Sunday, May 8, 2011

Puthu Ayu di Banjarmasin, Curhat dan Teriknya Hari itu

Aku tidak hanya berharap pada kesempatan waktu saat ini, tapi aku benar-benar meminta jika saja kalian mau memberi. Ini bukan simpatik, tapi ini empati. Sejauh apa kalian bisa menerawang kehidupan saat ini, mari bersama-sama teman (muda-tua) jalani kehidupan dengan baik yang ndak cuman baik-baik. Gunakanlah waktu yang semakin sempit ini untuk kehidupan yang layak. Kamu lebih tahu apa makna layak yang aku maksud sekarang. Ini luas sekali, dan ini kebahagiaan setiap orang bukan per-orang saja. Zaman semakin tenggelam mundur saja, apakah kamu mau berdiam diri??? Aku tidak mau, karena aku bukan orang bodoh!


Hari itu cerah sekali ku jelang. Dari pagi hingga siang. Panas, pengap dan debu menderu. Aku tak bosan, takkan lagi bosan. Karena inilah wujud kemunduran zaman dan kebengisan insan. Pemimpin mulai lupa, yang lupa justru ngelupa. Yang ingat bisa kita hitung dengan jari. Sementara yang sedang tak lagi sedang makin menjadi-jadi. Cobaan tak membuat dia lemah dan sadar. Malah dia semakin lupa. Tapi, sudahlah. Ada 2 malaikat di samping kanan dan kirimu. Tak pernah tidur...

Mungkin Abi sekarang seumuran dan keriput seperti beliau. Siang itu aku mendengar ngiungan khas Puthu Ayu. Aku senang, aku nantikan sampai ku dapati beliau berhenti oleh panggilanku. "Paman, nukar..."
Berhenti dan mulailah beliau meracik. Kepyaran tepung berwanakan hijau. Dimasukan ke cetakan bentuk tabung, terbuat dari bambu-ramping sekali bentuknya kawan!


Ku amati setiap detail gerak-gerik tangan Beliau. Sesekali ku amati keriput di wajahnya. Mulai ku tanyakan sejak kapan Beliau berjualan ini, beliau tinggal di mana blablabla. Ternyata Beliau lebih lama tinggal di Banjarmasin ketimbang aku-segala macam kerja serabutan beliau kerjakan. Dan kini bertahan dengan pekerjaan ini. "Sing penting  halal pak, sahutku."

 Beliau bilang siang itu panas sekali. Aku hanya tersenyum mengiyakan. Oleh sebab itu kenapa-tepung berwarna menyejukkan itu kering sekali, butiran gula merahnya juga. Beliau menanyakan manis apa sedang, ku jawab "manis".

Beliau tanyakan dari mana asalku, ku jawablah pertanyaan itu. Kami sama-sama orang Jawa, bedanya beliau dari Jawa Tengah sementara aku Timur. Ku jelaskan kacau-balaunya bahasa Jawaku sekarang. "Aku tak ingin bahasa ini lenyap, batinku".

Aku berpindah arah, ku potret rombongnya dengan kemiringan cameraku. Sudah lama sekali sejak 2005 lalu aku merindu. Tanah Jawa dan desanya-tempat di mana aku dilahirkan serta sekian tahun dibesarkan jauh dari mereka, kedua orang-tuaku.

Meskipun rasanya tidak begitu nikmat seperti masa kecilku dulu. Puthu ayu ini mengobati kerinduanku. Jajanan Jawa yang hampir punah. Aku katakan pada beliau, "Jarang-jarang lho pak ada yang jualan Puthu Ayu di sini."






Setelah lima ribu rupiah (dapat sepuluh Puthu Ayu)-ku berikan dengan ucapan "tukar", ku pegang kertas minyak-lapis koran dengan kepulan asap Puthu Ayu menyerbu. Beliau berlalu, aku pun melangkah pergi. "Masih panas, baunya... khas banget!"

Kalian tahu, beliau bilang mencari pekerjaan sekarang tidaklah mudah. Panasnya siang itu membuatnya mengeluh dengan kesabaran penuh. Aku terpaku...

Saat Abi menelponku...
Aku pandai bermain kata, mengurai semuanya...
Namun kadang lidahku kelu, dan aku pun membisu...
Aku tahu beliau sangat ingin ku dampingi di sana...
Mengabdikan tubuh yang tak seberapa...
Kasih sayangnya sepanjang zaman . . .
Ingin sekali ku ungkapkan sesuatu yang membuat kalian melek mata!

