Monday, November 26, 2012

Nostalgia : Kulupan Kembang Turi

kulupan=lalapan ; kembang=bunga

Menyenangkan, kemarin saya ketemu ama kembang turi di pasar-dan membelinya. Terbersit juga mau bikin sambel kacang, tapi waktunya ada nggak (mikir). Beli jadi deh, hasilnya di atas itu lho sobat nguleg. Kembang turinya direbus bentar-sebelum direbus, hilangkan ujung tangkai putiknya ya. Ntar2 bakal banyak update nostalgia saya ama menu masakan yang sering dimasak bue di TA sana. Sepeti gembrot mlandingan, teri, kemangi dsb mudahan bahan, waktu dan energinya ada. Melinjo aja ada lho di pasar kemarin-saya seneng banget, nggak nyangka kalau di Banjamasin pohonnya bisa tumbuh. Di sini banyak orang Jawa kali ya ^__^

Tuesday, November 20, 2012

Monday, November 19, 2012

Tumis nan cantik

beautiful .."

Hei! Masih semangat kan?! Hari ini saya kembali masak tumis yang sederhana seperti yang nampak pada foto di atas. Sobat nguleg bisa nyobain resep saya berikut. Pertama cuci bersih jagung putren, tauge, bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, cabe hijau besar. Potong-potong tempe seukuran dadu atau sesuai selera. Potong menyerong jagung putrennya tipis-tipis. Untuk bawang dan cabe juga demikian. Setelah semua siap, panaskan wajan dengan sedikit minyak goreng-lalu tumis tempenya dulu. Selang beberapa menit masukkan irisan cabe dan bawang, kemudian jagung putren dan taugenya. Taburi gula dan garam sedikit (saya tambahin kecap asin kira-kira satu sendok makan). Cicipi apakah masih kurang asin. Aduk-aduk sampai semua rata dan menyatu.

Tuesday, November 13, 2012

Resep Sayur Blonceng


Resepnya mudah lho sobat nguleg. Pertama kalian harus nyiapin semua bahan dasar seperti kacang panjang yang udah dicuci bersih lalu dipotheli; blonceng diiris-iris sesuai selera lalu cuci sampai bersih. Kupas satu siung bawang putih, 2 siung bawang merah. Panaskan air di panci, setelah mendidih-masukkan kacang panjang. Ketika si kacang panjang empuk, masukkan blonceng. Haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri, 5-6 butir ketumbar, garam, dan gula. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, aduk-aduk sayur di panci. 3 menit kemudian masukkan santan kental, aduk-aduk jangan sampai pecah ya. Jangan lupa dicipi apa yang kurang. Kalau kurang asin kasih garam aja, sekarang nggak perlu pakai penyedap rasa lagi, dijamin gurih ^__^