Thursday, April 2, 2015

Sekilas: Salah Satu Pengusaha Favorit Saya

Chairil Tanjung, lahir di Jakarta 16 Juni 1962-adalah salah satu nama pengusaha favorit saya. Beliau dikenal sebagai pendiri sekaligus CEO dari CT Corp. yang sebelumnya bernama Para Grup. Awal mula kenapa beliau terpilih sebagai salah satu pengusaha favorit saya adalah semenjak saya menyaksikan salah satu program di stasiun televisi (Trans7) beliau yang pada saat itu mengundang putri beliau, Putri Indah Sari. Waktu itu putri beliau menuturkan bagaimana sosok seorang Chairil Tanjung di rumah dalam mendidik anak-anaknya dan peran beliau sebagai seorang bapak tentunya. Dari penuturan putri beliau inilah saya menjadi tahu bahwa pengusaha sesukses beliau pun tetap tampil sederhana di rumah (wah, saya semakin kagum).


Saya pikir ketika seseorang sukses terlebih lagi menjadi pengusaha yang mempunyai kekayaan berlimpah akan hidup bermewah-mewah dalam kesehariannya. Ternyata tidak, saya salah besar. Chairil Tanjung tidak mengajarkan "hidup mewah" pada putrinya, Putri Indah Sari. Hal ini terbukti ketika Putri Indah Sari harus mencari sponsor dan memulai bisnisnya sendiri tanpa bantuan uang sepeser pun dari Chairil Tanjung. Dan Putri mampu melakukannya. Kekaguman saya pun semakin bertambah pada pengusaha yang satu ini. Tidak hanya sukses sebagai pengusaha kaya tapi beliau juga sukses dalam perannya menjadi bapak (patut dicontoh, bukan?).

Bagi Chairil Tanjung yang penting dalam sebuah bisnis itu adalah mengembangkan jaringan atau networking , tidak hanya berteman dengan perusahaan yang sudah ternama karena penting juga untuk membuka hubungan baik sekalipun dengan perusahaan yang belum ternama bahkan Chairil Tanjung menggambarkan hubungan baik dengan dengan pengantar surat sekalipun adalah hal yang penting, jika perusahaan sepi order maka relasi seperti ini bisa dimanfaatkan untuk membuka order lagi.

Banyak motivasi yang kita dapat dari kisah sukses Chairil Tanjung. Saya tahu, kesuksesan itu tidak ada yang instan. Sama seperti ketika kita masih belajar membaca. Ada proses, dilihat niat dan kemauannya. Bagaimana dengan sobat nguleg sendiri? Siapa pengusaha favorit kalian?



*sumber

5 comments:

  1. CT merupakan sosok yang saya kagumi, terima kasih postingannya :) keren dan menambah wawasan

    Terima kasih sudah ikut Chandra Iman Giveaway #1 :)

    ReplyDelete
  2. Memang inspiratif banget beliau ini.
    Dulu juga aku pengen jadi pengusaha tapi belakangan ini entah kenapa mau jadi dosen biasa aja hihi

    ReplyDelete
  3. Setuju sekali, gak ada yang instan. Kalau mau sesuatu harus diperjuangkan ;)

    ReplyDelete

Please give your comments in writing ...