Thursday, March 1, 2012

Kimchi rasa garam

Kimchi rasa garam, kegagalan pertama T_T

 "Dua sampai tiga kali mengalami kegagalan dalam memasak atau hal apapun itu-maka jangan ragu untuk mencoba lagi.."  
Ajeng S.Rahayu

 #Ceritanya gini
Jadi, siang itu saya sedang menyaksikan sebuah acara infotainment 'sisipkan' yang kebetulan Indra Herlambang lagi kuliner masakan. Nah, dia kan mampir di sebuah restoran ala Korea-sebelumnya si Indra H. ini sempet pamer koleksi lagu 2NE1, Suju ama Cherry Bell hahaha-lalu dia masuk ke restoran tadi. Dia buka list menunya kan, trus pesen masakan macem-macem; saya nggak apal apa-apa aja. Hingga akhirnya muncullah si Kimchi yang dimakan lahap oleh si Indra H tadi. Sukses, saya ngiler!


#Kecap Ikan
Minggu pagi seperti biasa saya ke pasar. Dari rumah udah niat buat beli bahan-bahan Kimchi. Singkat cerita, saya cukup dibuat bingung nyari 1 bahan yakni kecap ikan yang awalnya saya nanya-nanya ke acil yang jualan dengan nyebutin "Ada saus ikan Cil?"-dan ketemulah dengan harga fantastis, padahal kan cuma kepake 1sdt, huffttt.


#Hari pembalasan
Senin pagi saya mulai ubek di dapur. Daftar cara memasak sudah saya baca dengan teliti. Saya mulai mencuci sawi putih lalu saya tiriskan kemudian ditaburi garam dan didiamkan selama 6 jam. Berikutnya, sawi putih tadi kembali saya cuci sampai bersih. Saya menghaluskan bawang putih, jahe, dan lombok merah besar. Selanjutnya saya campur dalam satu wadah yakni, sawi putih, bumbu halus tadi, cabe bubuk, kecap ikan, air jeruk lemon, garam dan gula. Terakhir saya masukkan bahan tadi ke dalam suatu wadah dan saya tutup rapat.


 #H-1
Saya intip-intip Kimchi yang belum jadi tadi.... ...mengernyitkan dahi mencium sedikit aromanya ... ...saya angkat wadahnya, saya amati ... ...


#Hari H
Tibalah pagi itu saya sarapan dengan nasi anget yang mengepul, ikan pedha' goreng dan sambel trasi. Tangan saya udah gatel, toh udah 2 hari-saya pikir. Saya ambil 2 lembar daun sawi putih atau tepatnya Kimchi tadi. Saya mengalami keraguan hendak memakannya. Dengan berat hati, saya makan. Euww, asin T_T


#Kesalahan-kesalahan
Harusnya cabe yang saya haluskan itu digiling, jahenya juga diparut-karena resepnya bilang gitu. Mungkin saya tidak 3 kali mencuci sawi putihnya setelah ditaburi garam. Seharusnya saya tidak mengikuti resep, toh saya bisa mengira-ngira berapa banyak dan sedikitnya bahan yang dipakai!

Ada yang pernah makan Kimchi? 
Bisa beri tahu saya persisnya rasa Kimchi itu seperti apa?
 Saya akan buat Kimchi lagi sampai nemu rasa yang pas!!

21 comments:

  1. taunya tumis kangkung sama bayam doang.
    xixixixi ^^

    ReplyDelete
  2. wah wah ... semangat yah jeng
    aku lihat aja sudah merasa aneh dengan kimchi
    apalagi kalo ngerasainnya :D

    ReplyDelete
  3. Hahaha aku juga pengen makan kimchi ampe sekarang belum kesampaian sist, eh tapi kan memang kimchi itu asinan masyarakat korea sist, kali aja rasanya memang asin gitu :p

    ReplyDelete
  4. Aul: haa~

    John: Kimchiku aja yg aneh-kurang lombok tuh. kuahnya aja nggak ada T_T

    Chici: iyaa, tau kok kalo Kimchi itu asinan. Tapi kan dikasih lombok, kalo asin banget nggak mungkin lah Indra H. makan selahap kemarin itu. Aku masih penasaran-seenggaknya nggak asin banget kan?!

    ReplyDelete
  5. aku blm pnh makan kimchi sih..
    kalau asinan sawi mah sering :D

    pernah nyoba bikin kimchi tapi loh aneh bgt -__-
    gk tahu itu gagal apa enggak tapi yg pasti gak cocok di lidah -__-

    ReplyDelete
  6. mbak Enny: eh samaan-ya aku pikir yg ini gagal padahal ngrasa nggak cocok di lidah. Dan ini bikin penasaran, masa iya asin banget Kimchi yg asli? Tapi Indra H. lahap banget nggak pake nasi >.<

    ReplyDelete
  7. enggaaa' pernah... bukannya boleh dikreasiin sesuai lidah sendiri? siapa tahu rasa aslinya eang ga enak--untuk lidah orang indonesia.


    tapi salut untuk semangatmu.

