Monday, April 4, 2011

Jalan-jalan ke Martapura

Kemarin, Minggu 3 April 2011 rencananya, saya itu lagi menantikan kedatangan teman-teman sekelompok saya buat ngerjain tugas Tauhid berkelompok-di rumah saya. Dari pagi dah antusias banget nyiapin ini-itu biar mereka pada betah di rumah saya. Eh Azizahnya ngesms saya. Katanya nggak jadi ngerjain tugas kelompok, dan mereka memilih nyari bahan masing-masing terus dikumpulin ke saya. Karena memang saya kebagian tugas ngetiknya. Sementara Ana, ngewall di facebook saya kalau dia juga nggak jadi ke rumah saya dikarenakan nyari rumahnya Nurul nggak ketemu. Ribet banget kan? Yo wis lah...

Selanjutnya ya seperti biasa, di rumah. Pas ngebaca sms dari Imay, saya dapet kejutan! Dia ngajak saya jalan-jalan. Sementara menunggu kepulangan kakak saya dari main futsal, ya saya iyakan ajakan dia tadi. Saya pun bersiap-siap. Beberapa menit kemudian dia datang, kami pun berangkat. Awalnya saya iya-iya aja, yang penting saya jalan-jalan.

Guru Sekumpul

Ternyata saya diajak ke salah satu makam Guru Sekumpul yakni ke makam KH.Muhammad Zaini Abdul Ghani; komplek makamnya yang terletak di jalan Sekumpul Martapura cukup luas, wilayah kawasan area didalamnya terdapat Musholla Ar Raudhah yang artistik megah dan mewah, makam terlekat dibelakang masjid, pengunjung yang datang dibagi dua, bagi laki di depan dan perempuan di samping, perempuan yang memakai celana panjang, diharuskan memakai kain yang tersimpan di salah satu ruang ganti.

Makam Guru Sekumpul

Makam yang bersih berpagar dan bertutup kain terletak ditengan ruang, pengunjung yang datang lebih banyak perempuan dibandingkan laki-laki.Kubah makam KH Muhammad Zaini Abdul Ghani atau lebih akrab disebut Guru Ijai atau Guru Sekumpul, yang terletak di bagian depan kiri Musholla Ar Raudhah, juga tak pernah sepi dari penziarah. Ulama dari Martapura ini semasa hidupnya dikenal merupakan ulama karismatik dalam berdakwah dan menyebarkan syiar Islam di Kalsel. Guru Sekumpul juga masih zuriat atau keturunan dari ulama besar Banjar, Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari atau Datu Kelampayan.

Sumber bisa dibaca di sini  ... dan di sini.
Kalian bisa membaca kedua sumber yang sudah saya sebutkan di atas untuk info lengkapnya. Lanjut ke cerita saya di sana, Martapura sendiri terkenal sebagai kota santri di Kalimantan. Memang, ketika saya dibonceng oleh Imay memasuki kota ini, auranya mulai kerasa. Atmosfirnya itu beda. Bisa kita lihat di sepanjang jalan raya, di kota ini terdapat bacaan takbir yang menambah kereligiusan kota ini. Ini saya ada mengabadikan beberapa foto, tapi maaf kalau nggak jelas fotonya, soale saya ngambilnya kan pas dibonceng naik motor :D


jepretanku

Kota yang sering dikunjungi wisatawan karena merupakan pusat transaksi penjualan intan dan tempat penggosokan intan utama di Kalimantan dan menyediakan banyak cenderamata batu mulia.
Setelah ziarah ke makam Guru Sekumpul, kami putuskan untuk melihat-lihat ke pasar Martapuranya. Ternyata memang benar, banyak sekali yang menjual cenderamata seperti gelang, kalung, cincin, bros, dan lainnya. Eh, ada lagi yang lucu; sepertinya ada beberapa penjual yang menjual barang dagangannya khas Jogja gitu.

