Tuesday, June 18, 2013

Ayam Suwir Bumbu Rujak

Maaf belepotan fotonya >.<
     

     Pernah nonton acara "Warna" di Trans 7? Nah, kalau kalian kemarin ( 17 Juni 2013) nonton pasti udah duluan tahu menu ini-sebelum saya post tentunya ;) Ayam suwir bumbu rujak, bumbunya kurang-lebih aja sama masakan-masakan yang sebelumnya saya posting. Ajaib ya, ah kebetulan aja kok.

      Jadi resep masaknya gini lho: 
  1. Setelah daging ayam yang sudah dicuci bersih atus, panaskan minyak goreng-lalu goreng daging ayamnya sampai kekuning-kuningan. (Note: supaya nggak amis, saran yang masak di acara "Warna" sih kasih air perasan jeruk nipis. Kalau yang saya masak di atas tanpa air jeruk nipis-dan kebukti nggak amis-mungkin jenis ayamnya "dia" ayam kampung makanya amis)
  2. Sambil menunggu, haluskan bawang merah, bawang putih, lombok rawit, gula merah, garam, kemiri yang udah disangrai. (Note: saya nggak pakai gula merah, tadi pakai gula putih saja-karena lupa beli padahal udah 2 kali bolak-balik ke toko -______-")
  3. Setelah ayam yang digoreng dingin, suwir-suwir dagingnya pakai garpu. Dikira-kira aja nggak usah terlalu lembut suwirannya.
  4. Panaskan sedikit minyak goreng, lalu masukkan 2 batang serai, 2 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk purut-setelah itu masukkan bumbu yang dihaluskan tadi, gongso sampai harum kemudian tuangkan sedikit santan dan aduk-aduk sampai rata.
  5. Tuangkan juga air asam kamal sebagai pengganti tomat-kata yang masak di "Warna" sih. (Note: saya nggak pakai air asam kamal tadi, lupa beli juga)
  6. Masukkan suwiran daging ayam, serta tambahkan santan sedikit. Tunggu sampai kuahnya agak kering, lalu sajikan.

      Kali ini resep saya banyak minusnya ya, nggak ada air asam kamal, air jeruk nipis, dan gula merah. Meskipun demikian, rasanya tetep enak kok. Hampir mirip gulai ayam menurutku-bedanya cuman daging ayamnya bebas tulang. Saran saya sih jangan keseringan masak-masak "berat" kayak gini. Karena kita kan harus menjaga kesehatan jantung kita. Jadi, buat sobat nguleg, mulai sekarang ayo hidup sehat. Makanlah makanan yang sehat, halal tentunya serta istirahatlah yang cukup. Hindari stres yaa :)

11 comments:

  1. ini orang ga pernah nongol tiap nongol bikin kerusuhan. ayamnya mauuuuu....

    ReplyDelete
  2. kalo gini pasti rasanya segar. bisa kebayang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sekali engga', ini pake santen jd bayangin aja

      Delete
  3. @Yenny: maaf, komenmu ilang Yen :( perasaan udah tak publish-mngkin aku salah klik kali ya :(

    ReplyDelete
  4. wah bisa dicoba nie dari namanya yang unik memberi gaya terseniri saat mau mencobanya

    ReplyDelete
  5. Sekali2 posting soto banjar dong. Hehe

    ReplyDelete

Please give your comments in writing ...