Friday, June 8, 2012

Mengunjungi BTIKP Kalsel

Kamis kemarin, tanggal 7 Juni 2012-saya dan teman-teman saya dari FKIP Bahasa Inggris kelas malam mengunjungi BTIKP (Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan) yang beralamatkan di Jl.Letjend S.Parman No.44 Banjarmasin untuk memenuhi tugas mata kuliah Media. Sebenarnya tidak hanya kami yang datang saat itu, karena dari fakultas yang sama; anak Uniska Banjarbaru juga datang. Kelas kami dibagi menjadi dua kloter-yang pertama datangnya jam 8 sampai jam 12-selanjutnya kloter kedua akan meneruskan sampai selesai. Dan kebetulan saya bisa hadir di kloter pertama yakni pagi.


FKIP Bahasa Inggris kelas malam in action :D




Di BTIKP ngapain?
Jadi sesampai di sana, kami sempat menunggu kehadiran beberapa teman sebentar lalu kemudian diarahkan untuk masuk ke sebuah ruangan. Di dalam ruangan ini berderet meja dan kursi yang tersusun rapi. Di atas meja itu terdapat layar monitor lengkap dengan mouse dan sound system kecil. Kebetulan saya duduk di baris ke-3 paling ujung; dekat tembok. Di depan terdapat projector screen, sebelah kanannya ada lemari yang cuukp panjang menutupi dinding lalu semakin ke belakang ke kanan ada rak sepatu menempel dinding; meja dan kursi petugas dsb. Di atas kami juga terdapat proyektor yang menggantung. Seperti inilah penampakan kaburnya, maklum hape jadul :P





Di dalam ruangan ini kami diberikan penjelasan tentang apa itu BTIKP sendiri, tujuannya serta kegiatan di dalamnya. Kami mendapat sambutan langsung dari Kepala BTIKP yakni bapak Chairul Shaleh, bapak Pahdi (asisten dosen yang mengajar mata kuliah Media)-yang kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan penjelasan singkat dari beliau (Pak Chairul); seksi tanya dan jawab; dilanjutkan lagi oleh bapak Aini kemudian oleh 3 pembicara lain yang memperkenalkan e-Learning, Rumah Banjar serta Intranet.

Di tengah-tengah sesi perkenalan dan penyampaian materi tadi kami mendapat snack-siangnya mungkin sekitar jam 12-san kami mendapat nasi kotak-lalu sesudahnya kami diajak keluar balai untuk melihat mobil pusat  layanan internet kecamatan (setelah melihat-lihat mobil ini, kami sempat berfoto-foto sebentar lalu pamit pulang) yang fotonya ada di bawah ini:







Kesan dan pesan
Kesan tentang BTIKP banyak sih-saya terkesan dan sangat berterima kasih kepada semua staf BTIKP yang telah menyambut kami dengan baik. Terima kasih juga kepada bapak M.Herlianur Pahdi yang telah memberikan tugas kunjungan ini-saya yakin banyak sekali teman-teman yang termotivasi dan juga demi majunya kualitas para pendidik di masa depan semoga bapak bisa mengadakan kunjungan semacam ini untuk adik-adik kelas kami misalnya. Atau kalau bisa sih dari universitas lain di Kalimantan juga dianjurkan melakukan kunjungan ke BTIKP-saya dukung! Boleh kan pak, kalau sewaktu-waktu saya mampir lagi-misalnya saja ada keperluan :D

Selain kunjungan ke BTIKP saya yakin penyuluhan atau seminar pendidikan yang diadakan oleh BTIKP untuk semua kalangan juga bagus. Karena di sini kami mendapatkan pengetahuan khususnya tentang media pembelajaran yang bisa dipakai oleh guru atau murid di sekolah terlebih lagi dengan kemajuan teknologi akhir-akhir ini. Jadi nantinya diharapkan tidak hanya guru atau murid yang mengetahui apa itu media pembelajaran-masyarakat luas pun bisa ikut serta di dalamnya. Maksdunya sih gini, ingin agar semua orang di luar sana tahu bahwa pendidikan di sekolah tidak melulu belajar pada apa yang ada di buku-tapi kita juga diajak untuk mengenal media pembelajaran selain buku; kemampuan TIK yang terasah; internet yang difungsikan dalam dunia pendidikan dsb.

Oh iya-kalian tahu nggak sih kalau guru memiliki peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan? Untuk itulah para pendidik (guru) haruslah profesional agar tujuan pembelajaran tercapai. Diharapkan para pendidik membekali dirinya dengan pengetahuan yang luas-terlebih tentang media pembelajaran: agar siswa/i nya mampu menyelesaikan jenjang pendidikan dengan prestasi yang gemilang nantinya ^^!!

12 comments:

  1. emang jeng
    semua kalo profesional pasti dampaknya baik

    ReplyDelete
  2. acara begini yang paling berkesan buatku cuma konsumsinya
    haha

    ReplyDelete
  3. waw.... seru amat ya... @@ lihat gambar-gambarnya aja jadi ngiri.
    owh, kuliah jurusan b.inggris toh jeng @@
    iya bener banget, sudah saatnya para pendidik sudah melek yang namanya teknologi, termasuk media pembelajaran didalamnya @@,selain me"melek"kan para muridnya tentang pengaruh TeknologiInformasi ke dunia pendidikan, juga sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menarik agar tidak bosan.

    ReplyDelete
  4. Ini bocah seriusan anak Bahasa Inggris --a

    ReplyDelete
  5. good luck buat English Proficiency Village nya :)

    ReplyDelete
  6. aihh...serunya..laporannya lengkap lagi, hehhe

    ReplyDelete
  7. wah orang kalsel juga kah..??
    sukses ya English Proficiency Village-nya...
    :)

    ReplyDelete
  8. Smoga kunjungan ini bermanfaat...
    Saya ingat kata Pak Chairul, di Dunia ini cuma ada satu profesi yaitu Guru. Klo ga ada Guru ga ada profesi yg lain. Gmn mnurut kamu???

    ReplyDelete
  9. Smoga kunjungan ini bermanfaat, dan memberi warna dlm perkuliahan di Uniska.

    Saya tunggu hasil kunjungan ini sekian tahun ke depan....

    Salam

    ReplyDelete
  10. disana internetnya gimana jeng? cepet ga?

    ReplyDelete

Please give your comments in writing ...