Wednesday, December 19, 2012

Fettuccine Saus Shiitake

siapa mauu :D
Masakan ini, lagi-lagi berawal dari rasa keingintahuan saya yang cukup tinggi dan terpendam #tsaaah Bagi seseorang seperti saya, makan masakan seperti di atas bisa dibilang sangat jarang! Oke, Anda boleh tertawa sekarang :)

Sebelum ngomongin resepnya, saya sarankan kalau sobat nguleg mau makan fettuccine yang udah tersaji di atas dalam kondisi masih hangat. Kurang beruntung, saya barusan makan apa yang saya masak di foto itu dalam kondisi dingin-kurang asin pula sausnya (namanya juga baru pertama kali nyoba-ada sedikit kegetiran), karena ada kerjaan mendesak yang harus ditangani -_____-" 

Kita ngomongin saus dulu ya: bahannya jamur shiitake iris sesuai selera, wortel potong dadu, bawang bombay potong tipis-tipis, bawang putih cincang halus dan udang. Setelah semua bahan siap, panaskan wajan dan tuangkan sedikit minyak goreng. Tumis wortelnya dulu sampai layu, kemudian masukkan udang diikuti dengan jamur shiitake, bawang bombay, dan bawang putih. Oseng-oseng sampai layu kemudian tuangkan saus pasta yang bungkusan itu, boleh apa aja deh rasanya kan ada yang Bolognese, ada Barbeque dan sebagainya-kemudian beri sedikit air, aduk-aduk supaya merata. Setelah saus selesai dimasak, rebus fettuccine sampai matang kemudian angkat dan tiriskan untuk ditaruh di piring. Tuangkan saus shiitakenya di atas fettuccine selagi masih hangat. Ada yang pernah nyoba kah saus ama pastanya langsung ditumis jadi satu? Lebih enak yang mana? Yuk, dishare pengalamannya ke kotak komentar di bawah ^___^

15 comments:

  1. mauuuuuuuuu jeng >.<
    aku belum pernah makan yg begitu, pernahnya spagheti biasa aja

    btw jamur shitake yang utuh bentuknya kayak gimana sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku loh baru tadi Yen makan yg beginian -____-"


      kalau keseringan ga baik di dompet, bisa2 kena penyakit kere mendadak :P

      bentuknya kayak payung, mbundheg2 gemuk ginuk2 gitu. enak o Yen, kenyil2 kayak kikil menurutku tp jamurnya cm kerasa kenyil2...

      Delete
  2. Mbaca judulnya susah banget ya Mbak Ajeng, tapi tampilannya bikin perut laper.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggih pak Sis, kulo wau lho googling dulu supaya ga salah tulis >.<

      Delete
  3. aku sih senengnya dipisah gitu, lalu saus nya disiram di atasnya.
    aku belom pernah nyoba nih masak pasta sama saus jamur. jadi kepingin...
    pasta disiram saus jejamuran...

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain deh mbak, jamurnya enaaak kenyil2. Ntar saya mau nyoba dijadiin satu supaya ketahuan bedanya :)

      Delete
  4. Dija juga suka pasta Tante...
    kalo makan spaghetti harus dipottong pendek pendek.... kalo kepanjangan dija gak bisa
    hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus itu Dija, daripada ntar keselek kan kasian Dijanya :)

      Delete
  5. waduh, sayangnya lidah saya gak familiar sama masakan western (maklum katrok, hehe)..
    kesannyya berkelas resto banget mbak, saya gak tau mau komeng apa, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. resto itu yg kayak gmn sih mas? sama aja, saya baru tadi nyobain masak pasta.

      Delete
    2. ya contohnya seperti yang mbak masak ini,
      kesannya cukup mewah mbak, keren..
      baru nyoba udah berhasil, lebih keren lagi..

      Delete
  6. pingin ngincipin Jeng masakanmu :D hayoo buka restoran ya biar nanti jadi restoran besar n terkenal di kalimantan sono...amiiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, makasih do'anya Awi. Kuliah belom kelar, masak masih amatiran, modal nggak ada gmn bisa buka restoran? hehe

      Delete
  7. jeeengg, sepertinya jamurnya ueeenaaakkkk...

    mauuuuu...

    ReplyDelete

Please give your comments in writing ...