Thursday, January 8, 2015

Tragedi Bobor Bayem Bagian 1

Namaku Nina, anak tunggal dari pak Supiah dan bu Rusda di Desa Kalangbret. Hari ini adalah hari pertamaku masuk Sekolah Dasar. Karena aku satu-satunya anak di rumah, aku sudah terbiasa dan diajari ibuku banyak hal. Sebut saja aku anak mandiri. Mulai dari merapikan kasur setiap pagi sehabis bangun tidur; membantu ibuku menyiapkan sarapan pagi-faktanya sih aku cuma ngrapiin meja makan doang, nyusun piring. Habis ibu belum bolehin aku bantu-bantu masak di dapur. Takut kalau anaknya yang super cantik ini pegang-pegang mainin pisau. Maklum, baru 6 tahun.

Pagi ini, ibu mengantarku ke sekolah-karena kebetulan bapak harus ngurusin pembuatan KTPnya mbak Sum; tetanggaku. Oh iya, aku belum cerita kan, kalau RT di desa Kalangbret itu bapakku. Cuma ibu dan aku aja yang nggak kerja di rumah, ya iyalah aku aja baru masuk kelas 1 SD hehe

Kata ibu, hari pertama masuk kelas pasti seru. Aku bisa kenalan dengan teman-teman di kelasku, kenalan sama bapak-ibu guru, liat-liat lingkungan sekolahku pokoknya seru deh. Ternyata bener, waktu masuk kelas aku duduk paling depan sebangku sama Lusi. Di kelasku ada 27 anak,  12 anak laki-laki dan 15 anak perempuan. Beberapa anak sih aku inget namanya. Apalagi Sofia, aku inget banget. Dia yang nangis sesenggukan sambil liatin ibunya di luar kelas. Oh iya, Lukas! Aku juga inget, dia pake kacamata. Hari ini emang nggak belajar; bu Astuti hanya mengatur tempat duduk kami. Lalu sejam kemudian kami boleh keluar kelas deh...

Sepulang sekolah, ceritalah aku ke ibu gimana tadi suasana di dalam kelas. Kira-kira begitulah rutinitasku beberapa bulan terakhir. Menginjak kelas 4 SD, hidupku mulai sedikit aneh. Entah kenapa, aku yang selalu duduk sebangku dengan Lusi sekarang harus sebangku dengan Patah. Yup, namanya Patah Ghozali. Semenjak sebangku sama dia hal kecil aja bisa jadi besar. Kenapa ya, tiap kali duduk sebelahan sama dia ada aroma sayur bobor bayem yang amis. Aku sebel banget. Belajar aja nggak konsen. maunya tuh nutup idung terus. Mana nggak bisa minta pindah tempat duduk. EHhhh sebelahku bau bobor bayem, amis lagi. Teman-teman yang lain sih ngrasa baik-baik aja, nggak pernah nyium aroma bobor bayem tadi. Kayaknya aku aja yang nyium aroma itu kalau deket sama Patah. Aneh kan?!

Gara-gara dia juga aku sering diledekin. Iyaaaa, aku tuh sering diledekin temen... trus di hayu-hayuin sama dia. Sekelas udah pada tau kalau aku tuh betenya cuma sama Patah. Judesnya juga sama dia, sampai ke tega-teganya lagi. Setiap jam belajar berlangsung aku nahan-nahanin diri sama aroma bobor bayemnya si Patah. Yang paling nggak kuat tuh kalau harus pake buku paket samaan. Bakal kuat banget tuh aroma amis bobor bayemnya. Si Patah tu sering deket-deket. Aku sebbbeeeeeeeeeeeeeel  !!!

Soal yang satu ini aku emang nggak cerita ke ibu. Males ah, ngapain cerita ginian. Deket dia aja aku sebel. Anggap aja aku kurang beruntung. 3 tahun duduk sebangku sama Patah. Selama itu juga aku judesin dia. Kalau dilihat-lihat sih anaknya nggak semrawut. Dia rapi kok. Aku penasaran... apa tiap pagi dia sarapan bobor bayem? Trus belepotan gitu sampai ke seragam sekolahnya... Nah, apa itu yang bikin  aroma amis kalau kita duduk sebangku? Itu sih khayalanku aja. Faktanya selama 3 tahun itu juga aku nggak pernah nanya-nanya ke dia. Boro-boro mau nanya deket tu anak aja aku sebel. Amiiiiiiiiiiiis !!

Bersambung

2 comments:

  1. Apa kabar mba Ajeng? :)

    Ini serius, saya tidak tahu, bobor bayem itu makanan ya, kok aromanya amis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah baik, bobor bayem itu sayur bayam yg disantenin itu lo..dulu dibilangnya kan sayur bobor.

      Delete

Please give your comments in writing ...