Wednesday, July 1, 2015

Resep Ibu: Kakap Besantan

Kakap Besantan (dokumentasi pribadi)

Bahan:
Ikan Kakap 2 ekor
Santan kelapa 1 mangkuk
Gula
Garam
Cabe rawit 15 biji
Daun salam 3 lembar
Bawang merah 10 buah
Bawang putih 7 buah
Kunyit 1 ruas jari
Terasi sedikit
Air

Cara memasak:
  1. Cuci bersih ikan Kakap yang sudah disiangi, lalu goreng sampai kecoklatan.
  2. Uleg bumbu berikut agar lebih enak yakni: bwang putih dan merah, cabe rawit, kunyit, gula, terasi serta garam.
  3. Tumis bumbu tadi dan daun salam di wajan sampai harum kemudian tuangkan dua gelas air dan masukkan ikan Kakap yang sudah digoreng. Biarkan selama 10 menit.
  4. Tuangkan santan kental ke wajan, aduk agar merata. Tunggu jangan sampai santannya pecah sambil terus diaduk.
  5. Sajikan dengan nasi hangat.

#SELAMAT MENIKMATI#

19 comments:

  1. Ajeng.. ajeng... Blogmu bentuknya aneh sekali sekarang.. Aku kayak merasa aneh gitu membukanya.. Hehe.. Overall.. Kenapa tulisanmu resep2 melulu? Aku kan enggak masak.. Hahaha.. Keep posting!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah aq ganti Fuz templatenya. Padahal aq suka template yg kmrn cmn blm sempat ngerapiin aja.

      Btw knp resep trs, soalnya aku pgn nerbitin buku! resep2 ibuku :-P

      Delete
  2. entar mau coba masak menu ini buat buka puasa :)

    ReplyDelete
  3. Ajengggg....baru lihat foto wisudamu,,Cantiknyah :*
    Kakap bersantan nih agak mirip2 sama mangut ya bumbunya, jeng..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan? Aq g ad ngpost d blog. Makasih ..kamu jg cantik :-*

      mangut apa ya Dev? Baru denger..

      Delete
    2. Oh iya ya...mirip mangut tapi kalo mangut kan ikan bakar... yg ini digoreng

      Delete
  4. Gara gara kelamaan di sini, aku kok jadi anti sama ikan dan ayam ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya menu di kantin/rmh mkn bagi perantauan klo g ikan ya ayam Om. Itu jg kdg ccok2an bumbu. Makanya Njenegan waleh..


      Kasinggihan mboten..

      Delete
    2. Ternyata juga, 5 tahun disini belum cukup untuk mengakrabkan pasukan cacing dengan beras banjar. mending puasa ketimbang sakit perut, hihi

      Delete
    3. Loh jd smpe 5 thn msh ndak ccok sego banjar Om. Alhamdulillah kulo ccok sego banjar kh jawi kh Om..

      Berarti Njenengan niki pilih2 nggih Om.

      Delete
  5. Hhmmm.... enaaak.,..... suka bumbu yang banyak ya. aku kalo masak bumbunya irit.

    ReplyDelete
  6. hmmm maknyus pastinya apalagi pakai terasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Lidya, ibu sata klo ngasih resep belakangan ini pst pakai terasi..

      Delete
  7. Saya ucapkan terima kasih informasinya, semoga informasi yang Anda berikan bisa menjadi infomrasi yang bermanfaat dunia dan akhirat

    ReplyDelete

Please give your comments in writing ...