25 comments:

  1. @ Mbak Lidya : lebih lagi kalau bukan foto saja :)

    ReplyDelete
  2. setuju nh ama si bapak penjual puthu ayu. Emang susah jaman sekarang buat nyari kerja, untung lah setiap peristiwa tersimpan rahasia. Semoga rahasia itu akan lebih berguna buat kita semua ya mbak. (podho-podho wong jowo lho) peace.
    Amin.

    ReplyDelete
  3. ajeng tambah imut aja tampilan blognya...
    eh mbak minta putunya dong
    mbak juga suka putu loh :D

    ReplyDelete
  4. cari kerja memang sulit. aku salut dengan orang mau bekerja "apa saja" demi menghidupi keluarganya. aku suka kue putu, btw :)

    ReplyDelete
  5. @ mbak Ninda : hehe, nanti kalau ada ide cemerlang paling tak ubah lagi mbak :D
    Puthu ayune wis enthek :D

    @ Indi : aku juga suka, heheh :)

    @ Tula : iya :)

    ReplyDelete
  6. kangen Abi ya mbak...??
    Jd ikutan terharu....

    ReplyDelete
  7. di tamiang bukan jarang lagi
    malah ga pernah liat
    lama-lama kok sumpek ya hidup di daerah yg gada warteg
    pengen makan makanan kampung aja susahnya minta ampun...

    ReplyDelete
  8. kangen maem putu ayu.. di kos saya jarang ada yang lewat beginian mah..

    emang harum, apalagi dimasak pake bambu.. trus gula merah yang mencair. hummm..

    ReplyDelete
  9. Mmg enak putu ayu :). Untuk kelangsungan hidup perlu kerja keras & selalu bersyukur kepadaNya atas semua yg dimiliki.

    ReplyDelete
  10. itulah perjalanan hidup mba, tak mudah seperti yang kita bayangkan, terlebih akhir2 ini.
    jadi inget kakek nenek dirumah :(

    ReplyDelete
  11. tulisan mba Ajeng selalu mengena ^_^

    ReplyDelete
  12. kebahagiaan tidak diukur dari harta.
    bapak tua tadi kalau jualannya hari itu laris, mesti sudah bahagia.
    dan mungkin beliau malah lebih bisa memaknai kebahagiaan yang sesungguhnya.

    ReplyDelete
  13. putu ayu... kalo anget2 emang enak bangettt... ow, ternyata ajeng asli jawa tho????

    ReplyDelete
  14. Kue putu...
    sumpah ini kue, adalah jajanan wajib yg pasti aku beli setiap sore selain bakso semasa sd - smp.

    bukan saja dr rasanya yg khas, tapi "nungguin" penjualnya meracik kue putu adalah momen yg selalu aku tunggu,,, aku bahkan sering meracik sendiri kue putunya, krn udah langganan abangnya udah pasrah klo aku ngambil sendok dan "sodokan" dr karet yg digunakan untuk memasukan tepung hijau ditambah gula merah ke dalam potongan bambu...

    Love kuliner indonesia....

    ReplyDelete
  15. Nukar itu maksudnya apa jeng? Tadinya kirain gw cuman mau nuker duit aja ama tukang putu.

    Ampe ending kagak ada penjelasan tentang 'nukar' itu --"

    ReplyDelete
  16. kue putu aku nyebutnya sih yang pake bambu. putu ayu pake terigu. setauku sih... maaf loh Jeng. Mungkin memang di banjarmasin nyebutnya putu ayu ya?

    ReplyDelete
  17. Gak perlu pake Foto aja aku udah bisa ng'bayangin yg dimaksud dipostingan ini, ditambah ada fotonya tambah bikin "Nyes" dihati :( semoga si Bapak yg jualan diatas diberi kesehatan dan rezeky yg berlimpah AMIN...

    Tp ngomongin Puthu ayu, aku jg suka biarpun yg aku tau namanya cuma kue putu hhe.. :D beda kali ya ama di banjarmasin namanya hhi.. :D

    Semangat n happy blogging

    ReplyDelete
  18. aku juga suka kue putu yg itu jeng :)

    ReplyDelete
  19. asswrwb... mulai berbenah diri, mulai empati, bantu orang dg yg kita punya dg ihklas...menabung amal utk bekal kita nanti. nice post Ajeng!...

    ReplyDelete
  20. Udah 2 abad ekye ga makan Puthu Ayu. jajanan maa kecil yang bikin rindu :-)

    ReplyDelete

Please give your comments in writing ...