Thursday, May 28, 2015

Resep Kakak Ipar: Empek-empek Cetotan

Empek-empek cetotan
Kalau bisa buat sendiri daripada jajan di luar :)


Bahan:
1 kg Ikan Tenggiri
1 kg tepung kanji (tapioka)
garam 
bawang putih
cuka
gula merah
air
lombok 
daun bawang

Cara memasak:
  1. Bersihkan Ikan Tenggiri, kemudian fillet Ikannya. Pastikan saat memisahkan daging Ikan Tenggiri benar-benar keangkat semua daging baik dari kulit maupun tulangnya ya sobat nguleg. Saya misahin dagingnya pakai sendok, dikerok gitu pakai sendok.
  2. Haluskan bawang putih kira-kira 2 bungkul dan garam 5-6 sendok teh, kemudian masukkan hasil daging Ikan Tenggiri yang sudah dikerok sedikit demi sedikit sambil terus diuleg sampai lembut. (Yang punya alat giling daging Ikan akan lebih terbantu)
  3. Potong tipis daung bawang.
  4. Masukkan hasil ulegan bumbu dan ikan ke dalam wadah, tambahkan irisan daun bawang tadi, beri air secukupnya sampai adonan kalis dan aduk sampai merata. Jangan lupa diicipi apakah sudah pas asinnya.
  5. Setelah adonan jadi, panaskan minyak goreng lalu goreng adonan dengan memakai 2 sendok untuk membentuk cetakan kecil-kecil.
  6. Untuk kuah empek-empeknya, cukup haluskan lombok dan bawang putih serta garam secukupnya. Kemudian rebus gula merah sampai mendidih dan masukkan bumbu ulegan tadi sambil diaduk rata. Setelah mendidih dan rata, matikan kompor dan dinginkan kuah empek-empeknya. Saat kuah dingin, tuangkan cuka 2-3 sendok makan lalu aduk merata. Kuah bisa ditaburi irisan kecil mentimun.
  7. Sajikan empek-empek cetotan dengan kuahnya di piring. Selamat menikmati.

16 comments:

  1. Bikin cukanya yang agak susah Mbak. Eh bikin pempeknya juga ding. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukanya beli aja mas Feb, g ush bikin. Cobain deh ga susah kok bikin nih resep..yg bikin lama tu nguleg ikan tenggirinya

      Delete
  2. 6 tahun saya dinas di Palembang
    Sering dapat kiriman mpek-mpek dari sahabat
    Enakan mbuat sendiri ya, lebih bersih dan sehat
    Terima kasih resepnya
    Ijin copy agar bisa memasak juga
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaah enak dong Dhe..apalgi khas Palembang..iya Dhe trjamin bersih dan sehat kalau homemade :-D

      monggo Dhe.. Skrg d Jombang Dhe..g d Surabaya lg? Salam balik dr Tarjun Dhe..

      Delete
  3. Replies
    1. Enak Ennn..tenggirinya kerasa..aq aja ketagihan :-D

      Delete
  4. Cara dan langkah-langkahnya kayaknya gampang nih. Tapi tetep enak beli langsung aja, Mbak. Tinggal leb! Hehe....yummy! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini beneran gampang Pak..iya sih klo beli tinggal leb..ga usah goreng2 segala..

      Delete
  5. sepertinya enak, tapi lebih enak sih pake ikan tuna

    ReplyDelete
  6. setuju ama kata2 "kalo bisa bikin sendiri knp musti beli diluar"

    mampir-mampilah ke blog ala-ala gue di www.travellingaddict.com
    thx :)

    ReplyDelete
  7. notedddd.... aku suka pempek secara aku orang palembang yang gak bisa bikin pempek

    ReplyDelete

Please give your comments in writing ...