Tuesday, November 20, 2012

Sayur Waluh & Nila Goreng

Alhamdulillah hari ini bisa masak lagi ^__^


Pagi sobat nguleg, saya seneng nih bisa masak lagi tadi. Artinya blog ini akan semakin hidup, hehe. Kalian udah sarapan? Ibu masak apa di rumah? Saya masak yang simpel dan gampang lagi lho sobat nguleg. Ada sayur waluh ama Nila goreng. Resepnya sederhana kok. Yuk, disimak ya ;)


Sayur waluh
Cara memasaknya:
Cuci bersih waluh yang sudah dipotong-potong serta kacang panjang yang udah dipatah-patahin. Rajang bawang merah (3) dan bawang putih (2). Panaskan air di panci, setelah umub masukkan kacang panjang. Kalau kacangnya empuk, masukkan waluh, rajangan bawang, garam, dan gula putih. Pastikan waluhnya empuk, kemudian tuang santan kental. Aduk dan tunggu jangan sampai santannya pecah yaa ^__^





Nila goreng
Cara memasaknya:
Cuci bersih ikan Nila yang udah disiangin ama dipotong-potong. Haluskan bumbu berikut: bawang putih (3), serai, kunyit seruas jari, ketumbar secukupnya dan garam di lemper kemudian beri air secukupnya. Guling-gulingkan ikan Nila, sampai semua bagian kena bumbu. Diamkan sekitar 10-15 menit agar bumbu meresap. Goreng sampai kekuning-kuningan ^__^



39 comments:

  1. sayur waluhnya cukup bumbu iris mba? gak di uleg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, tanpa diuleg lho mbak. Saya aja sempet heran dan mastiin nanya2 lagi ke ibu saya, beneran kah nggak ada bumbu yang diuleg (tanya saya ke ibu). Ga kata ibu saya, cuma dirajangin bawang aja kasih garam n gula :)

      Delete
  2. Replies
    1. Iya mbak Elsa, cobain masak ini mbak siapa tahu Dija suka. kalo dicampur bayam juga bisa, tapi jangan bayem gajah ;)

      Delete
  3. jeng.....apa kareba?

    buka blogmu langsung disuguhi menu favoritku ikan goreng, mau nila, baronang, kakap atau pun bandeng...
    sayur nya itu sayur labu yah? ;;i mean buah labu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah masih sehat dan bisa masak :)
      mas Dhymalk gmn jg kabarnya, hhe. Iya, itu waluh, yg identik ama Hallowen itu loh :D

      Delete
  4. aku paling suka masak bumbunya di iris, males ngulek soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti ini bisa jadi salah satu resep yg pas dong buat mbak Lidya n keluarga. simpel abis dah ^__^

      Delete
  5. Sayur waluh itu sayur labu yah mbak? mau dong nila gorengnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kali ya, saya kok malah bingung kalo disebut labu. mungkin bawaan Jawa kali ya, jadi saya bilangnya waluh. Itu yg sering dipake Hallowen itu lho. Mau? Ya masak aja di rumah

      Delete
  6. asalamualaikum
    wah nyam nyam bikin lapar lihat waluh dan ikannya mba
    saya suka sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumsalam
      iya mbak, saya juga suka, Nilanya guriih ^__^

      Delete
  7. ibuku ngga masak jeng.. #malahcurhat
    haha aku naksir ikan nilanya nih :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, peningkatan. Jd kamu yg masak?
      Nilanya gurih Yen, diluar dugaanku, soale kalo goreng2 ikan biasane tak godhog bentar habis dilumurin bumbu. Kemarin ga tak godhog cmn didiemin bentar trus tak goreng ...trnyata meresap aja bumbunya :D

      Delete
    2. ga juga jeng, kalo ibu ga masak biasanya makan mie hahaha

      Delete
    3. haha, asal jgn keseringan Yen. aku klo males masak ya masak mie tp dibatesin :D

      Delete
  8. Sayur waluhnya mirip Kolak dong mbak, bedanya cuma dikasih bawang aja :). Kalo nilanya sudah sering masak tapi ndak dikasih sere. Lain kali nyobain resep yg ini dech :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, kalo tanpa kacang panjang sih mirip kolak-cuman kurang manis aja ga ada daun pandan. Iya silakan dicoba resepnya siapa tahu sreg :)

      Delete
  9. wiw... waluh biasanya kan dibuat kolak. pingin nyobain ne yang buat sayur.. @.
    itu outputnya jadi sayur asam manis y...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ada asamnya, mirip sayur bobor aja. Ahh, banyak yg bilang kolak-lain kali mau tak kolak aja waluhnya :D

      Delete
  10. Kalau hidangannya ada di depanku pasti sudah saya lahap. sama piringnya kalee ya? Eh salam kenal Mba? link blognya udah tak pasang di bloggu yang My Little Daddy. Pasang balik ya mba? Trims..

    ReplyDelete
  11. lagi2 saya gak tau apa itu waluh mbak, mirip labu gitu ya?
    itu ikan nilanya pasti enak, apalagi setelah dibasahin bumbu digulingkan lagi di tepung terigu, tapi jangan sampai menempel banyak, cuma seperti abu yang nempel tipis aja,

    ini kombinasi yang pas mantap mbak, ikannya goreng kriuk, sayurnya berkuah, aaah.. jadi laper tengah malem ni saya liat gambarnyaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh, lain kali bisa saya coba insya Allah. Saya belum pernah goreng2 pake tepung karena saya pikir ribet dan makan waktu lama.

      Lebih mantap lagi kalo ada sambel tomatnya, hmm >.< kemarin udah ga kober nyambel.


      ok, saya mulai bingung-kenapa banyak yg bilang waluh itu labu. Bahasa Indonesianya mungkin ya, pokoknya saya tahu itu waluh :D

      Delete
  12. Iya jeng waluh itu labu. waluh kuning, yang dipake hallowen itu.
    waluh putih kalo ga salah yang bentuknya mirip terong. iya ngga sih? :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti waluh putih, yang sayur blonceng kemarin??

      Delete
    2. mngkn dibeberapa daerah namanya beda, seharusnya kita nyebut waluh tapi ada yg bilang itu blonceng dsb.

      Delete
  13. wew waluhnya dibuat lauk yahh
    blm pnh nyoba, hehhe
    kalo pepaya mengkal pernah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayur En, laukya Nila... d sini aq mlh jrg msak pepaya, ga ada lotho sih ^__^

      Delete
  14. WALUH itu apa ya !!! *gubrak*

    favorit saya itu goreng ikan nila... yummy....

    duh jadi laper.. hehehehe

    salam kenal!!!

    ReplyDelete

Please give your comments in writing ...