Ada kaos motif batik, tas rajutan dari benang gitu, topi purun dari rotan, tas dari rotan yang pas di Jogja kemarin saya juga lihat. Serasa masih di pasar Beringharjo deh, ehehe. Namun, setiap deret ruko, barang dagangannya ya banyak banget yang semacam cenderamata tadi. Sementara itu, kami lanjutkan lagi perjalanan ke pasar seberangnya yang menjual aneka kerudung, baju muslim, baju koko, kupyah dan banyak lagi yang lain. Saya sih cuman lihat-lihat, soale pengeluaran bulan kemarin tiu minus! Hmmm, kuat nggak kuat ya ngempet buat nggak beli-beli :p

ngambil di google

Jepretanku
Jepretanku

Maaf ya teman, fotonya asal gitu. Habis pengen moto tapi kok ya panas banget kemarin itu. Alhasil ya motonya sambil dibonceng temen gitu pas perjalanan pulangnya. Bisa dibandingin deh, ama gambar hasil nyomot di google.

Oh iya, sedikit cerita pas di makam Guru kemarin ya. Sesampainya kami di sana, kami parkir motor dulu. Berhubung nyampenya setelah dzuhur, kami segera mengambil air wudhlu dan sholat di Musholla Ar Raudhah. Selanjutnya kami masuk ke sebuah ruangan untuk mengambil kain (tapih) yang kita makainya kayak cowok lagi makai sarung gitu. Karena saya memakai celana hitam panjang ya harus memakai kain sarung tadi sebelum ke makam Guru Sekumpul.

Rada ribet sih, soale saya ndak bisa, ahahah. Lalu kami memasuki sebuah ruangan yang di tengah-tengahnya ada 3 makam (Fyi : makam ini di dalam pagar besi dan di tutupi kain putih dari dalam). Di luar makam ini ada semacam kotak persegi panjang yang isinya bunga yang lek kita nyekar ke makam gitu lah, maaf saya lupa bunga-bunga apa aja yang dirangkai jadi satu itu. Bunganya banyak banget, numpuk; aromanya ya khas, bisa dibayangkan sendiri deh. Di dalam ruangan tadi itu, pengunjungnya udah banyak. dari anak-anak sampai emak-emak pada kusyu' ngebaca ayat kursi buat dihadiahkan ke salah satu atau ke-ketiga orang yang ada di 3 makam tadi.

Ini pengalaman pertama saya sih diajak ziarah kubur, plusnya lagi ziarah makam Guru Sekumpul. Saya sempat heran, kenapa di setiap rumah orang; tepatnya tetangga saya di Banjarmasin ini, foto Guru Sekumpul tadi pasti ada di pajang di sudut rumah atau di ruang tamu gitu. Kalau di rumah saya, jujur nggak ada. Nggak tahu deh, saya nggak mau ikut-ikutan.

Pas di depan 3 makam tadi, saya bacakan ayat kursi. Setelah itu kami keluar dan mengambil air minum yang di sediakan di samping dinding dekat ruang ganti kain sarung tadi. Kemudian kami jalan-jalan ke luar, melihat-lihat sekitar. Lalu berangkat menuju pasar Martapura, di sana saya urungkan niatan mau beli kerudung :(  Saya cuma beli 3 bross sama satu kupyah buat kakak saya, ini juga udah ngempet buat nggak beli-beli :)

Perjalanan kami berakhir, dan pulanglah kami bersepeda motor; saya dibonceng Imay. Sebelum nyampe rumah, saya ngajak Imay ngebakso dulu, soale perut dah keroncongan. Dari pagi nggak makan, yah saya nggak makan nasi paginya :(  Saya minta maaf kalau jalan-jalan saya kali ini tanpa disertai foto kuliner. Insya Allah jalan-jalan yang berikutnya saya sertakan deh :)

Nyampe di rumah saya pas banget, sanja'. Kamipun sholat maghrib di rumah saya. Setelahnya, saya buatkan Imay minum terus kita ngobrol-ngobrol deh. "Makasih ya May, aku di ajak jalan-jalan ke Martapura hari ini," kataku. Yang pasti saya senang banget hari itu. Ditemani sahabat, jalan-jalan, curcol lanjutan serta ketawa-ketiwi deh pokoknya. Oh iya, cerita jalan-jalan saya berikutnya ke Pasar Terapung lho, jadi simak terus ya :)

56 comments:

  1. oke! pengen tahu pasar terapung kaya gimana... fotoin yang banyak dums!

    ReplyDelete
  2. Menara nya ada ornamennya juga, bagus *_*

    ReplyDelete
  3. aaaaaaaaaaaaaargh tadi pertamax ya? sial-sial sial sial... lupa bilang pertamax T_T

    ReplyDelete
  4. @ Tula : ahahah, cuma bisa ngakak baca komenmu Hud :p
    Tunggu saja ceritaku ke Pasar Terapung :)


    @ Miftah : Iya, bagus banget pokoknya.

