Monday, June 4, 2012

Lesehan

Kata "lesehan" identik dengan warung-warung di pinggir jalan (identik dengan jam istirahat, kopi dsb.). Lesehan sendiri merupakan istilah dari bahasa Jawa yang artinya duduk santai yang biasanya beralaskan tikar (kalo nggak salah sih). Nah, hari ini-nguleg[dot]net menyediakan menu yang biasanya ada di warung-warung lesehan yaitu, lalapan, ayam goreng, dan sambel. Sambelnya agak beda sih, kalo di warung lesehan sambel lalapan biasanya sambel trasi yang dikasih tomat-saya cuman pake lombok, trasi ama irisan jeruk purut (sambele wong Banjar). Oh iya, resep supaya ayam gorengnya meresap dan gurih-sebelum digoreng sebaiknya lumuri ayam tadi dengan bumbu (bawang putih, serai, garam, parutan laos, kunyit sedikit) kemudian disumap/dididihkan di panci kecil sebentar dengan api kecil-setelahnya bisa digoreng deh. Penasaran kan, seperti apa penampakan yang saya masak tadi pagi-cekidot: 


lalapannya: kacang panjang ama kubis :D

12 comments:

  1. sayangnya makanannya ga bisa dikirim lewat email
    wekeke :D

    ReplyDelete
  2. apa kabar jeng...
    makin jago aja nih masak - memasaknya..
    aku cobain testernya aja deh jeng..
    hhha.

    paling sering lesehan waktu dulu liburan di jogja, semuanya lesehan... :p

    ReplyDelete
  3. wah jago masak ne @_@, ayo nguleg... :D
    ikutan kontes masak jeng di tv, bisa-bisa menang ne. :P

    ReplyDelete
  4. ehm, aku hampir tiap hari manunya lalapan. apalagi kalo sambalnya pedas. mayaan, ngobatin rindu ma kampung halaman.

    ReplyDelete
  5. Fight girl is me... jadi banyak menu masak ya...

    Kamu menang Jeng, ntar aku kirim dan kasih pemberitahuan lewat e-mail ya...

    ReplyDelete
  6. @John: ya emg ga bisa, kecuali ntar km jd pioner yg nyiptain makanan bs dkrim via email John :D

    @Tito: biasa aja To, cewek kalo ga bisa masak rugi :P aku pas ke jogja sempet mampir di warung lesehan juga-sego kucing :D

    @Arif: hha, apanya yg jago cb-biasa ae Rif...kalo ada ibuku mah males masak T_T ga ah, daripada ikutan kontes, mending aku yg ngadain kontesnya :D

    @Tula: kalo di luar lalapannya macem2 kan-ada terong, timun, kemangi dsb. Aku jg kangen kampung hlmn ihh >.<

    @mbak Ami: hobi mbak, alhamdulillah...makasih ya mbak Ami :)

    ReplyDelete
  7. wah lesehan itu enak....pernah ngerasain pas makan di Yogya...

    ReplyDelete
  8. @mbak Fanny: iya mbak, kesannya kan nyantai kayak di rumah gitu lesehan :D

    ReplyDelete
  9. masakan banjar ncen enak
    cuman nasinya doang yang belum aku suka
    pera coy... hehe

    ReplyDelete
  10. @om Rawins: haha, saya mah udh terbiasa om ama nasi Banjar-kdg malah ga suka ama masakannya yg manis2 itu lho ..

    ReplyDelete
  11. kalo ayam yg dididihkan dulu itu istilah ibu ku namanya di ungkep jeng, dan sambal banjar itu rasanya kok mirip sambal korek ya hehe

    ReplyDelete
  12. coba kalau kondangan bisa makan sambil lesehan duduk di lantai :p

    ReplyDelete

Please give your comments in writing ...