Tuesday, June 12, 2012

Mengikuti EPV di Mandiangin

Lega rasanya perjalanan singkat saya menuju lokasi EPV (English Proficiency Village) kemarin tanggal 9 Juni 2012 lancar. Niatnya sih berangkat habis sholat subuh-tapi kakak saya (mas Agung) terus-terusan mengulur waktu-jadilah saya berangkat jam 06.15. Rada sebel sih, habis lokasinya jauh dari rumah; selain itu juga ini perjalanan terjauh yang pertama kali saya tempuh dengan mengendarai sepeda motor seorang diri; bermodalkan tekat dan sinyal hape T_T

2 hari di EPV Mandiangin ngapain aja?
Saya mengikuti EPV selama 2 hari yakni tanggal 9-10 Juni 2012 yang beralamatkan di Jalan Tahara Sultan Adam Km.14 Mandiangin Kec.Karang Intan Kab.Banjar, Kalimantan Selatan. Di sana saya dan teman-teman yang mengikuti EPV menginap semalam di Balai Budidaya Air Tawar. Jadi, Minggu sorenya kami pulang.

Tepat jam 8 pagi saya sampai di Balai tadi-diantar oleh teman saya S.Makromah yang sebelumnya udah nungguin di Banjar Baru. Ternyata pas udah masuh ke dalam, semua kamar telah dihuni oleh teman-teman yang lain. Sempat bingung, soalnya panitia nggak ada yang nongol-ditelfon juga nggak diangkat. Oke, kami pun rundingan gimana baiknya (saya, S.Maimunah, Lusi, Alin dan Yanti 1). Beberapa menit kemudian kami dapat kenalan (Yanti 2 dan Laras) di kamar paling ujung. Kami pun bergegas ke sana. Satu kamar, kini dihuni oleh 7 orang cewek cantik. Sempat runding lagi sejenak, trus saya nyari kasur ke kamar sebelah-dan nemu satu kasur lalu saya bawa ke kamar kami yang tadi. Setelah itu, kami istirahat sebentar.

Penampakan dari luar kamar kami ^_^









Pukul 09.00 kami disuruh ngumpul ke aula-dan di sanalah EPV resmi dibuka sekitar pukul 09.30. Sebelum pembukaan dimulai, panitia mendata kami terlebih dulu--pembagian buku n' bulpen. Kemudian acara terus diisi dengan beberapa kegiatan seperti yang ada pada jadwal berikut (maaf jadwalnya kurang lengkap, habis slidenya cepet banget diganti -.-"):


Sabtu 9 Juni 2012-- 
14.00-15.00 Ashar sholah
16.00-17.30 Group Discussion Topic 2
17.30-18.00 Intermezzo (optional)
18.00-19.00 Break/Maghrib sholah/Dinner
19.00-20.30 Games
20.30-21.30 Isya sholah
02.00-03.00 Tahajjud sholah

Minggu 10 Juni 2012--
05.00-07.00 Subuh sholah/Breakfast
08.00-09.00 Games
09.00-10.30 Discussion Topic 3
10.30-12.00 Debate
12.00-13.00 Lunch/ Dzuhur sholah
13.00-14.30 Games
14.30-15.00 Closing


Teman sekelas di kampus kls malam---Rail n' Arifan emang narsis :D
Kelas pagi---Alin, teman sekamar saya :D
Alin n' Siti Maumunah in action :D

pd akhirnya saya sekamar ama mereka (kelas pagi, tapi saya udah kenal duluan ama Maimunah) berempat (Yanti, Maimunah, Uci, Alin)

di Aula sesi diskusi dll.
teman satu kelas  (malam) di kampus enam yang di depan (ka Helda, Putri, pakde, Sufa, Arifan n Rail)
Rail lagi pidato, lbh suka dipanggil Afgan ketimbang pak Ustadz ckck -.-"
saya juga ikut debat melawan timnya Putri dan kalah--maklum lah saya bukan debater :P
The best debater, Putri. Bulan ini akan mengikuti kompetisi debat di Bali
Pak Mukhlan (komite) n' pak Supiani (panitia)
setelah penutupan, cuma dikit yg ikut foto2---aku ga ada jd ga usah dicari ya :P

kolam ikan-sayang ikannya pada tidur; kepagian sih ke sini :D
haha, Arifan sm pakde-- lagi enak2nya makan snack kena jepret :D
dalam perjalanan pulang--disempetin mampir beli makan n' minum sambil liat pesawat terbang (si Putri yang girang banget di sini ngliyatin pesawat aja -.-")

Kesan dan pesan
Saya sangat bersyukur selama di sana keadaan saya baik-baik saja-dan juga tidak terjadi hal-hal mistis karena desas-desusnya banyak cerita aneh sih -.-" Selain itu saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua panitia juga teman-teman yang ikut EPV 2012 di Mandiangin kemarin.

Alhamdulillah selama di sana, saya kenyang tidak kurang satu apapun-karena jadwal makan 3 kali sehari dengan menu-menu yang saya pikir bergizi meskipun tidak mewah. Kami makannya prasmanan gitu, jadi buat yang mau nambah atau banyakin porsi makanannya ga masalah sih. Minumnya standar, air putih. Ruang makannya hampir seluas di aula dengan meja panjang dan banyak kursi di sini.