    ReplyDelete
  5. wah... seru ya!!!
    asli kalimantan ya?
    salam kenal ^_^

    ReplyDelete
  6. @ Hilmy : tunggu aja :D

    @ Ari : Iya, seru :p

    ReplyDelete
  7. mungkin lebih tepatnya wisata rohani kali yah, hehe memang makam para pesohor kebanyakan terletak di belakang masjid kaya makam sunan ampel di surabaya atau habib keling di madura.

    Itu mbak mending saya ga liat potonya dari pada takut mbak jatoh soalnya pke jepret2 di atas motor segala hehe ☺

    ReplyDelete
  8. @ Yayack : ahahah, sekali lagi saya tertawa membaca komentar dari kalian :D

    Itu usaha lho mas Yayack, supaya bisa ngambil fotonya. Sepertinya tepat, wisata rohani :)

    ReplyDelete
  9. kayak ziarah ke wali songo ya..
    aku pernah tinggal di banjarmasin waktu TK.. tapi sama sekali ga ingat apa2..

    apalagi tempat makam guru berkumpul..
    postingan ini ngasi ide buat postinganku selanjutnya tentang islamic center terbesar se asia yang ada di kaltim.. tapi masih pelajari aspek2nya dulu, belum punya gambarnya juga..

    ReplyDelete
  10. kayaknya kota martapura adem ya jeng...


    di tunggu jalan2 ke pasar apungnya...

    ReplyDelete
  11. @ Gefri : Guru Sekumpul Gef, bukan guru berkumpul loh ya ;)
    Aku malah belom pernah ke makam Wali Songo.Tak tunggu wis postinganmu tentang Islamic Center yang ada di Kaltim :)

    ReplyDelete
  12. @ Zan : Kayaknya sih gitu, aku kurang tahu. Lhawong aku tinggal di Banjarmasin, bagusan di Martapura sih Zan ketimbang di Banjarmasin. Soalnya nggak gersang gitu...masih banyak tetumbuhan, oke tunggu aja tulisanku tentang Pasar Terapung ya :)

    ReplyDelete
  13. gagal tgs kelompok, jadinya jalan2..serunyaa..
    ok jg kecepatan tangan mu jeng,jepret dr atas motor :D

    ReplyDelete
  14. @ Devi : ahahah, itu mah keberuntunganku Dev. Kalau soal jepretan, itu usaha!
    :)

    ReplyDelete
  15. wah, saya udah pernah liat poto2 martapura ini, juga pasar terapaung, dipotin ayah waktu beliau tugas dinas di kalimantan. tapi saya kapan nyampe sini yah:(

    ajeng, adain giveaway yg hadiahnya jalan2 ka rumahmu donk,hahhahaha....:D

    ReplyDelete
  16. HEhe.. sekumpul ya..
    tapi kan mereka dulunya juga berkumpul untuk dakwah :p

    baterai lapotopnya di sayng baik2 ya.. mahal lho!
    sudah kujawab pertanyaanya

    ReplyDelete
  17. @ Nova : Wah, seru kan mbak baru liat fotonya aja. Kapan neh mbak Nova main ke Banjar. Pasar terapungnya nyusul ya, tunggu saja mbak :D
    Giveaways??hmmm, nantikan saja. sapa tahu saya ada rezeqi :)

    ReplyDelete
  18. @ Gefri : Hhha, berkumpul. tetep deh dirimu ngeyel :p
    Oke, aku kunjungin blogmu lagi, eheheh :)

    ReplyDelete
  19. memang dibanjarmasion terkenal,akan kereligiusannya..
    pegen banget kesana,tapi mau lihat pasar terapungnya,hehe...

    ReplyDelete
  20. @ Iwan : aku juga pengen nih ke pasar terapungnya, secepatnya deh ...ehehe :D

    ReplyDelete
  21. salam kenal..kunjungan pertama

    mesjidnya bagus yaa..
    hsil jpretannya oke juga:)

    ReplyDelete
  22. jeng, emang boleh ya sholat di mesjid yg ada makam di dalamnya atau di depannya???

