Friday, May 3, 2013

Nasi Goreng


Sebenarnya ini bukan kali pertama saya memasak nasi goreng. Tapi, sebelum-sebelumnya emang nggak seenak yang saya masak pagi tadi. Resepnya sederhana: ada sedikit terasi, lombok rawit, bawang merah, bawang putih dan garam. Seperti biasa semua bumbu diuleg dulu baru kemudian ditumis dengan sedikit minyak goreng. Lalu masukkan nasi dan aduk-aduk sampai bumbunya rata. Tambahkan sedikit kecap atau saus agar warnanya tidak pucat. Sebagai lauknya kalian bisa mendadar telur ayam atau menggoreng daging ayamnya juga boleh. Sebagai pemanis, bisa kalian tambahkan potongan mentimun.

Seiring dengan kemajuan teknologi, beragam menu nasi goreng pun juga ikut berkembang. Tidak percaya? Googling saja. Kalau kebanyakan menu nasi goreng murah meriah yang dijual mentoknya cuma nasi goreng biasa trus dikasih lauk telur ceplok dengan bumbu yang tidak diuleg-berbeda dengan menu nasi goreng di Resto atau Rumah makan yang harganya cukup mahal-mereka berkreasi dengan menambahkan seafood, strawberry dan lain sebagainya. Jadi, nasi goreng yang bagaimanakah yang sobat nguleg suka?

36 comments:

  1. klo aku biasanya pake ebi, lagian Iska juga gk gitu suka terasi
    aneh kali yah nasgor pake stoberi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ebi, perlu dicoba neh..aku blm prnah. aku yg ngajarin kan ibu q, dikasih trasi gitu :D

      tapi keknya enak deh En yg pake stroberi, aku aja pengen tapi di sini belum ada. kecuali kita inisiatif bikin sendiri :D

      Delete
    2. wekeke, jd pngen nyoba bikin tp di pasar dkt rmh gak ada stoberi, adanya nanas :D

      Delete
    3. itu mbak Meutia pake nanas nasgornya, ayo siapa ni diantara kita yg bakal nyoba bikin :D

      Delete
  2. ah elah porsinya kui lho bu...
    kada kanyang atuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. lek kewareg'en ntar sakit perut loh om...itu pas versi saya, malah kebanyakan :D

      Delete
  3. makanan kering dan di goreng, saya nggak begitu suka mbak Ajeng. Soalnya saya penggemar lalapan mentah + iwak asin plus + sambel terasi bikinan sendiri.
    Beda dengan istri dan anak-anak yang penggemar nasi goreng dengan rasa "sumer" antara pedas dan manis, sedangkan campurannya terserah apa saja boleh

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kulupan suka, tapi akhir2 ini memang mepet terus masaknya pak...jd suka yg cepet2 aja dimasak, bs jd malah ga masak saya ntar

      Delete
  4. Aku suka nasi goreng seafood. Kalau pakai stroberi, kayaknya aneh hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. aneh karena belum terbiasa, bisa jadi kalau sudah nyobain n terbiasa jadi suka n ga aneh loh. halah, aku sendiri jg blm nyobain >.<

      Delete
  5. aku suka nasi goreng yang pedas...hehehheee

    ReplyDelete
  6. haduwh laper... kalo nasi goreng pake nenas jg enak loh.. cobain deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. resepnya sama kah mbak? tinggal ditambahin nanas aja kah?

      Delete
  7. Dulu di depan rumahku pernah ada orang jawa timur yang nyewa tempat terus buka warung makan. Dia jual nasi goreng dan enaaak banget, aromanya terutama. Tapi aku ga tahu dia bikinnya kaya gimana -_-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh emang dapurnya terpisah? biasanya kita bisa liat kalo yg jualan pake gerobak, kalau warung sih ya jrg keliatan proses masaknya-trgantung setting warungnya jg sih.

      menurutku resep nasi goreng2 enak itu bumbunya ga ada yg diuleg, mereka pake bumbu cair ama bubuk juga dan aku penasaran #seandainya aku tau itu apaan >.<

      Delete
  8. aih, lucunya, bentuk lope lope gitu, hehehe :)

    ReplyDelete
  9. waah bikin laper nih postingannya..oia kira2 kalaunasi goreng bikinnya dari nasi jagung, atau nasi tiwul bisa gak ya,hehe ;p

    oia aku ada blog baru mampir ke EPICENTRUM
    ya barangkali berminat blogwalking,,makasih :)

    ReplyDelete
  10. Hmmm...aku salah satu penyuka nasi goreng, paling suka nasi goreng ati ampela...maknyusss

    ReplyDelete
  11. aku lebih suka nasi goreng apel :D

    ReplyDelete
  12. seems delicious, i've got an idea, gimana kalau makan nasi goreng saja ya untuk sarapan pagi ini hihi :) thanks for the nice pict, bikin ngilerr :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. u r welcome Naura, so-did u really make it for ur breakfast Yesterday?

      Delete

Please give your comments in writing ...