .
    tambah laper nih

    ReplyDelete
  13. tambah telor puyuh sama bawang goreng.
    Wuihhhh :9

    ReplyDelete
    Replies
    1. ide cemerlang! nyambung ga yah? ntar deh kapan2 nyobain,

      Delete
  14. wis,..rasanya pasti nikmat sekali,...

    ReplyDelete

Please give your comments in writing ...