Thursday, September 8, 2011

Paulo Coelho

Huaaah, akhirnya! Setelah sekian minggu-bulan buku ini ngangkrak di rak, tadi malem rampung juga sampai cerita berakhir. Dah pada tahu kan siapa itu Paulo Coelho?! Itu lho... yang lebih dikenal sebagai penulis buku The Alchemist. Nah kalau kemarin-kemarin Huda Tula sempat posting beberapa kalimat yang ada di buku ini. Giliran saya buat ngereview novel di samping ala saya ya!

Novel dengan judul The Winner Stands Alone (Sang Pemenang Berdiri Sendirian) ini cukup membuat saya bosan di awal-awal cerita. Kalau dibilang berat sih nggak, cuman alur ceritanya itu yang buat mata mengantuk. Cukup lama waktu yang saya butuhkan untuk melahap habis cerita di novel ini-karena apa?! Ya karena alur ceritanya tadi (mundur-maju terus maju-mundur gitu). Jadi kali ini saya tidak begitu merekomendasikan buku ini ke kalian, namun kalian bisa membelinya jika tertarik :p

Dari 472 halaman yang ada di novel ini, terus terang tidak ada halaman favorit saya-yah barangkali bisa saya temukan quote menarik di sana, nyatanya nggak ada. Semakin ke belakang halaman buku-cerita berkisar pada tindakan-tindakan sinting yang dilakukan Igor untuk mengirimkan sebuh pesan ke Ewa. Lalu, siapa sih Igor? Dan siapa pula Ewa? Cerita ringkasnya tuh begini sodara-sodara, Ewa ini adalah mantan istrinya Igor. Igor di sini adalah seseorang yang memang kaya raya dan memiliki salah satu perusahaan ponsel terbesar di Rusia. Perpisahan mereka sedikit kurang menyenangkan bagi keduanya. Karena saat itu Ewa mulai sadar kalau Igor telah membunuh seseorang-tepatnya pengemis yang diusirnya ketika Ewa dan Igor sedang menghadiri sebuah acara (pas lagi makan terus pengemisnya tuh minta-minta gitu).
Setelah berpisah dengan Igor, Ewa menikah dengan Hamid-seorang pengusaha sukses. Dengan Hamid pun Ewa tidak merasa bahagia, karena masih merasa takut akan bayang-bayang Igor mantan suaminya dulu. Ketakutannya pun terbukti setelah sms dari Igor dia terima dengan pesan misterius yang mengabarkan setiap orang yang telah dibunuh oleh Igor tadi. Singkat cerita, mereka bertiga (Igor, Ewa dan Hamid) bertemu di Festival Cannes. Di sini Igor membunuh Ewa serta Hamid dan beruntungnya Gabriela tetap hidup. Penasaran siapa Gabriela?! Baca deh bukunya... hehe :D


Tokoh yang paling seram di buku ini ya Igor tadi. Dia merupakan tokoh yang cerdik, terlatih, cerdas, kaya, tanpa keraguan, sedikit belas kasih, pendendam mungkin dan seram. Gimana nggak seram-Igor sudah membunuh beberapa orang hanya untuk mengirim pesan ke Ewa. Baik hanya dengan gerakan tangan (memutus urat nadi), amplop berisi hidrogen sianida sangat tinggi, dengan jarum dan supressor yang disambungkan ke moncong Beretta. Cara dia membunuh di novel ini sangat unik, menurut saya. Pokoknya selalu tak terduga dan nggak biasa tapi simpel serta praktis. Buktinya polisi aja susah nangkep si Igor :p Di novel ini juga digambarkan kehidupan glamour para aktris, kaum bangsawan, designer maupun pengusaha kaya raya, model-model serta konflik-konflik kecil yang kerap terjadi pada mereka semua.

