Thursday, July 21, 2011

Suit Sepentin Djangan Pakies

Djangan Pakies's Family

Melihat foto keluarga pak Siswandoyo di atas, saya jadi senyum-senyum sendiri. Seperti apa ya nanti keluarga kecil saya. Hehe, belum apa-apa dah mikir ke sana :D
Yang pasti, semoga di ulang tahun pernikahan pak Siswandoyo (Djangan Pakies) yang ke Tujuh belas tanggal 27 Juli  nanti-beliau dan keluarga bisa berkumpul. Barangkali ada kesalahan-kesalahan di masa lalu, ya semoga sekarang tidak terulang lagi (saling memaafkan satu sama lain). Sama-sama instropeksi diri, tidak egois serta saling melengkapi (intinya). Saya tidak akan menyinggung hal-hal yang berkaitan dengan pernikahan lebih panjang lagi. Karena saya sendiri belum menikah. Terlebih lagi saya ini masih mahasiswi yang belum tamat kuliah. Jadi masih perlu belajar. Dari keluarga, lingkungan, buku,  juga belajar dari pak Siswandoyo dan keluarga tentunya.

Sebagai seorang anak perempuan dengan jabatan mahasiswi, tentu saja saya memiliki kewajiban. Kalau di rumah (anak perempuan), saya mendapat tugas membersihkan rumah dan bantu-bantu ibu saya masak di dapur. Itu sih tepatnya dulu, sewaktu ibu masih tinggal bersama kami (saya dan mas Agung) di rumah. Sekarang kan ibu saya nemenin mbak saya di Yogya, otomatis semua pekerjaan rumah yang pegang saya. Ya masak, nyuci (baju saya sendiri), nyapu rumah dan lain sebagainya. Karena kakak laki-laki (mas) saya yang nomer 3 sudah berkeluarga (menikah), pekerjaan di rumah sedikit nyantai. Kadang saya kan ditinggal di rumah sendiri (paling sering di rumah), jadi rasanya tuh ya kayak anak kostan. Apa-apa nyari sendiri, masak sendiri, makan sendiri, kerja sendiri :D

Sementara di kampus (kuliah) sebagai mahasiswi tugas saya ya belajar. Kan nggak nyambung juga kalau di kampus saya nyuci :p
Jadi gimana sih Jeng caramu nyeimbangin kewajiban yang di rumah, di kuliah dengan aktivitas di blogsphere? Yang diduluin yang mana Jeng? Apa ngeblog dulu trus masak trus belajar? Atau belajar, trus lapar baru masak dan ngeblognya belakangan?! Hmm, saya sendiri nggak punya patokan harus yang ini atau yang itu dulu. Lah kita semua juga pada tahu kali, kalau kewajibanlah yang lebih dulu diutamakan. 

Maka dari itu, kalau urusan ngeblog ya sebisanya aja. Saya sih kapan aja bisa ngeblog sebenernya , kecuali di jam-jam kuliah dan jam-jam tertentu (waktu sembahyang, waktu makan dan waktu-waktu lainnya). Malah kadang-kadang itu ya, seharian ngeblog masih kurang. Masih aja ada beberapa postingan teman blogger yang belum sempat saya baca. Dulu itu, hal-hal kayak gini saya jadikan sebuah keharusan. Harus mampir, harus komen, harus baca, harus selesai dan sebagainya. Tapi, bener juga yang dibilang mbak Narti-ngeblognya dibawa santai aja, nggak usah ngerasa terbebani. 

Oleh karena itu, sekarang dah bisa milih-milih waktu yang tepat kapan buat belajar, kapan buat keluarga, kapan buat ibadah dan kapan buat blogsphere. Mentang-mentang udah nemuin keasyikan di dunia maya (blog) jadi lupa tuh ama keluarga. Nggak dong ya. Jauh dari beberapa anggota keluarga saya justru membuat saya semakin rindu kepada mereka-ibu, bapak, mas dan mbak saya. Waktu ngumpul bareng justru seperti waktu yang sangat langka. Makanya kalau bisa ngumpul semua, aktivitas blogsphere otomatis di lain hari dulu. Bukan berarti pas mereka dekat dengan saya, trus saya nggak rindu loh ya. Cuman rasanya tuh beda, kalau udah ditinggalin nih. Kangennya itu nempel. Walaaaaaah, ini saya kok jadi curhat ya?! Aduh, pak Sis..ngapunten nggih. Mugi-mugi Njenengan ngertos maksutipun nopo.

Nah dari semua aktivitas saya tadi, kewajiban yang paling utamalah yang saya laksanakan meskipun silaturrahmi di blogsphere juga penting. Alangkah bagusnya kalau kewajiban yang utama dulu, baru deh kita bisa ngelanjutin silaturrahmi ke blog teman-teman. Ada kesenangan tersendiri di blogsphere yang selama ini saya rasakan. Selain informasi tentang hal-hal baru bisa kita dapatkan, tali silaturrahmi sesama blogger juga terus terjalin dengan catatan tidak menggangu aktivitas utama kita di dunia nyata. Tuh kan tetep, prioritas utamanya tentu yang di dunia nyata. Sekian dulu deh, jangan lupa ya diniatkan buat ibadah supaya lebih mudah ngejalaninnya. Ajeng pamit, assalamu'alaikum ^_^




Oh iya, buat teman-teman yang belum silaturrahmi ke blognya pak Siswandoyo (Djangan Pakies), bisa klik banner di atas. Siapa tahu ada yang mau berbagi tips atau uneg-uneg setengah curcol seperti saya  ...

