Monday, October 29, 2012

Gulai

gulai gulai gulai gulai...kayak lagu apa yah?!
Ciee, admin nguleg lagi rajin masak neh...haha :D hari ini saya masak gulai lho sobat nguleg. Dan ini pertama kalinya saya masak gulai. Resep seperti biasa nanya ke ibu saya dulu. Masak yang berat-berat gini kuncinya cuma satu: TELATEN/sabar/PATIENT

Prosesnya lama cuman pas ngrebus daging sapi/kambingnya aja. Setelah itu, ringanlah itungannya. Jadi, sobat nguleg mesti ngapain aja kalau mau masak gulai?! Oke, pertama-tama rebus daging sapi/kambingnya dengan api kecil ya. Supaya daging cepat empuk, masukin sendoknya sekalian. Kenapa sendoknya ikut direbus Jeng? Liat entri yang sebelumnya aja, di sana ada yang kasih komentar ;)



Setelah daging sapi/kambingnya empuk, angkatlah dan iris2 sesuai selera. Kemudian haluskan bumbu berikut: lombok merah besar (buang bijinya), bawang merah & putih, kemiri, kunyit sedikit, merica sedikit, tumbar sedikit, garam, gula. Keprek daun serai ama jahe.


bumbu yg mn yg dihaluskan?

serai, jahe ama daun jeruk purut jgn diuleg :)

Terakhir, tumis bumbu yang sudah halus  dengan sedikit minyak goreng ama keprekan daun serai dan jahenya. Masukkan 2 lembar daun jeruk purut. Tumis sampai wangi, lalu masukkan air kaldu dan santan kental. Masak dengan api kecil, cicipi apa yang kurang. Selesai deh :)


NOTE: GULAI DI ATAS TIDAK SAYA BUBUHI PENYEDAP RASA. DAN RASANYA KURANG GURIH. BENARKAH KALAU MASAK PAKAI BUMBU PENYEDAP RASA LEBIH GURIH?

42 comments:

  1. ada yang bilang itu soal kebiasaan jeng. kalo lidahmu udah biasa makan makanan yang pake penyedap, maka saat ga pake rasanya jadi kurang gurih

    sebaliknya buat yang udah biasa ga pake, saat ditambah penyedap rasanya malah cenderung kerasa eneg

    kalo aku pribadi sih ga terlalu sensitif soal penyedap rasa hehe :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gitu ya, d rmh emg udah kebiasaan sih tapi dikit ngasihnya. kalo kebanyakan ya gag enak rasanya :D ibaratnya tuh sbg pelengkap aja Yen..

      Delete
    2. aku baru ngeh sama caption foto gulai mu. itu mah lagu gula-gula nya elvi sukaesih :))

      Delete
    3. sama kayak peribahasa, 'alah bisa karna biasa' yah? :P

      Delete
    4. @yen: itu lagu selingkuh ya? jare temenku

      @nuel: itu keknya perkara tindakan nuel, misalnya aja awalnya aku ga bisa masak sama skali, trus jd niat masak dg sendirinya dan ternyata aku berhasil masak bbrp resep. bisa karena terbiasa :)

      Delete
    5. @nuel: lebih tapat kalo witing tresno jalaran soko kulino #halah

      @ajeng: itu lagu yang dinyanyikan seorang istri yang suaminya selingkuh. dih kenapa aku ngerti banget yak soal beginian -.-

      Delete
    6. berarti bener jare temenku, beuh nyesel juga kenapa gulai gulai gulai captionnya #padahalbisadihapus

      Delete
    7. lah emang kenapa kudu nyesel coba?

      Delete
  2. entrinya yg mana? penasaran nih kenapa sendoknya direbus juga hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. di entri oseng mercon, cari aja komennya Yudi Darmawan :)

      Delete
    2. biasanya ibuku mbungkus pake daun pepaya jeng biar empuk dagingnya

      Delete
    3. jadi daging yg dibungkus ama daun pepaya tadi disumap (didang) dulu gitu ya John? di sini susah banget nyari daun2 an... smw serba beli, kalo punya lahan luas sih enak, bisa nandur2, itu pun hrs diuruk dulu kan lahan rawanya, trus kita beli tanah buat nanem... Tp makasih ya udah ngasih alternatif lain ;)

      Delete
  3. santen kental'a bareng yah?
    biasanya kalo masak aku masukin disaat2 terakhir :D

    klo aku lbh suka gak pakai peyedap rasa, meski cm dikit..aku gk suka aja..
    Apalagi masak'a udah pake daging kok dicampur penyedar kayaknya aneh aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. logikanya sih iya ya...insya Allah mulai hari ini tak biasakan untuk mengurangi dulu, dan nanti semoga aja bisa masak tanpa pake penyedap rasa lagi :)

      kalo santennya plg akhir kemungkinan lbh enak rasanya, scr bumbu udah meresap kan udah drebus ama air kaldu. ushkn santennya ga pecah :)