    ReplyDelete
  23. mana oleh-oleh intannya?.. bukannya martapura tuh terkenal sama intan yah?... hemm kalo makamnya begitu bentuknya mah nggak ada serem-seremnya yak.. malah jadi betah, ikutan ngadem apalagi kalo ada ACnya *plaaaak..

    bagus arsitekturalnya. jadi pengen kesana kapan-kapan. #nunggu gratisan

    ReplyDelete
  24. Wuih wuih ,..indah sekali hasil photonya,..

    ReplyDelete
  25. seneng ya jalan-jalan. aku suka ngomongnya pendek-pendek. kalo ada yang nanya baru dijelasin

    ReplyDelete
  26. ikutan jalan2 dunk...
    salam kenal...
    bawa oleh2 apa nich??

    ReplyDelete
  27. Mo ngerjain tugas, kok malah jalan-jalan djeng...^_^

    ReplyDelete
  28. kalo lewat martapura malem hari, keliatannya asik banget tuh kotanya
    pengen dah sekali kali kesana tapi sengaja jalan jalan
    bukan numpang lewat doang...

    ReplyDelete
  29. Martapura dikenal juga dengan kota permata, banyak makanan khas, dan juga banyak berdiri pondok psantren... :)

    ReplyDelete
  30. saya sudah lama tidak kesana, hmmm foto Guru Skumpul sepertinya masih ada di rumah ortu di Kalmantan, Kota Martapura menyimpan banyak kenangan nih, kapan bisa kesana lagi ya,... makasih ya mbak, bisa sdikit mengobati rasa kaganangan saya dgn banua tercinta

    ReplyDelete
  31. salam kenal mbak...wah jadi kepingin jalan jalan ke martapura neeh...mksh infonya

    ReplyDelete
  32. asyik, jalan2 terus...
    ditunggu laporan n photo2 berikutnya :)

    ReplyDelete
  33. waduh, belum pernah kesana nih mba :(
    ajak dnk ^_^

    ReplyDelete
  34. photo menara-nya bagus tuh mba, padahal bonceng motor kan?
    keren :)

    ReplyDelete
  35. mana intannya? hehehe pingin lihat toko toko penjual intan dan emas

    ReplyDelete
  36. Asyik berwisata religi...

    Btw thu fotonya yg miring apa menaranya yg aslinya miring Mba Ajeng...?


    Jiheheheheeee...

    ReplyDelete
  37. hoho...unik... masa perempuan harus pake ganti kostum segala???

    ReplyDelete
  38. woh ... kug ada makam di dalam masjid?
    padahal seseorang tak boleh sholat di dua tempat: kamar mandi dan makam

    ReplyDelete
  39. hummm aku belum pernah ziarah kubur kyai2 gitu..

    oleh2 buat aku mana jeng.. :p

    ReplyDelete
  40. komenku kug ga keluar yah?
    Haha, ternyata masih ada orang yang meminta ke orang yang sudah meninggal

    ReplyDelete
  41. @ Nea : Makasih ya kunjungannya, pujiannya juga. Foto asal itu mah, maksa banget dah pokoknya :)

    @ Dhikta : coba ngebacanya tu yang teliti Dik, kan ada itu keterangan kalau makamnya terletak di belakang Masjid :)

    ReplyDelete
  42. @ Gaphe : Iya Phe, sorry ndak bawa oleh-oleh, dompet lagi kempes :p
    Skalian aja kamu tidur di sana kalau gitu :p
    Ahaha, gratisan ke sini? tak bantu dengan do'a ae wis :)

    @ Boku : Yang bener nih? Miring gitu lho hasil jepretanku :p

    @ Mbak Ami : enakan kan diceritain panjang gini mbak, jadi yang baca juga ngrasain jalan-jalannya dan pada nanya juga :)

    ReplyDelete
  43. @ obat sakel : sayangnya ndak bawa oleh-oleh :p

    @ Kang Epul : ya masa mau ditolak Kang, kebetulan juga ndak jadi kan ngerjain tugasnya :)

    @ Rawins : sepertinya bagus, saya belom pernah sih malem ke sana :)

    ReplyDelete
  44. @ Endar : betul, tapi saya belom liat-liat pesantrennya :)

    @ Mas Odjie : sama-sama mas, asline Kalimantan ya sampean ini?

