Tuesday, March 6, 2012

Catatan terbaru: Bukan Blogger Semusim


Bukan blogger semusim, hendaknya menjadi slogan yang perlu kita galakkan setiap hari. Baik itu dari saya maupun dari kalian, slogan ini sudah tentu memiliki pelecut dalam menulis khususnya bagi seorang blogger. Meskipun banyak diantara kita yang memiliki sedikit kesempatan dalam menulis karena kesibukan aktivitas di kantor, di rumah, di sekolah atau di kampus dan di lain tempat-hal ini tidak akan menjadi penghambat jika kita benar-benar konsisten sebagai seorang blogger. Tidak perlu mencari-cari alasan untuk menghindar dari kegiatan murni seorang blogger di dunia maya. Jika seorang blogger tidak selalu bisa menuliskan sebuah artikel terjadwal setiap harinya, tentu saja hal ini beralasan. Sedikitnya, 3 artikel dalam sebulan-itu sudah sangat baik. Mengingat, kebutuhan kita dalam membunuh waktu sangat berbeda satu sama lain.


Yang perlu menjadi catatan di sini-saya tidak ingin merasa terpaksa ketika saya menulis sebuah artikel. Saya tidak perlu menargetkan harus kesekian kali mempublish tulisan saya di sini karena saya bukan blogger semusim. Dan juga, saya merasa senang dengan menjadi diri saya sendiri. Saya kuliah dengan mengambil jam kuliah malam. Pagi sampai sorenya bekerja paruh waktu di rumah saya sendiri. Waktu luang? Banyak, dan tak terhitung. Namun waktu yang sangat berharga tadi tidak ingin saya gunakan untuk melakukan hal-hal dengan keterpaksaan sedikit berlebihan sehingga membuat badan ini merasa tidak nyaman. Dampaknya juga lari ke mana-mana. Entah itu pusing, mata pedih, lupa makan, penundaan jam sholat yang berulang-ulang, lupa waktu dan lain sebagainya. Kadang karena keasyikan di dunia maya sebagai seorang blogger tadi, saya marah-marah ke orang lain. Kurang konsentrasi biasanya menjadi alasan yang kuat. Tapi saya yakin bukan itu-masalahnya adalah saya tidak mau diganggu. Padahal saat itu saya masih dalam jam kerja.

Dengan menjadi diri kita sendiri sebagai seorang blogger, semuanya akan terasa mudah. Dalam artian mudah menjalaninya, tanpa ada rasa keterpaksaan atau beban sedikitpun. Kegiatan tulis-menulis ini merupakan sebuah pelengkap bagi saya. Uniknya, saya merasa belum lengkap jika blogwalking dan silaturrahmi belum sempat saya kerjakan barang ke tiga sampai empat blog. Tentu saja hal tadi bukan sebuah keharusan. Saat kondisi tidak menentu, saya tidak menampik kalau saya malas menulis-apalagi blogwalking. Sekali lagi saya ingatkan pada diri saya sendiri bahwa ini bukan sebuah keharusan. Lalu saya menikmati masa-masa untuk istirahat sebentar dari dunia blogger. Berikutnya saya mulai disibukkan dengan mengurus dunia nyata. Sampai kemudian niat untuk menulis artikel di blog saya muncul kembali.

Saya memiliki beberapa resep supaya ngeblog terus bisa dikerjakan di tengah-tengah kesibukan, karena saya tahu-saya bukan blogger semusim. Berikut resepnya:

Pertama, hentikan niat untuk terlalu lama meninggalkan blog kalian. Biasanya kalau sudah kelamaan tidak ngeblog entah itu karena malas atau sibuk oleh hal lain-perasaan malas menulis justru semakin lama bertahan dalam diri kita. Akibatnya, tidak bersemangat lagi dalam  menulis artikel padahal ide datang bermunculan.

Kedua, istirahatkan badan Anda. Karena hal ini sangat penting sekali. Terlalu lelah juga berpengaruh pada penundaan menulis artikel di blog kita lho.

Ketiga, pusatkan pikiran kalian pada hal-hal yang positif. Naluri mengikuti-maka secara tidak langsung hal ini akan membuat suasana hati kalian nyaman. Bahkan untuk menulis sebuah artikel di blog, bukan hal yang sulit lagi untuk kita lakukan.

Keempat, luangkan waktu di pagi hari kalau sempat. Sebenarnya waktu menulis yang paling baik adalah pagi. Dengan suasana yang masih tenang serta pikiran yang masih segar akan lebih mudah untuk kita menyampaikan sesuatu yang ada di benak kita melalui sebuah tulisan.

