Wednesday, May 13, 2015

Surat Untukmu Warung Blogger: Izinkan Aku

Memperingati empat tahun kamu, warung blogger (tanggal 25 Mei 2015 nanti, tepatnya)-aku sudah menulis surat ini sebagai kado ulang tahun untukmu. Ku akui, aku memang belum tahu banyak tentangmu. Aku bahkan baru mengetahui blog, twitter, email resmi, dan fanpagemu petang tadi. Maafkan aku karena terlambat. Sepertinya hanya aku yang mengalami hal ini. Tapi kamu mengerti kan? Selama ini aku hanya tahu tentang kamu dari grupmu yang ada di facebook saja. Untuk itulah, izinkan aku mengenal lebih banyak lagi tentangmu. Menggali apa saja yang kamu (warung blogger) miliki, baik informasi, kepedulian antar wargamu, ilmu bahkan semangat persaudaraanmu yang membangun. Aku juga ingin tahu kegiatanmu di dunia nyata itu seperti apa. Bagaimana admin dan para pendirimu (orang-orang yang berjasa ini) membawamu, serta mengenalkanmu pada dunia nyata yang ramai.


Oh iya, aku lupa kapan persisnya bergabung denganmu di grup. Awalnya aku memang tidak terlalu aktif nimbrung di grupmu. Tapi seiring berjalannya waktu dan bertambahnya wawasan tentang ngeblog yang ku dapatkan dari blogger-blogger lain, aku mulai suka membagikan tulisanku di grupmu agar wargamu tahu (ini adalah salah satu tips agar tulisanku di baca banyak orang).

Aku pun mulai menyadari manfaat apa yang ku dapatkan setelah bergabung denganmu, warung blogger. Maka dari itu, izinkan aku berbagi cerita akan manfaat ini ke teman-teman blogger dan semua wargamu, yang barangkali belum tahu. Apa saja manfaat yang aku dapatkan darimu? Bagiku, bergabung denganmu di grup adalah hal yang sangat menguntungkan. Selain informasi yang luas, aku juga mendapat ilmu pengetahuan darimu. Ilmu yang dibagikan oleh wargamu untuk aku dan lainnya. Ilmu ini kadang tersirat, bisa juga tersurat. Aku harus jeli membacanya. Selain dua hal itu, manfaat lainnya adalah kebanjiran rezeki. Semua wargamu pasti sudah pada tahu kan? Di grupmu kami bisa mengikuti kompetisi blog, giveaway atau kuis blog. Di grupmu, para warga sering bagi-bagi info dan hampir nggak pernah sepi. Sementara itu, manfaat terakhir darimu adalah temanku bertambah, khususnya di dunia blogging. Dengan bertambahnya teman, silaturrahmiku pun terjalin di dunia maya dan nyata. Di dunia maya, tidak hanya melalui grupmu saja kami bertukar pendapat-kami (wargamu) juga bisa bertegur sapa dari satu blog ke blog lainnya. Seperti meninggalkan jejak di kotak komentar blog teman misalnya. Sedangkan di dunia nyata, meskipun aku belum pernah mengalaminya-silaturrahmi bersambung melalui acara kopi darat (disingkat kopdar) atau dengan menghadiri sebuah acara tertentu yang ada hubungannya dengan dunia blogging yang penuh akan wawasan.

Aku salut sama admin grupmu. Seperti polisi yang selalu siap sedia ada untuk beroperasi, mbak admin (mbak Susi) siap sedia menyemprit wargamu yang mungkin lupa akan kesepakatan bersama di warung blogger (oh iya, kenapa rincian kesepakatan bersama ini di tulis di sebelah kanan grup, nggak dipajang di atas aja di foto sampul; apa semua warga tahu dan membacanya?). Padahal setahuku dari facebook mbak admin, beliau termasuk orang yang super padat jadwalnya yang ternyata terus memantau perkembanganmu. Ini adalah bukti nyata kalau kamu bukan grup yang asal-asalan. Adminmu aja udah ngasih contoh, menerapkan tanggung jawab yang diembannya sebagai admin warung blogger.

Kesan-kesanku tentangmu sudah, apa ada hal lain yang ingin ku sampaikan? Masih ada. Oleh karena itu, izinkan aku menyampaikan kritik dan saranku untukmu, warung blogger. Begini, karena aku merasa ada sesuatu yang kurang di grupmu yakni interaksi antar warganya-aku sarankan agar setiap bulan di grupmu disuguhi aktivitas berupa diskusi mengenai sebuah topik tertentu baik ini dari pendapat bersama atau dari ide adminmu. Selain diskusi, tanya-jawab juga boleh. Ku lihat, aktivitas di grupmu hanya sharing tulisan maupun giveaway atau kompetisi (berupa link) pemilik blog. Selebihnya interaksi akan bersambung di kotak komentar (itupun kalau ada yang berkomentar) dan di blog si empunya yang share link tadi. Nah, untuk menghidupkan suasana grupmu-bagaimana kalau admin dan wargamu ngebahas sebuah topik yang lagi ramai di dunia maya. Jadi, ada interaksi online antar warga pada hari dan jam yang telah ditentukan oleh admin. Kalaupun waktu menjadi kendala bagi semua wargamu, diskusi tidak harus dilangsungkan dengan penentuan waktu. Ini semacam kopdar online kalau menurutku. Gimana? Nggak semua anggota tentu bisa hadir dalam acara kopdar yang kamu adakan di daerah tertentu bukan? Intinya buatlah percakapan  (interaksi) online untuk kami, wargamu di grup warung blogger. Agar suasana lebih mencair lagi.

Aku berharap agar ke depannya sampai berpuluh-puluh tahun umurmu, kamu lebih menginspirasi grup-grup lain yang ada di facebook. Menjadi grup pelopor yang besar nama juga kualitas warganya dalam dunia perbloggeran. Membesarkan namamu sampai sekarang tentu bukan hal yang mudah. Dan inilah dirimu sekarang. Berjaya dengan para warga yang mendukungmu dalam kesederhaan.

Sebelum berpisah, aku ucapkan selamat ulang tahun, semoga kita semua semakin langgeng, rukun, dan saling menasehati dalam kebaikan. . .  Meskipun umurmu dari Mei 2011 sampai 25 Mei 2015 nanti masih diangka empat-aku yakin kamu layak kami banggakan :)


14 comments:

  1. wow, udah 4 tahun ya
    gak terasa.
    aku berhutang budi nih sama warung blogger, hehehehe

    btw, bantalnya sudah nyampe kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, saya jg baru tahu klo grup WB udh selama itu pas baca profilnya..

      Sudah sampai mbaaaak..makasih banyak bantalnya sampai dg selamat :-)

      Delete
  2. What a nice letter

    selamat ulang tahun warung blogger!

    ReplyDelete
  3. Wah dah 4 tahun ya. Saya juga lupa kapan join WB Mbak.
    Memang salut sama admin. Hebat.

    ReplyDelete
  4. Ajang buat silaturahmi antar blogger...
    mantabh.
    :)

    ReplyDelete
  5. Lagi belajar bikin surat, nemu surat kece mbak ajeng :)
    Salam kenal yah, www.rinadarma13.wordpress.com hehe...

    ReplyDelete

Please give your comments in writing ...