Monday, September 3, 2012

Soto Banjar ala Nguleg

Soto Banjar yang ga pake susu Beruang :D



Masak Soto Banjar lumayan lama sih, jadi yang tlaten aja kalau mau nyobain. Semoga aja rempah2nya ada di kotamu :P Oke, perhatikan baik2 ya :


  1. Pertama kalian harus rebus air sama ayam yang udah di cuci bersih di panci sampai ayamnya empuk.
  2. Nah, sambil nunggu proses di atas-kalian bisa nguleg bumbu sotonya yakni merica, kakas dan bawang putihnya 1 bungkul.
  3. Iris2 daun sob, daun seledri, bawang merah lalu bawang merahnya bisa kalian taburi Royco untuk kemudian di goreng sampai kekuning2an-dan tiriskan.
  4. Haluskan lombok rawit untuk sambel sotonya. Kalau lomboknya sudah halus, tambahkan garam secukupnya kemudian tumis sampai gebres2 (wangi maksudnya, tapi serius deh-kalian bakal gebres2).
  5. Setelah ayamnya empuk, angkat pancinya lalu tumis bumbu soto yang dihaluskan tadi dengan Blue Band sampai wangi.
  6. Kemudian panaskan lagi kuah sotonya, angkat ayamnya untuk digoreng nanti. Masukkan bumbu yang sudah ditumis tadi-tambahkan kayu manis satu ruas jari, 1 kapulaga, 1 cengkih.
  7. Masukkan daun bawang, aduk2-tunggu sampe mendidih.
  8. Bumbu ayam gorengnya tinggal haluskan bawang putih dan ketumbar.
  9. Rendam bihun dengan air, anget2 kuku.
Menurut saya, setiap rumah pasti memiliki resep Soto Banjar yang berbeda-nah yang saya buat adalah resep dari ibu saya. Kalau belum puas kalian bisa cari di internet. Soto Banjar bisa dimakan dengan nasi atau ketupat juga lontong. Lengkap lagi kalau dikasih perkedel kentang. Berikut saya sertakan foto yang mungkin berguna: 

3 bumbu yang dicemplungin
katanya ini kakas, tapi kok mirip pala yg dihaluskan >.<
daun bawang
bihun
b.merah goreng


ayam suwir

kuah soto
daun seledri

20 comments:

  1. aku blm pnh tahu kakas :D

    owh soto banjar bening yah..
    aku blm pernah masak soto banjar..

    ReplyDelete
  2. Enny: Heiii, fbmu mbok tu2p ya? ga prnah baca updatemu di beranda lagi-tp aku senang tb2 dirimu komen di blog >.<

    Iya, ini yg bening, jadi kamu tahu kalau ada yg buthek? hhehe :D banyak pernak-perniknya En ini, jd lama masaknya ...cb aja masak kalau pengen ngrasain :)

    ReplyDelete
  3. itu bukan seledri..tapi daun bawang jeng.. CMIIW

    ReplyDelete
  4. owh y, baru nyadar kuahnya bening @@. itukah yang membedakan soto banjar dengan soto lainnya..

    kakas itu kemiri bukan?? kalau dijawa.

    3 bumbu itu apa aja tuh. buahnya aneh2 @@

    kemarin siang nonton master chef temanya soto @@ apakah posting ini berkaitan untuk mengikuti kompetisi tersebut.. haha...

    ReplyDelete
  5. ibuku biasanya bikin yang agak kuning :D
    default soto kan emang kuning :P

    ReplyDelete
  6. berbagi kata kata motivasi gan
    Wanita sulit jatuh cinta, karena lebih baik menunggu pria setia daripada menerima yg datang, tapi bisa pergi kapan saja.
    semoga bermanfaat dan ku tunggu kunjungan baliknya :D

    ReplyDelete
  7. wekeke, iya nih udah gak main FB lagi :)

    aku mlh blm pernah ngerasain soto banjar :D

    ntar deh aku coba, biasanya masak soto sokaraja atau gak soto betawi kadang malah ngarang sendiri LOL

    ReplyDelete
  8. Yen: iyaa, makasih-aku lupa upload yg daun seledrinya :D

    Arif: Err...aku bukan peneliti soto -.-", soto yg di desaku sana aja aku belum prnah nyoba masak

    Kemiri itu gede2 Rif, ntar deh kita adain sesi prknalan dg rmpah2 :)

    Aku pas ga liat episode itu, masak mah tinggal masak aja kemarin itu-udah 2x aku Nyoto Banjar karena ga mau sering2 masak :P

    ReplyDelete
  9. Iska: pasti Soto Jawa kan?! pake kunyit, daun jeruk purut...nyoba ah kapan2 :D

    Enny: haha, cb aja deket-bisa tukeran piring isi soto :P kalo aku ..suka ngarang tuh pas khbsn bahan--prnah bikin sob tahu ga? cm air ama tahu diiris2 dadu...ngarang banget kan :D

    ReplyDelete
  10. Soto banjar itu bening nggih Mbak Ajeng. Kalo di Jawa soto kebanyakan kuahnya 'buthek' karena bersantan.

    ReplyDelete
  11. Pak Sis: sebenarnya buthek pak, tapi resep ipun ibuk bening :)

    ReplyDelete
  12. mbak Lidya: smntara saya blm bs njawab...mau mastiin dulu kakas itu pala bubuk apa bkn :)

    ReplyDelete
  13. nymm nymm nyemmm
    soto kayaknya makanan paling universal ya..?
    dimana mana ada. iya kah lo..?
    tau sejarahnya kah..?

    ReplyDelete
  14. kalau lihat soto banjar..jadi ingat soto banjar bang Amat di banjarmasin , jadi laperrrr lagi :)

    ReplyDelete
  15. Om Rawins: iya sih, tinggal pilih aja mau soto apa. Mmg om tau sejarahnya apa?

    Awi: trlalu dini, kuliahku aja blm kelar :)

    Om Hariyanto: plg enak mmg soto Banjar bang Amat itu om,

    ReplyDelete
  16. Huh jadi laper ane... Salam sukses selalu sob.

    ReplyDelete
  17. wah,,enak nih,,boleh nih masakin buat ulang tahun aku,hehe..:p
    keep cooking,hehe..

    oia klo sempet Click ini
    yaa,minta masukannya biar jd blog yg baik..makasih..:)

    ReplyDelete

Please give your comments in writing ...