    ReplyDelete
  8. Tula: ah sepertinya aku harus nyoba olahan Kimchi di suatu tempat buat mastiin 'sesuatu'

    ReplyDelete
  9. kalo nyoba masak sesuatu untuk pertama kalinya, dan hasil dari masakan tsb enak banget itu namanya tidak adil atau memang sebuah kebetulan. Master chief juga sekolah dulu... Selamat bereksperimen moga hobi masaknya bisa di persiapkan buat calon suami :)

    ReplyDelete
  10. mas Yayack: kok nggak adil, kan bakat alami :D

    ReplyDelete
  11. jangan-jangan bukan kimchi kamu yang gagal, tapi emang rasa kimchi nya yang aneh..
    tetap semangat ya jeng :)

    ReplyDelete
  12. Rizha: maka dari itu, aku pengen nyoba beli ntar buat mastiin -.-"

    ReplyDelete
  13. aku pernah makan kimchi waktu di thailand...
    rasanya benar benar asam seperti cuka
    dan kapok rasanya
    gak enak

    apa memang itu benar-benar kimchi, aku gak tau

    ReplyDelete
  14. aku blm pernah makan kimchi... jeng bikin pages di FB dong, mau aku like :)

    ReplyDelete
  15. mbak elsa: asem???nah punya saya asiiin >.<
    kalo rasanya kayak acar saya suka mbak-tapi apa asinan emg asin banget yak rasanya :(

    Rio: fanpage?err, aku pikir2 dulu :)

    ReplyDelete
  16. kimchi kan bisa dibeli jadi. tapi aku sih kurang suka sama kimchi.

    ReplyDelete
  17. aku belum pernah masak kimchi, maunya cicipi masalan ajeng tapu nanti kalo sdh berhasil ya buat kimchinya :)

    ReplyDelete
  18. Rasa Kimchii itu dominan Asam-Asin-Pedas dalam format yang sangat.Artinya, asem banget, asin dan pedas banget.Belom lagi rasa bawang putihnya sadis karena bawang putihnya kan banyak banget emang..

    Supaya gak terlalu Hardcore, waktu garamin sawin jangan banyak-banyak garamnya. Terus kecap asin,bawang putih dan bawang bombay diblender sama PIR atau APEL 1 buah. Bumbu itu dicampur sama Tepung Ketan dan Gula yang dimasak terpisah. Nah, biar ada rasa manis, gulanya agak banyak dan aer jangan kebanyakan..Terus, cabe bubuk juga bisa kok diganti cabe giling halus..

    Insha allah matching dengan lidah indonesia.Sekalipun yaah emang namanya asinan..pasti asin juga lah..

    ReplyDelete
  19. Rasa Kimchii itu dominan Asam-Asin-Pedas dalam format yang sangat.Artinya, asem banget, asin dan pedas banget.Belom lagi rasa bawang putihnya sadis karena bawang putihnya kan banyak banget emang..

    Supaya gak terlalu Hardcore, waktu garamin sawin jangan banyak-banyak garamnya. Terus kecap asin,bawang putih dan bawang bombay diblender sama PIR atau APEL 1 buah. Bumbu itu dicampur sama Tepung Ketan dan Gula yang dimasak terpisah. Nah, biar ada rasa manis, gulanya agak banyak dan aer jangan kebanyakan..Terus, cabe bubuk juga bisa kok diganti cabe giling halus..

    Insha allah matching dengan lidah indonesia.Sekalipun yaah emang namanya asinan..pasti asin juga lah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini aku lagi bikin kimchi, ga tanggung2 langsung beli 3 kilo sawi putih. hasilnya jadi banyak, krn yakin berhasil. skrg lagi nunggu proses fermentasi, uda 3 hari nih. aku uda cobain pada hari ke 2, rasanya kaga enak banget. kata umi aku kebanyakan bawang bombay jadi rasanya pahit2 gitu kaya makan bawang mentah.

      jatuh cinta sm kimchi krn dpt oleh2 kimchi langsung dr korea, rasanya enak di lidah aku, tapi pas bikin sendiri kaga enak.

      klo uda begini apa harus dibuang kimchinya??? sayang kan uda bikin banyak. yg enak diapain ya tu kimchi spy ga kebuang.

      Delete

Please give your comments in writing ...