Selama kegiatan dari awal sampai akhir-mungkin karena capek bawaannya lemes otak, sempet ngrasa bosen,  serta ga fokus. Dikit aja yang ikut berpartisipasi baik selama sesi debat, diskusi, pemberian materi, pidato, liat video lucu, games, begitu seterusnya. Perlu kalian tahu, dalam sesi ini waktu jam istirahatnya bentar (kita boleh ngambil snack n' minum kopi atau teh--saya milih kopi karena tehnya kayak bukan teh, rasanya aneh -.-")

Menurut saya selama kegiatan tadi kurang optimal dalam pemakaian bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari di manapun dan kapan pun. Karena diantara kami sedikit saja yang menerapkan-kebanyakan masih curi-curi berbahasa Indonesia atau Banjar. Mungkin kalau persiapannya dan waktunya tidak dadakan-pasti lebih optimal, karena buat yang melanggar pasti kena hukuman. Kalau kami kemarin tidak, paling cuma ditegur diingetin :D

Saya memahami kenapa EPV yang saya ikuti ini kesannya apa adanya dan dadakan, karena kakak kelas yang mau yudisium (harusnya EPV baru diadakan setelah lebaran tahun ini) khususnya dari FKIP B.Inggris harus punya sertifikat EPV dan ini diwajibkan di Universitas tempat saya kuliah -.-"

Saya sangat setuju kalau kegiatan semacam ini diadakan setiap semester-namun harus lebih serius penanganannya. Selain berdiskusi dan semacamnya kami juga mendapat pendidikan karakter, diajak untuk lebih mengenal Islam dsb. Di sini juga diharapkan agar kami saling bersilaturrahmi-jadi nggak cuma sama teman sekamar aja tapi juga sama semua anggota EPV.

Yang sangat saya sayangkan adalah, hanya sedikit dari kami yang mau berpartisipasi-kesannya jadi kurang seru---karena yang tampil orangnya itu-itu aja. Saya yakin kalau diantara kami sebenarnya banyak yang bisa berbahasa Inggris-cuman kepercayaan dirinya kurang---jadilah yang ditunjuk tetep orang yang sama.



Language is not only to be learned, but it is important to be practised.

12 comments:

  1. asalamualaikum
    anakku bisa belajar dari pengalaman mba Ajeng
    apalagi yang menginap di kamar bersama dengan 7 orang cewek.

    ReplyDelete
  2. Rio: hi, I'm fine thank you. how 'bout u?

    tau ga Yo, ekspresi seperti ini ---> :D di kelas translation kemarin artinya lagi ketawa.

    mbak Nura: wa'alaikumsalam warohmatullohi wabarokatuh, awalnya 7 sih mbak akhirnya jadi berlima-seru, rese', ketawa-ketiwi ga jelas, serius, dan kecapekan :)

    ReplyDelete
  3. makin pinter nih pastinya bahasa Inggrismu.

    ReplyDelete
  4. kalo aku sih udah tahu jeng kalo emote :D itu tertawa
    aku lebih suka pake emote :P *melet2

    ReplyDelete
  5. seneng ya Jeng ya banyak pengalaman.

    minyak goreng Bimoli itu dari kelapa sawit. Minyak kelapa pabrik itu misalnya Barco mereknya. Tapi minyak paling sedap minyak kelapa sendiri nanti ada remahannya namanya blondo kalo di Jawa. Sedang VCO adalah minyak kelapa yang didapat tanpa pemanasan, ada beberapa caranya dan termsuk kelompok minyak sehat kayak minyak jagung atau minyak zaitun

    ReplyDelete
  6. jl sultan adam aku taune warung makan sederhana pinggir jalan yang ramene minta ampun
    apa ya namane lalu...

    ReplyDelete
  7. well, it seems you enjoyed it. berarti ini emang program dari kampus gitu ya? :)

    ReplyDelete
  8. mbak Fanny: sepertinya yg bisa menilai org2 terdekat mbak, kemajuan ya pasti ada lah :)

    John: iya kamu kan aneh, makanya suka melet2 -.-"

    mbak Ami: sdh pasti mbak, oh iya ya...blondo-saya suka banget >.<

    om Rawins: jalan itu banyak om, yg aku datangin kemarin itu di mandiangin-kawasan air terjun kalo ga slh.

    Tula: no doubt. benerrr, dari kampus n' yg aku datangin kemarin itu dadakan alias persiapan seadanya-kalo yg dulu2 sih lebih seru -.-"

    ReplyDelete
  9. asiknyaaa..jalan2 sambil nambah ilmu baruu... ^^

    ReplyDelete
  10. rapi: kalau kemarin sambil jalan2 sih enak, hehe

    ReplyDelete
  11. wah, kalau saya malah ngomong bahasa indonesia suka salah,
    apalagi bahasa inggris,
    pasti prestasi banget ya rasanya bisa ikut kayak gini.. :)

    ReplyDelete

Please give your comments in writing ...