24 comments:

  1. Lebih enak kalau ngeblognya nyantai kan mba? jadi tidak terbebani dan bisa menikmati. Kewajiban di dunia nyata itu lebih penting.
    Kecuali kalau ngeblognya itu udah dijadikan sebagai pekerjaan, jadi mau gak mau harus ngeblog untuk nyari $$.

    semoga memang giveawaynya mba!

    ReplyDelete
  2. Pertama saya ucapakan semoga sukses diacaranya Ust. Ies,,memang benar Mbak ngeblog dibuat santai aja Mbak yang penting urusan dunia Nyata terlesaikan selebihnya terserah deh hehehe

    ReplyDelete
  3. @Mbak Narti: Amin, makasih banyak mbak. Ini berkat saran sampean juga sama niat saya. Iya tentu dong mbak, kalau udak jadi kerjaan kan persennya lebih banyak ^^

    ReplyDelete
  4. @Kang Sofyan: amin, makasih ya Kang. Saya suka pendapate sampean ^^

    ReplyDelete
  5. hehee.. klo buat saya nge-blog itu buat resfreshing & melarikan diri sejenak dari kenyataan hidup hahahaa.....

    ReplyDelete
  6. hmm... ternyata rajin dan pinter masak ya mbak..hehe..
    semoga bisa menang dalam suit sepentinnya Kang Pakies, Mbak.. :)

    Salam

    ReplyDelete
  7. @Mila: wahaha, kalo saya mah nggak bisa jauh2 larinya mbak. Ngeblog ya itu tadi, sebisanya ^^

    @Sukadi: baru belajar kok, amin. Makasih mas, salam juga ^^

    ReplyDelete
  8. yah mestinya mmg gitu neng,,,kewajiban utama dulu br yg secondary..

    blog bagi sy juga masih selain primary,,,,

    ReplyDelete
  9. @Dhymalk: Iya, bagus deh kalau ngerti maksud saya.

    ReplyDelete
  10. kalo nanti dah berkeluarga, punya suami dan punya anak, tapi masih tetep bisa ngeblog...salut bener saya deh :)

    gudlak sama giveawaynya ya mbak :)

    ReplyDelete
  11. ngeblog dengan hati..hehehe..santai dan mengesankan, tapi tak meninggalkan kewajiban
    setuju sm postingan di atas :)

    ReplyDelete
  12. bener, kalo mau diikutin bisa gak ngapa2in. ngeblog mulu, tapi kan harus pinter bagi wkt antara dunia nyata dan dunia maya

    ReplyDelete
  13. Assalamu'alaikum Mbak Ajeng
    Alhamdulillah, terimakasih atas partisipasinya. semoga bermanfaat bagi kita semua. Saya tidak berkomentar agar lebih obyektif

    Artikel sampean sudah saya copy dan pastekan di blog baru saya yang khusus untuk giveaway ini agar mudah mengumpukan artikelnya. Insya Alloh saatnya nanti saya publish

    >URL blog Fight Girl is Me - Mbak Ajeng Sari Rahayu (mBanjanrmasin) ijin saya tempel di sidebar Djangan Pakies.

    ReplyDelete
  14. Asik, tambah banyak yg sepikiran sama aku, klo ngeblog emank nyantai aja, lagian gak ada keharusan juga harus ngunjungin atau harus komentar setelah baca hhe... klo aku tiap ngeblog pake HP pasti baca tapi gak mungkin komentar karena pasti jadi anonim wkwkw...

    Hem... jadi ngebayangin dikampus Ajeng lagi Nyuci *Plak hahaha...

    pokoknya ngeblog jangan sampe ganggu kuliah :)

    ReplyDelete
  15. wah, ikutan juga ni Ajeng... gud lak ya....

    ReplyDelete
  16. we'll never know our future, mudah2an dapet keluarga yg bahagia ya,,amiin..:)
    oh ya, mksih komennya,hehehe
    dta pake pensil 2B biasa, mereknya apa aj, sala ko, tapi buat yg detil pensilnya mesti runcing :)

    ReplyDelete
  17. we'll never know our future, mdh2an dpt keluarga yg bhagia ya,, amiin :D
    oh ya thanks ya commentnya, hehehe
    dta ngegambar pk pensil2B biasa, mereknya apa aja..klo buat yg detail pensilnya harus runcing :)

    ReplyDelete
  18. jadi kapan mau nikah mba? jangn lupa undang saya dnk :D

    ReplyDelete
  19. kalau belum BW serasa ada yg kurang, makanya aku suka menyelesaikan pekerjaan rumah dulu supaya leluasa. sukses ya buat kontesnya

    ReplyDelete
  20. Assalamu'alaikum mbak...
    semoga sukses ya mbak, aku juga salut sama Abah yg satu ini lho mbak hehe

    ReplyDelete
  21. Semoga cepet dipertemukan dengan bibit "Keluarga kecil" nya :)

    ReplyDelete
  22. Pintar2 bagi waktu antara dunia maya dan dunia nyata. :)

    ReplyDelete
  23. wah semoga saya juga bisa mempunyai keluarga yang bahagia dan langgeng sampai tua , amin

    ReplyDelete

Please give your comments in writing ...