Mengerikan memang-hanya untuk seseorang yang pernah bersamanya (Ewa), Igor rela menghancurkan dunia (membunuh beberapa orang yang tak bersalah dan tak tahu-menahu). Dan anehnya lagi, entah Igor berhalusinasi atau mimpi-dia bertemu dengan gadis yang pernah dibunuhnya lalu si gadis berterima kasih kepadanya. Hal ini justru membuat Igor semakin yakin kalau orang-oarng yang telah dibunuhnya justru senang dan tidak akan merasakan penderitaan lagi. Gimana menurut kalian?! Cukup sinting bukan?!

39 comments:

  1. Baca reviewnya udah cukup mba, aku gak betah baca novel.

    ReplyDelete
  2. @Nuel: benerrr, dia emnag Psikopat kata si Ewanya :D

    @Mbak Narti: haha, ni novel bikin mata cepet ngantuk mbak :p

    ReplyDelete
  3. Saya punya satu novel Coelho, saya lupa judulnya, yang pasti ceritanya tentang seorang wanita biasa yang karena ditipu agen model ia akhirnya menjadi pelacur.
    Saya gak sampe selesai bacanya, karena keburu dipinjam temen. Tapi... novel karangan beliau bukan selera saya. ^^

    ReplyDelete
  4. Asop: yah kalau favorit sih bukan juga favorit saya buku2 Paulo. saya lebih suka yang fiksi ada humornya gitu jadi nggak ngebosenin

    ReplyDelete
  5. kayaknya mengerikan >.<

    pengen beliiiii :D

    ReplyDelete
  6. the alchemist gue pernah baca. udah lama juga ya.. dan tidak menarik menurut gue. ghehehe...

    tapi buku yang sekarang kayaknya boleh juga dibaca. lagi latihan jadi pembunuh soalnya. buahahahaha

    ReplyDelete
  7. Call me Batz: hhe, salam kenal juga.

    Chika: nggak terlalu horor sih Chik, kalau dibaca. saking lihainya si Igor :)

    Mbak vheyta: ya nggak terlalu sih mbak,

    Raja: waa, aku malah belom pernah yang buku itu. jadi pembunuh cinta ya Ja? hha :p

    ReplyDelete
  8. Kayaknya pembunuh berantai memang sakit jiwa... belum ngerasain mati aja gitu... kayak Igor. itu seperti perfect crime, kejahatan yang tidak terbukti. kebanggaan karena berteman dengan iblis....

    ReplyDelete
  9. Mbak Ami: Perfect crime, film ya mbak? wah saya nggak tau. si Igornya nganut iblis sih nggak soale dia beragama-mungkin sakit jiwa iya

    ReplyDelete
  10. aku suka tulisan2 Paulo Coelho... karena nggak ngebosenin... karena jg qta dipaksa ikut mikir... krn ya itu... alur ceritanya agak rumit, kadang sebuah cerita hanya merupakan analog dr sebuah episode kehidupan ya... *halah kalimatku udah kayak pengamat sastra gak jelas* hehehe...

    ReplyDelete
  11. hhh kaget ada nama baru masuk ke rumah eh ternyata Njenegan to

    kalo ngomong novel, saya sudah lama ndak pernah nyentuh novel mungkin lebih dari 20 tahun

    ReplyDelete
  12. Mbak Thia: bener juga kata mbak, rumit. saya lebih suka yang ada humornya sih mbak, meskipun buku Paulo juga bikin penasaran :)

    ReplyDelete
  13. Pak Sis: haduhhhhh bapaaaaaaaak >.< kok dipanggil njenengan tho. lawong saya belum pantes dipanggil gitu, tapi saya penasaran nih sama buku2nya pak Sis :)

    ReplyDelete
  14. oh tidak kisah pembunuhan lagi..tapi aku belum permah baca karya si Paul ini.