    @ bisnis : salam balik mas, ke sini aja :)

    @ Mbak Narti : Hhehe, ke sinio mbak. Nanti saya temenin jalan-jalan. Fotonya bagus ya? padahal miring gitu, namanya juga sambil diboncengin...kurang perfect lah :)

    ReplyDelete
  45. @ mbak Elsa : ya di tokonya lah mbak, makanya ayo jalan-jalan ke Banjar deh. Dija diajak juga ya, kalo ke sini :)

    @ Mr : Fotonya Mr. maklumlah saya ngambilnya sambil diboncengin naek motor itu, getir juga :)

    @ Aina : Supaya sopan kali mbak, nutup aurat.

    ReplyDelete
  46. @ John : baca lagi gih tulisan di atas :p
    Betul, ndak boleh didua tempat tadi. Lawong makamnya aja di belakang Masjid lho John ...

    @ kira : ndak ada oleh-oleh :p

    @ afadin : jalan-jalan ke sini aja :)

    @ Yen : aku sudah pernah, ya cerita ini tok Yen. Sebelumnya juga nggak pernah, oleh-olehnya kesel :p

    @ John : ahahah, muncul kok. belom di iyakan aja :p
    Maksudmu apa John? Siapa yang minta-minta?

    ReplyDelete
  47. Wah, bingung juga nih mau komen apa. Intinya sih aku setuju aja ama john, soalnya secara gak langsung, kalau kita sholat disana, kan kita sholat di makam juga kan.
    Agak heran juga yg masalah foto itu.
    oiya, masalah yang pakai kain tapih, apa diharusin buat orang2 yang ngunjungin makamnya?
    salam kenal.

    ReplyDelete
  48. @ Adryan : coba kalian ini yang teliti dong ngebaca tulisan di atas. Makamnya itu terletak di belakang Masjid, bukan di dalamnya...posisinya tuh gini, pas memasuki halaman masjidnya, kita masuk ni...sandal atau sepatu ditaruh di tempat sendal/sepatu di samping dinding masjid. Nah, kalo cewek sholatnya di depan tempat wudhu cewek gitu, di sebuah ruangan, lantai atas, kita naik tangga dulu.

    sementara cowok sholatnya ya di dalam masjidnya....rada berjarak ama bangunan lantai atas tempat cwek sholat tadi (bangunannya pisah).

    makamnya sendiri di belakang masjid, kita ke sananya memasuki sebuah ruangan gitu. kerasaan banget religiusnya dari bangunan ama kayu penyekat ruangan tempat cewek maupun cwoknya (dipisah).
    kenapa jadi cewek pakai tapih?ini diharuskan untuk cewek yang datang ke makam tidak memakai rok panjang atau baju gamis namun memakai celana panjang ketat gitu. Mungkin dimaksudkan agar lebih sopan dan menghormati yang ada di makam itu sendiri.

    ReplyDelete
  49. Aku nangkep sih maksudnya john kurang lebih kyk gimana. 'ritual' yang kembang2, terus 'ngirim' doa, ayat kursi, dsb buat orang yang ada di makam itu.

    ReplyDelete
  50. @ Adryan : ritual?apakah itu disebut ritual ya?Hmmm, maaf saya tidak sependapat sama kamu kalau itu disebut ritual. Namanya ziarah kubur itu, sperti saat kamu berkunjung ke makam untuk mendo'akan yang bersangkutan dengan mengirimkan Al-Fatihah atau Yasin. Kenapa kamu bilang ritual? kalau masalah kembang tadi, perkiraan saya, kan yang mau nyekar ndak bisa masuk ek dalam makam, lawong makamnya di pagarin, jadi ya kembangnya ditaruh di kotak persegi-panjang seperti yang sudah saya jelaskan di atas itu lho...kamu nggak pernah nyekar dikuburan pas ada yang meninggal? misalnya saja nenek atau kakek yang lebih dulu dipanggil-Nya...ibaratnya seperti itu lho, cuman bedanya kan beliau Abah Guru, Guru Sekumpul yang sangat disegani di Banjarmasin dan sekitarnya :)

    ReplyDelete
  51. intinya kalo ada ritual sama saja tidak boleh jeng

    ReplyDelete
  52. @ John : sek John, maksudmu ritual opo tho? kalo aku ada salah tulis atau salah menanggapi, aku minta maaf.

    aku ndak ngeh lek nyekar trus ngirimi do'a iku disebut ritual...

    ReplyDelete

Please give your comments in writing ...