      Delete
  4. gulai....

    kalau aku mah.. langsung lahap aja, @_@
    #kiriminpleaseeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli aja, lbh praktis..minta masakin nyokap solusi trbaik :P

      Delete
  5. saya sering mengamati beberapa hal,
    rasa gurih itu berasal dari campuran manis-asin-pedas dengan sensasi makanan berlemak tinggi, makanya beberapa penyedap dibuat dengan aroma kaldu daging sapi yang diekstraksi dicampur aroma kuat rempah-rempah,
    bumbu penyedap itu sebagian besar masih dari turunan gula,

    mungkin bisa jadi solusi sih, kalo pas ngerebus masukin aja sedikit bumbu yang dikeprek seperti daun sereh, buah pala, bawang putih dll yang sifatnya aroma, bukan penguat rasa..

    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm iya, masuk akal kok. bisa jd rasa gurih karna ada bbrp rempah2nya jg,

      itu udah aku kasih keprekan daun sere ama jahe, mngkn sprti yg dibilang Yen, lidahku udh terbiasa mrskn makanan yg dkasih pnyedap rasa, makanya ngrasa krg sedep aja kalo makan masakan tanpa penyedap rasa. lain kali mau eksperimen lg, kalo ada waktu sih. makasih ya sarannya :)

      Delete
    2. iya juga ya,
      wew, pintar juga si Yen,
      tapi saya rasa ada baiknya juga sih mbak mulai mengurangi pemakaian penyedap hingga tidak dipakai sama sekali,
      selain membuat kita belajar masak lebih giat biar lebih enak daripada masakan berpenyedap,
      dan pernah dengar juga penyedap kurang baik buat kesehatan..

      Delete
    3. Iya, insya Allah pas masak ntar2 udah mulai ngurangin trus tau2 udah terbiasa deh ga pake penyedap lagi. Tadi juga udah ngasih tahu ibu sama ngajakin ibu supaya ngerjain hal yg sama :D

      Delete
  6. duh yg lagi rajin masak...
    nanya: kalau sendoknya sendok kayu/plastik bisa ikutan direbus bersama daging gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beginilah mbak, seiring berjalannya waktu-mulai bisa menata diri dan menyayangi diri sendiri :)

      yah, mbak Narti pura2 ndak tahu neh >.< ya kan sendok dari aluminium aja yg dimasukin, aku jg sih yg salah gag ngasih info yg akurat >.<

      Delete
  7. pas ya lagi musim daging nih dimasak gulai :)

    ReplyDelete
  8. Bagi yg sudah biasa pake penyedap rasa mungkin kurang mantab mbak, tapi kalo udah biasa tetep maknyus rasanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak tarry, masuk akal sih saya pikir juga begitu :D

      Delete
  9. apapun masakannya, sebaiknya tidak memakai penyedap rasa
    perpaduan garam dan sedikit gula bisa jadi penggantinya kok...

    kalo yang masak Ajeng, pastinya sudah sedap...
    gak perlu penyedap rasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, iya mbak. udah saya niatin kalau masak lagi ga pakai penyedap rasa, makasih mbak Elsaaaa sarannya :*

      Delete
  10. Sepertinya enak banget mbak :(

    jadi laper lagi nih jam segini :(
    tanggung jawab loh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makan lah saat kamu merasa lapar :D

      haha, itu aku udh tanggung jwb lho mas :P

      Delete
  11. makalah sebelum lapar, dan berhentilah sesudah kenyang, patinya anda jadi gendut dengan segera :D

    tanggung jawab loh :p

    ReplyDelete
  12. rasanya pasti enak dan mantafffffffffff punya hehe

    ReplyDelete
  13. Replies
    1. amin, usaha sampingan klw ada modal sih pgn mbak...tp ttp prioritas pgn jd guru yg profesional-sekolah lg, trus ngajar di kls :)

      Delete
  14. wuih, sedap :) kalau aku apa2 biasanya gak pakai penyedap, mbak. gula-garam lebih dari cukup :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku bakal ngrubah kebiasaan pakai penyedap menjadi tidak sama sekali Ndi :)

      Delete
  15. Gak doyan gulai dan segala aneka masakan daging sapi dan kambing.. :))
    Aku doyannya 5T say: Tahu, Telor, Tempe, Teri, dan Tauge. Hahahaha
    Keren nih sekarang blognya bertema. Sukses masak-masaknya ya jeng..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya 5 T juga suka mbak, yg plg jarang ya tauge. makasih doanya, sukses juga buat karir mbak Dewi sekeluarga :)

      Delete
  16. woww mantap nih gan.

    salam kenal, suksses selalu.

    ReplyDelete

Please give your comments in writing ...