Sunday, May 3, 2015

Hal Menarik dari Blog Mom of Trio's World tentang Parenting


Saya yakin, menjadi seorang Ibu merupakan hal terindah yang dirasakan oleh setiap wanita. Meskipun saat ini saya belum menikah dan tentu saja belum menjadi seorang Ibu, saya menyukai bacaan yang berhubungan dengan Parenting atau pola asuh anak. Kenapa? Selain untuk bekal saya nantinya, tentu saja menggali informasi tentang hal ini akan sangat membantu dalam mendidik seorang anak disamping berpegang teguh dengan agama. Memang, di rumah saya sendiri-saya bisa melihat bagaimana cara kedua orang tua saya mendidik saya dan kakak-kakak saya. Rasanya tidak cukup. Tetap saja saya ingin menggali dan terus mencari tahu sebanyak mungkin hal-hal yang berkaitan dengan Parenting.

Nah, menurut adeknya mbak Ophi Ziadah (yang kemudian diterapkan oleh mbak Ophi dan keluarganya)-ada 8 poin penting dalam peraturan belajar berkomitmen di rumah, yaitu :

  1. Berkata benar
  2. Mendengarkan
  3. Berbagi
  4. Bermain yang aman
  5. Bertanggung jawab
  6. Diam ketika marah, berbicara ketika selesai marah
  7. Saling sayang
  8. Berbicara dengan sopan
Dari 8 (delapan) poin di atas, secara garis besar bisa saya simpulkan bahwa dua tujuan utama peraturan belajar berkomitmen di rumah ini dibuat adalah pertama untuk meminimalisir penggunaan kata "jangan". Kelihatannya mudah ya? Tapi prakteknya susaaaaah...Yup, sering sekali saya mendengar-bahkan saya sendiri ketika dekat dengan keponakan-keponakan saya yang aktif-aktif, di saat-saat tertentu keceplosan mengatakan "jangan". Dan yang kedua seperti salah satu kutipan mbak Ophi berikut,

Sebetulnya yang ingin kami tekankan di sini bukan pada aturan atau peraturannya tapi lebih pada komitmen untuk bisa menjaga kebersamaan diantara kami. Yup, kami tengah belajar berkomitmen.

Jadi tujuan keduanya adalah belajar berkomitmen. Kita tahu, yang namanya komitmen tidak hanya berupa kata "ya" kita sepakat tetapi juga ditunjukkan dengan tindakan. Itu baru berkomitmen namanya :)

Ngomongin soal Parenting, ternyata di blognya mbak Ophi baru ada dua artikel dengan tema ini. Yang pertama judulnya Peraturan di Rumah, Belajar Berkomitmen dan yang kedua berjudul Hali ini, Ibu Kelja enggak? Sayangnya, dalam postingan kedua mbak Ophi saya tidak menemukan isi dan pesan khusus dari label Parenting yang sudah dipasang, malahan menurut saya tulisan tersebut lebih ke curhat saja. Saran saya, semoga mbak Ophi bersedia ngeshare lebih banyak lagi pengetahuan tentang Parenting di rumah ya mbak. Saling mengingatkan juga-barangkali di luar sana banyak para Ibu yang pelupa :)


Total: 360 kata

8 comments:

  1. Moga menang ya Mbak. Saya belum bikin. Hehehe. Kebiasaan karena merasa masih lama DLnya.
    Febriyanlukito.com

    ReplyDelete
  2. Makasih sudah ikutan...juga untuk masukan dan sarannya yaa...
    Noted yaa

    ReplyDelete
  3. komitmen untuk saling sayang dan mendengarkan ya, mak. biar anak2 merasa ortunya sayang dan selalu ada untuk mereka. :)

    ReplyDelete
  4. sebuah blog yang memang sangat menarik dari tampilan dan isinya deh yah itu tuh blog mom of trios dong ih

    ReplyDelete

Please give your comments in writing ...