    ReplyDelete
  15. wah, ini kan penulis favoritnya huda tula. :D

    ReplyDelete
  16. Wah, serem juga isinya... jadi gak minat baca hehehe. Kebayang gimana tegangnya aku kalau baca novel itu. But, reviewnya menarik dan bagus banget lho :)

    ReplyDelete
  17. Mbak Fanny: saya ragu sampean suka buku2 beliau mbak :D

    Yus: hhe, iya kali :p

    Mbak Reni: makasih banyak mbak, tegang sih ndak kok mbak. yang ada ya ngantuk... ngereview buku memang menyenangkan :)

    ReplyDelete
  18. duuhh, aku sih gak berani baca buku yg spt ini..hehe..karena kadang jadi kebawa mimpi >_<

    ReplyDelete
  19. Asyik bisa baca review nya he8...kalo suruh baca pasti ketiduran dech ^_^

    ReplyDelete
  20. kayaknya buku Paulo Coelho, selain yg alchemist berat banget yaaaah.. bikin ngantuk hahahaa.. ada bbrp buku Paulo Coelho yang ga kuat aku baca sampe habis gara2 bosen banget. *maap ya Mbah Paulo* >_<

    ReplyDelete
  21. Mbak Enny: wahhhhh, jgn takut duluan mbak. nuansa pas ngebaca nggak serem banget malahan, kalo boring sedikit...

    Mbak Amy: hehe, tergantung yang baca sih mbak, suka apa ndak :D

    Mbak Mila: ahhhh, saya belom baca yang d'alchemistnya. makin penasaran neh mbak, hahaha iye deh dimaapin sama beliaunya :p

    Mbak Lidya: Orin, wah saya belom tahu neh...siapa ya mbak?

    ReplyDelete
  22. 472 halaman...???
    denger itunya aja dah mumet jeng
    hehehe...

    ReplyDelete
  23. waahhh ada rekomendasi novel lagi nih.. tp skrang aku mw ngurangin bca novel dulu,, mw bnyakin baca jurnal.. hhaha..

    btw jeng pinjem dong bukunya ntar, jd ga usah beli,, Hhhaa

    ReplyDelete
  24. Om Rawins: wahaha, jadi Om suka baca buku apa? Om kan nyeni :D

    Tito: aku juga pengen deh baca2 jurnal :D

    ReplyDelete
  25. bukunya kirimin ke aku dong :D

    kalau serius PM aku di FB yah :D

    ReplyDelete
  26. woa!! this is my favorite case of novels..jadi pengen baca :)

    ReplyDelete
  27. bukan tipe bacaan saya sih yang begini.. :P tapi jd penasaran juga baca review nya -__- hadeeh

    ReplyDelete
  28. r1o: hha, pinjem aja di perpus Yo. coz ni buku punya mbakku :p

    Dita: buy it, if u want ^^

    Enno: ya gpp baca aja reviewnya :p

    ReplyDelete
  29. hahha, buku yang satu ini memang membosankan... tapi selamat deh, bsia khatam. btw, mohon maaf lahir bathin yak.. :))

    ReplyDelete
  30. Tula: huaaaaaaaaaaaa, ke mana aje? kangen :p
    iya sama2 ya Hud, maap lahir batin juga ^^!!

    ReplyDelete
  31. Wadaw, parah.. hampir gak ada pesan moralnya ya.. >.<'

    ReplyDelete
  32. Om Adam: ya, sebenarnya kalau dipikir2 sih ada Om. Misal kita nggak sekedar baca buku ini, bukankah membunuh merugikan? logikanya :D

    ReplyDelete
  33. wkakakak..manggilnya jadi "om" :D

    beuh, nDhuk.. gak baca novel ini juga kita tau, mbunuh itu gak bagus n gak bener..

    tapi.. kegiatan membaca jauh lebih baik daripada tidak membaca.. ya, sih..paling gak kita bisa belajar teknik2 penceritaan dari situ.. :)

    ReplyDelete
  34. Om Adam: daripada saya panggil mbah, hayo pilih mana Om? atau saya panggil paklik aja? hehe :D
    Nah itu dia, Om sendiri lebih tahu neh. Novel ini juga bukan saya yang beli, punya mbak saya gitu. Kalo nggak dibaca penasaran, setelah dibaca ngantuk...yah gitu lah Om :D

    ReplyDelete

Please give your comments in writing ...