Tuesday, December 18, 2012

Nostalgia: Sup Ikan Nila

Mungkin foto ini terlihat sangat tidak menarik -____-"
Hore update masakan lagi! ^___^ lama banget kan saya nggak update, padahal di entri sebelumnya udah nyebut2in kalau saya mau bernostalgia ama menu2 lama yang jarang sekali saya makan. Jangankan update, komentar sobat nguleg yang udah masuk aja masih saya diemin, maaf ya. Akhir-akhir ini memang banyak sekali rintangan, mulai dari komputer yang tiba-tiba nggak mau nyala setelah mati lampu-terus lagi, kabel telfon yang disrudhuk ama truk yang lewat dsb. Alasan lain kenapa saya jarang update padahal di rumah masih sempet masak, ya karena menunya sama. Ya! Saya masih suka masak menu yang itu2 aja, patut disyukuri kan? Alhamdulillah :)

Jadi gimana cara masak menu di atas? Kalau boleh judhes-saya akan bilang gini, "Menu di atas adalah menunya orang yang males masak!" Hehehe, kenapa demikian? karena prosesnya cepat dan mudah (balik lagi ke pro dan kontra, sebenarnya nggak males2 banget sih, buktinya ada masakan tersaji). Selain itu juga bahannya dikit. Kalau sobat nguleg kreatif-boleh lah ditambahin apa gitu. Resepnya dan cara masaknya sebagai berikut: Kalian panaskan air di panci, sama masukkan ikan Nilanya. tunggu sampai airnya mendidih. Sambil menunggu, kupas bawang merah lalu potong tipis2 kemudian masukkan ke panci. Potong juga lombok rawit, dan masukkan ke panci. Kupas jahe, dikira2 aja seapa-sesuaikan ama Ikan Nila yang mau dimasak banyak apa dikit. Setelah jahe dikupas, memarkan-lalu masukkan ke panci. Tambahkan garam dan gula secukupnya, aduk-aduk.

FYI: sebenarnya yang bernostalgia dengan menu ini kakak perempuan saya, mbak Dewi-yang katanya ini menu dimasak oleh mertuanya. Namanya kakak-adik kan sering crita2, maka jadilah menu di atas karena rasa keingintahuan saya.

17 comments:

  1. kalo ibu saya buat sup, daun seledri gak pernah ketinggalan, padahal saya kurang suka baunya..
    sup nya mbak paling enak dimakan panas-panas pas hujan sore-sore, hmm.. anget.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, kebanyakan sup aplg kalo ada sayur kubis, wortel n kentang pas banget dikasih seledri. Nggak tahu deh klo menu yg satu ini mas, saya baru sekali kemarin aja masaknya. Benerr, ini enaknya dimakan pas masih anget-seger ama aroma jahenya tuh ngena banget.

      Delete
    2. iya, tapi saya baru nyadar juga sama pertanyaannya si Yen, saya lebih yakin sih kalo itu kematangan, hehe..

      Delete
  2. Jadi pingin gulai kepala ikan nih...
    sluuurpp!!!!


    ikannya menggiurkan!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sluuuuurp, enak itu mbak-kepalanya disesepin >.<

      Delete
    2. iya bener!!!!!
      hehehehhe

      makannya khusyuk gitu ya

      Delete
  3. wah ikan segar disayur bening, belum pernah merasakan Mbak Ajeng. Soalnya lidah ini terbiasa ikan segar yang disayur lodeh plus santan kelapa. Bolehklah kapan-kapan mencoba yang bening-bening, eh maksud saya sup ikan bening

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga baru pertama kali lho pak Sis, iya monggo :)

      Delete
  4. wah kenapa kepala ikannya agak hancur gitu jeng?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pendapatku, pertama-mungkin karena pas yang jualan ni ikan mbeteti ikannya sampe ke mulut si ikan. Kedua, dampak dari rebusan yang cukup lama, istilahe kematengen Yen :)

      Delete
  5. Sumpah mbak, sepertinya nggak enak tuh masakannya kalo dilihat dari tampilannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. foto hanyalah foto, meskipun mewakili tapi tidak sepenuhnya terwakili :)

      Delete
  6. Replies
    1. hehe, saya males sih enggak, kan penasaran aja habis dicritain menu ini mbak Lidya :)

      Delete
  7. Itu menu sehat, ikan dan tidak digoreng. Apalagi pake peralatan masak yang ajaib kayak dijual di tv, hehehe... Kalo anak-anak lebih suka dijadiin bakso penampilan lebih menarik.

    Kaos kaki untuk umroh bisa digulung dari jari jadi kalo wudhu gak usah dilepas

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk skrg, pake alat yg ada aja mbak2 :D
      kalo pun ada duit lbh mngkin ke pake buat yg lain, msh pnsrn ama wujud kaos kakinya kek gmn. gag ngerti pnjlsn mbak Ami -____-"

      Delete

Please give your comments in writing ...