Kelima atau yang terakhir, biasakan pada diri kalian untuk tidak cepat merasa bosan. Kita semua tahu-kegiatan ngeblog lebih dipusatkan pada aktivitas membaca. Dan kegiatan ini justru membantu kita saat pikiran sedang buntu-misalnya saja, kita terinspirasi dan mendapat ide baru untuk menulis setelah membaca beberapa artikel dari sahabat blogger. Oleh sebab itu, kalau memang benar-benar sudah merasa bosan, sebaiknya Anda istirahat. Karena kegiatan ngeblog sangat menguras konsentrasi serta waktu kita. Perlu diingat, tubuh kita juga memerlukan peregangan otot. Jadi tidak heran kalau terlalu lama membaca artikel-artikel sahabat blogger-tak jarang kita sering merasa pusing.

Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Tiga Kata Bukan Blogger Semusim di BlogCamp.

19 comments:

  1. Saya telah membaca dengan seksama artikel sahabat.
    Akan segera didaftar.
    Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam KOTAK.
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  2. wah kayaknya saya juga msh di bilang sbg blogger musiman tapi untungnya skrg semangat itu msh ttp ada walopun kadang buntu dalam waktu pas menuliskanya :)

    Sukses buat kontesnya :)

    ReplyDelete
  3. Hai Ajeng. Thanks buat postingannya. Bikin semangat! Salam kenal dari Jakarta.

    ReplyDelete
  4. eh aku nggak pernah lho meara bosan atau pusing baca postingan2 kalian... kalo bingung ngomennya sering. hahahaha

    ReplyDelete
  5. sayah mah senyampainya aja jeng...
    ga pernah maksain

    ReplyDelete
  6. ehm, sepertinya termasuk blgger semusim nih. untuk poin pertama setuju banget! kalau sudah ditinggalkan terlalu lama, rasa malasnya jadi berlarut-larut. terus sering ketinggalan isu-isu yang beredar di blogsphere. berasa kaya jadi anak baru lagi..


    begitulah pokoknya.
    gud luck buat kontesnya. moga menang :)

    ReplyDelete
  7. apa saya termasuk blogger semusim yah....????

    tapi postingan kamu bagus, menyemangati.

    ReplyDelete
  8. setuju kalo bosan mendingan istirahat dulu ya.

    ReplyDelete
  9. Ajeng blogger angkatan berapa? Saya angkatan 2007. :D

    Mari, ngeblog terus hingga internet hilang dari muka bumi. ^^

    ReplyDelete
  10. Lah ini kok pada seragam yah postingannya :)
    Jadi blogger yah mau musiman kek mau sejati kek, tergantung yg punya kali yah jeng. Semua org punya motif sm standar yg beda2 ttg blognya sendiri

    ya gak? Hihi... semoga sukses yah kontesnya :)

    ReplyDelete
  11. kadang ada aja penghalang buat blogging, but nice tips :)

    ReplyDelete
  12. anggap sama ngeblog kaya update status FB/twitter biar semangat nulisnya :)

    ReplyDelete
  13. kadang kalo sudah capek kerja, jadi malas ngeblog..makasih buat tipsnya, semoga saya bukan cuma blogger semusim

    ReplyDelete
  14. betul tuh jgn terlalu lama istirahatnya nanti keterusan malas :)

    ReplyDelete
  15. Semoga aku juga gak jadi blogger semusim. Hehehe..

    Eh iya, ada temen juga yang bilang, kalo emang habis inspirasi, blogwalking aja, baca tulisan yang lucu lucu, dengan begitu semangat untuk ngeblog bisa muncul lagii.

    *sepertinya artikel ini pas banget buatku yang baru kembali dari hiatus. :D

    sukses buat kontesnya ya Mbak :)

    ReplyDelete
  16. wow tips nya oke bangettt!!
    nice post! iya dta jg selalu ngblog meskipun akhir2 ini lebih jarang blogging dibandingin taun sebelumnya,, tp yg pnting keep blogging cz i love blogging^^

    ReplyDelete
  17. kalau aku biasanya jadi blogger semusim, tiap musim ujan, wkwkwkw, becanda, jeng :p
    bagus tuh tips'nya, semoga bisa menginspirasi teman2 untuk rajin ngeblog ya :)

    ReplyDelete
  18. dulu jg sempat jadi blogger semusim, sekarang sebulan doank. hohohohoho

    moga sukses kontesnya. :D

    ReplyDelete

Please give your comments in writing ...