Sunday, May 17, 2015

Biawak Kelaparan


Di sekitar rumah saya, ada salah satu binatang yang sering membuat keributan. Yang ribut sih ayam-ayamnya Bapak saya. Tapi Ibu, saya atau Bapak juga ikut keributan gara-gara binatang ini mau memangsa si ayam tadi. Biawak! Pasti deh... kalau ayam-ayamnya mulai mencak-mencak ribut itu yang ada di benak kami. Ada biawak datang (kami lari sekencang yang kami bisa wuuuuuuuush  #lebay)


Predator yang satu ini emang nyebelin. Selain mengganggu tidur siangnya Ibu dan saya, biawak juga mengusik ketenangan para ayam Bapak saya :D Yang lebih menyebalkan itu, si biawak sepertinya hafal jam-jamnya nggak ada orang di sekitar rumah kami. Mulai beraksilah dia. Kalau harinya mau hujan (humap) biawak bakal keluar cari mangsa. Ayam atau telur ayamnya Bapak udah sering dimangsa si biawak ini.

Udah nggak kehitung berapa anak ayam yang dimangsa si biawak ini. Foto di atas adalah salah satu biawak yang berhasil saya ambil gambarnya dari dalam rumah. Setau saya, biawaknya nggak cuma itu. Ada yang lebih gendut dan besar! Serem aja motoin deket-dekat. Wedi lek dikibas gae buntute  :D

Sampai sekarang saya masih memikirkan gimana caranya nangkep si biawak ini. Kalau dia datang mau mangsa ayam, kami cuma menakut-nakuti dengan bilang husssshhh hush  hush terus gedor-gedorin dinding dapur atau biawaknya diuncali parang sama Bapak saya. Hahahaha emang takut apa tuh biawak? Takut dikit. Buktinya dia langsung ngacir terbirit-birit :P

Pernah suatu hari pas biawak ini masuk ke kandang ayam, pas kami pergoki biawak ini nyoba kabur lewat celah kandang. Krusek-krusek grubug! Hayo-hayok arep mlayu nang ndi koe . . . Hebat, dia berhasil lolos. Padahal celahnya tu mengkap-mengkap dikit (dari seng). Kulit biawak kan tebal, jadi wajar dia terobos aja nih seng.

Karena dia ini termasuk predator, dia suka memantau dari jauh lho. Kami sih nggak tahu, tapi ayam Bapak yang ngasih tahu. Pokoknya kalau ayam Bapak mulai nggak tenang, ada yang pethok-pethoknya nada gelisah galau gimana gituuuu ...nah itu datang tu biawaknya. Eh tapi kami juga pernah kecele. Sinyal pethok-pethok dari ayam itu nggak selalu berarti mereka sedang terancam. Tapi, sinyal ini menandakan kalau si mama ayam mau bertelur :D

Ayoooo sobat nguleg punya ide nggak buat nangkep ni biawak? Biar populasi ayam Bapak saya nggak berkurang. Kira-kira alat apa yang bisa dipakai buat nangkap biawak?! Komen yuk :)

21 comments:

  1. Waduh. Gak ada pengalaman dg biawak saya.
    Ribet banget pasti ya mbak urusnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ribet klo ada biawak haha suka ganggu tidur sih

      Delete
  2. Wah, biawaknya kekurangan makanan di tempatnya mungkin, ya :( Dulu waktu tinggal di Sunter aku juga pernah kedatangan biawak, tapi pergi sendiri setelah danau di belakang rumah dibenahi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kynya g mgkn deh Ndi, kurang maknan. D sini msh byk hutan n lahn kosong yg super luas. Byk binatang predator. Kdg d kebun blkg jg ad monyet lo..

      Delete
  3. Pasang jebakan dua pintu atau dua kandang. Yang satu di isi anak ayam buat mancing. Yang satu dibiarkan terbuka untuk dimasuki biawak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah aq sampaikan ke Bapak. Makasih ya sarannya

      Delete
  4. bagi biawak, ayam makanan yg lezato so menarik utk diburunya. di bbrp tempat ada 'sate biawak'. ntar klo kedatangan tuh biawak lagi .. sgr hub petugas kebon binatang, biar ditangkap bs utk nambah koleksi bonbin. manfaat kan?

    salam kenal mb Ajeng, saya follow blog-nya yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal balik mbak..terima kasih sdh mau follow.


      Ini kan itungannya trmasuk ngepromosiin biawaknya nih saya. Harusnya org yg cari biawak yg nelfon saya :-D

      Delete
    2. wkwkwkwkw, sekalian aja promoin ditokobagus atau dikoran mbak, heheheheh
      sukses buat biawaknya

      Delete
    3. Hahaha, ga ah. Sdh dpromoin d blog itu cukup. Ntar biawaknya tenar kan berabe :-D

      Delete
  5. waktu ke pulau bidadari biawanya berkeliaran loh, tapi di akabur kalau di dekati manusia

    ReplyDelete
  6. Hmm klo d sini rada bandel mbak biawaknya. Kdg lgsg kabur klo liat org. Kdg ttep diem aj nunggu digusah.

    ReplyDelete
  7. Hmmmm kalau disini sih orang langsung nembak pake senapan angin
    apalagi kalo udah masuk2 ke lingkungan masyarakat

    kalo anak2 disini juga suka ngusir pake ketapel
    jadi bahan mainan malah wkwkwk tapi nggak yang di alam alaminya, yang muncul2 deket rumah warga aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yg bilang bakl mental Aul klo pake senapan angin nembaknya. Kan kulit biawak keras. Emang kamu prnh liat lgsg pas nembak?

      Delete
  8. di deket rumahku juga sering ada biawak mbak...
    tapi aku takuttt nggak pernah berani deket2 kalo ada penampakan biawak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo biawaknya kecil saya msh berani deketin mbak..klo gede krg berani takut disambet ekornya :-D

      Delete
  9. panggil saja orangtuanya biawak, beri penjelasan baik2 untuk tidak makan ayam atau telur kalo pengen bilang yg sopan....

    ReplyDelete
  10. ruah saya juga baru di datangin biawak, biawaknya tinggal di bawah rumah saya. itu karna rumah saya dulunya rawa jadi ber air.
    apa biawak ganggu manusia dan gigit?

    ReplyDelete

Please give your comments in writing ...