Friday, August 10, 2012

Resep Bumbu Urap



foto diambil oleh : admin nguleg [dot] net

Menu urapan hanya saya anjurkan untuk mereka yang punya ketelatenan dan kesabaran lebih. Kalau nggak tlaten mending beli aja. Karena apa, saat memasak bumbu urapan-prosesnya cukup lama. Nggak percaya?! Simak proses tertulis berikut :

Haluskan bumbu berikut: ada bawang putih, 
lombok rawit, lombok merah besar, kunyit, kencur, gula, garam, 
daun jeruk purut dan terasi. Kemudian siapkan kelapa parut yang masih muda, 
daun jeruk purut di dalam rinjing-masukkan bumbu yang sudah 
dihaluskan tadi, tambahkan air sampai kelapa parutnya terendam lalu oseng
 sampai airnya kering dengan api sedang. Prosesnya lama saat menunggu airnya kering tadi dan terus diaduk-aduk agar bumbu merata :)

18 comments:

  1. wah jd kangen urap buatan ibu...
    ngiler nih....

    ReplyDelete
  2. urap apaan sih? perasaan kayak srondeng jadinya he he

    yang sudah jadi mana fotonya?

    ReplyDelete
  3. wah jadi inget urap blonyo kalo lihat gamabar kedua :))

    ReplyDelete
  4. mbak Lidya: bagusnya ya beli mbak, saya baru nyoba kemarin aja udah gobyos mbak2 -.-"

    mas Huda: iya jdnya kayak srondeng, tp klo urap kan pedhes-srondeng mah ga pedhes. yang udh jd ga tak foto malahan, lupaaa >.<

    dihas: ya pulang aja kalo kangen masakan ibunya ;)

    ReplyDelete
  5. baru googling, ternyata blonyo itu bahasa kbbi nya ikan teripang :P

    ReplyDelete
  6. ikan teripang malah ga tw yg mana -.-" dimasak kyk apa tu ikannya??

    ReplyDelete
  7. kalau bumbu urap itu yang terpenting sayur singkong & daun pepaya'a soalnya kebanyakan pada pahit jadi kurang pas dimakan

    ReplyDelete
  8. kayaknya aku perlu beli kompor dan alat dapur neh
    biar bisa praktek sekalian perbaikan gizi ga melulu indosiar

    ReplyDelete
  9. Andy: kasih garam aja supaya ga pahit

    om Rawins: di Banjar ga ada ikan terbang kali om -.-" yg ada mah ikan rawa...

    ReplyDelete
  10. aku sih ga pernah masak yang ginian jeng :P

    tinggal tahu matangnya aja :D

    ReplyDelete
  11. sekarang udah berubah haluan nih blognya? jadi blog masakan? :P

    ReplyDelete
  12. berbagi kata kata motivasi gan :D
    Masa depan yang cerah berdasarkan pada masa lalu yang telah dilupakan
    Kamu tidak dapat melangkah dengan baik dalam kehidupan kamu sampai kamu melupakan kegagalan kamu dan rasa sakit hati.
    salam kenal, semoga bermanfaat dan dapat di terima ya :D li timggi kunjungan baliknya :)

    ReplyDelete
  13. urap, sayur kangkung, pecel kesukaanku... mantap...

    ReplyDelete
  14. ibukku jagoan nggawe urap.. bikinnya lama tapi habis dalam hitungan menit.. haha

    ReplyDelete

Please give your comments in writing ...