Monday, November 19, 2012

Tumis nan cantik

beautiful .."

Hei! Masih semangat kan?! Hari ini saya kembali masak tumis yang sederhana seperti yang nampak pada foto di atas. Sobat nguleg bisa nyobain resep saya berikut. Pertama cuci bersih jagung putren, tauge, bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, cabe hijau besar. Potong-potong tempe seukuran dadu atau sesuai selera. Potong menyerong jagung putrennya tipis-tipis. Untuk bawang dan cabe juga demikian. Setelah semua siap, panaskan wajan dengan sedikit minyak goreng-lalu tumis tempenya dulu. Selang beberapa menit masukkan irisan cabe dan bawang, kemudian jagung putren dan taugenya. Taburi gula dan garam sedikit (saya tambahin kecap asin kira-kira satu sendok makan). Cicipi apakah masih kurang asin. Aduk-aduk sampai semua rata dan menyatu.

33 comments:

  1. aku baru nyadar, kok blognya jadi nguleg dot net ya??? bingung....

    aku suka tuh masak tumis, soalnya gampang dan gak ribet ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga usah bingung mbak, udah ganti nama sejak Agustus kemarin lho ^__^

      setuju! tumis itu paling gampang banget, dan saya pgn aja makan sayur2 yg seger :)

      Delete
  2. dari gambarnya terlihat sepertinya kematangannya pas banget mbak, beberapa sayurannya gak terlihat layu dan masih seger..

    coba yang foto tumisnya mbak saya, pasti lebih yummy kelihatan, hehe.. (narsisnya saya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, makasih mas Yudi. sebenernya ga afdol kalo muji tanpa ngicipi langsung. Ya, ntar kalo dapur saya sama mas samaan bisa tuh saya yg masak mas yg moto :D

      Delete
    2. mungkin tipe mbak nomor satu rasa, nomor dua tampilan..
      kalo saya nomor satu tampilan, nomor dua rasa,
      ahaha, saya sok tau lagi..

      Delete
    3. wah2 ya jelas dong nomor satu rasa, kalo rasa saya nomor duakan yg ada saya ga doyan makan :P

      ini kan supaya ada di blog aja mas, makanya tampilan seadanya. kalo saya niat, saya bisa kok beli piring2 yg cantik, ngehias trus sengaja bikin2 kembang2an dari wortel, tomat dsb-tapi sekali lagi saya jelaskan waktunya ga ada buat itu semua :)

      Delete
    4. atmosfer di sebelah sini agak beda yah hehehe ;D
      agak2 romantis gmn gitu,, hihihi
      #tukangrese'

      Delete
    5. hush, jangan ngawur deh mbak yu Yen iki -_____-"

      Delete
    6. Yen, seharusnya kamu lagi buka facebook tulis status pakai huruf besar huruf kecil dan angka..

      hehe, cuma dalam masak-masak kok saya nomor satuin tampilan mbak. iya juga sih, ntar gara2 buat tampilan yang oke, waktunya habis dan ganggu pekerjaan.

      Delete
    7. bisa jd gitu, yg penting mah makan-asal ga sampe kekenyangan :)

      Delete
    8. @Ajeng: kan siapa tau jeng.. :D

      @Yudi: wah sampeyan kok bisa tau gitu? paranormal ya? :))

      Delete
    9. siapa tahu apa hayo, ga usah main2 ama kesempatan :P

      Delete
    10. yo iku kesempatan ngempor2in, haha. ah sdh lupakan :P

      Delete
  3. tanya bu guru! jagung putren itu apa? :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu jagung yg kecil2 yg masih muda banget sayang... #tsaaaaah

      coba aja Yen ke pasar, trus nanya, ada jagung putren kah? nah, nanti pasti dijualin jagungnya yg di foto itu :)
      beli yg masih nyatu ama kulit luarnya aja Yen, lbh seger dan awet.

      Delete
    2. maksudnya yang masih belum dikupas gitu ya?

      Delete
    3. Yup, tak taro di kulkas ada brp hari ya, lupa. tetep seger pas tak tumis...aku suka nyetok sayur sih, jd kdg bingungnya sayur2 apa yg awet n ga cepet layu-kan ga tiap hari masak.

      Delete
  4. makanan nya sangat enak kaya nya nie gan ,,,,,,,

    ReplyDelete
  5. waktu bujangan dan ngekos, tumis adalah masakan keseharian saya, selain cepet mateng, rasanya juga lebih enak walo makan nasi plus tumis aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, saya makannya jg nasi ama tumis ini aja pak Sis... hhe. udah sepaket kan itu ada tempenya :D

      Delete
  6. ini jadi menu andalan disaat males dan kepepet gak ada yg lain di kulkas mba :)

    suka dgn slogannya "Masaklah apa saja yang ada dan bisa dimasak selama itu halal."

    SIP!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhe, makasih mbak Narti. sesekali saya kok pgn masak yg simpel2 :)

      Delete
  7. aku sudah lama gak masak. ribetnya mesti belanja, cuci bekas piranti masak. tapi selalu berusaha makan sayur yang banyaaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya itu kan sudah satu paketan mbak Ami, belanja-masak, isah2 dsb. Kalo hidup sendirian kadang emang males, cuman tak pikir2 lagi apa selamnya harus males2an? kalo banyak duit sih enak bisa makan di luar, tapi bagi saya yg pas2an tapi alhamdulillah cukup, ya masaklah solusinya ^__^

      Delete
  8. kok dikit amat jeng. Pasti enak tuh untuk lauk dengan nasi panas
    terima kasih resepnya
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebagai syarat aja pakde, biar bagus di foto. kalo mumbruk banyak jatohnya ga bagus di foto..salam juga dari Banjarmasin :)

      Delete
  9. oke juga nie gan info nya sangat bagus dan sangat menarik,,,,,,

    ReplyDelete
  10. salam kenal aja sobat dan makasih banyak info nya ,,,,,,,,


    ReplyDelete

Please give your comments in writing ...