Monday, July 18, 2011

Saya Bangga Menjadi bagian dari Indonesia

Bagaimana tidak bangga, tengok saja di luar sana apa saja yang dimiliki Indonesia-bahkan sempat diklaim milik negara lain. Indonesia kaya, Indonesia Raya. Beragam suku, adat-istiadat dan budaya namun masih satu jua. Misalkan saja Anda dari Papua lalu saya dari Jawa Timur. Kita ingin berkomunikasi namun bahasa ibu kita berbeda. Kita masih bisa berkomunikasi dengan bahasa kesatuan kita yakni bahasa Indonesia. Ini contoh kecil saja. 

Contoh lainnya, ketika seseorang belajar dengan bersungguh-sungguh hingga menamatkan kuliahnya di luar negeri sana maka hal yang sangat mencengangkan adalah saat orang tersebut lebih memilih pulang ke tanah airnya untuk bekerja ketimbang menetap di negara di mana dia menamatkan kuliahnya tadi. Dengan alasan "Saya bangga menjadi bagian dari Indonesia". Saya lupa namanya siapa, yang pasti saya tahu dari sebuah acara televisi. 

Bukan saja bangga karena Indonesia kaya dan juga ramah penduduknya, tapi lebih ke tanah tumpah darah saya. Masih inget kan lagu Indonesia Raya ciptaan WR Supratman? Percaya atau enggak, ketika lagu ini dinyanyikan, maka susana akan menjadi khidmat. Seperti ada sesuatu yang sudah mendarah daging sejak dulu.

Indonesia, tanah airku... tanah tumpah darahku.
Di sanalah aku berdiri, jadi pandu ibuku
Indonesia kebangsaanku, bangsa dan tanah airku
Marilah kita berseru, Indonesia bersatu

Hiduplah tanahku, hiduplah negeriku
Bangsaku, rakyatku...semuanya
Bangunlah jiwanya, bangunlah badannya...untuk Indonesia Raya



Tulisan ini diikutsertakan di

Give Away Competitions: Saya Bangga Menjadi Bagian Dari Indonesia

28 comments:

  1. yes, bangga pastinya itu kenapa saya memilih kewarganegaraan Indonesia ^^ selain bhineka tunggal ika, ada gado2,ketoprak,gudek,semur, nasi padang hahahaha .... mantabz

    ReplyDelete
  2. @Mbak Narti : makasih mbak, semoga kita semua menang untuk Indonesia

    @BK: wahaha, jadi laper

    ReplyDelete
  3. setuju,apa sih yang gak dipunya Indonesia...

    makasih ya postingannya..jadi berasa tergugah bgt^^

    ReplyDelete
  4. oia, jadi keingetan waktu dulu SMA pas masih sering upacara bendera tiap hari senin. :)

    ReplyDelete
  5. Saya huga bangga jadi orang indonesia mbak,,,,,, di amerika sana walaupun canggih tapi nggak akan ada gethuk, jemblem, tahu isi, dkk,,,,hehehehe semoga sukses mbak ........:)

    ReplyDelete
  6. tapi balik kerja di indonesia gajinya kecil, apalagi bila ilmuwan, dana riset juga kecil :(

    ReplyDelete
  7. wow ... banyak kali ikutan giveaway nya
    moga menang dah?

    ReplyDelete
  8. aku juga bangga jeng, moga menang yah jeng (>o<)/

    ReplyDelete
  9. Aku juga bangga Jeng jadi bagian dari Indonesia, moga menang ya (>o<)/

    ReplyDelete
  10. good luck ya ajeng. We Love Indonesia:)

    ReplyDelete
  11. assalamu'alaikum sodariku,
    tadi sebenarnya udah mampir dan baca trus saya ingat kalo belum ikutan acaranya Kang Ferdinand, langsung aja tadi klik link diatas. Postingan kita temanya kurang lebih sama.
    Hidup Indonesia

    ReplyDelete
  12. yang penting sabar dengan ketidaksempurnaannya
    karena sampai saat ini, indonesia masih saja tanah air beta
    entah kapan bisa full version..

    ReplyDelete
  13. Iya doong... bangga jadi orang Jawa biarpun dicurigai tampangnya gak kayak orang Jawa. Pokoknya jadi orang Indonesia deh...

    ReplyDelete
  14. Sebenernya orang2 Indonesia yg kuliah di Luar negri dan gak pulang lagi ke Indonesiapun bukanya gak bangga sama Indonesia, menurutku mereka sama bangganya sama kita, cuma karena pilihan terbaik untuk ngembangin ilmu mereka ada diluar, dan pemerintahpun kurang mendukung jadi mereka akhirnya memutuskan untuk menetap disana :)

    Keren2 haha.... udah aku masukkin ke daftar peserta... makasih ya jeng,,

    ReplyDelete
  15. semoga menang ya cakep :)
    aku jawa, aku indonesia, aku bangga :D

    ReplyDelete
  16. betul, stop underestimate Indonesia. be proud..

    ReplyDelete
  17. Rasa bangga menjadi bangsa Indonesia pasti tertanam di benak setiap orang, karena kita makan dan minum dari bumi Indonesia.
    Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kita menumbuhkan rasa nasionalisme, karena saat ini rasa nasionalisme bangsa Indonesia sudah mulai pudar....

    ReplyDelete
  18. 1. cuma di Indonesia seseorang bisa punya KTP lebih dari 1

    2. cuma di Indonesia seseorang bisapunya SIM tanpa test

    3. bahkan. cuma di Indonesia seseorang bisa nyetir tanpapunya SIM

    4. cuma di Indonesia jumlah Blackberry Black Market yang beredar lebih banyak dari Blackberry yang legal

    5. cuma di Indonesia Duta Anti Narkoba ketangkep make shabu

    6. cuma di Indonesia anak SD bisa beli rokok

    7. cuma di Indonesia pemerintahnya murah hati.bagi-bagi pulau,lagu daerah,sampetarian daerahgratiss!!!

    8. cuma di Indonesia segala urusan bisa beres pake uang!

    9. cuma di Indonesia kita bisa buang sampah dimana-mana tanpa denda

    10. cuma di Indonesia kita bisa naik angkutan umum tanpa harus nunggu di halte.dimana aja bisa(asal ga ad polisi)

    11. cuma di Indonesia makanan-makanan bekas dan kadaluwarsa bisa disulap jadi makanan siap jual lagi

    12. cuma di Indonesia kita bisa off road di jalan raya

    13. cuma di Indonesia pesawatnya ga di apa-apain bisa jatoh

    14. cuma di Indonesia,jembatan baruuu banget jadi,mur bautnya udah pada ilang buat di loakin

    15. cuma di Indonesia jalan raya,bisa jadi kolam renang

    16. cuma di Indonesia ada orang bisa nyebrang jalan tol

    17. cuma di Indonesia kita bisa lesehan di atas kereta api yg lagi jalan

    18. cuma di Indonesia orang ga lulus kuliah bisa jadi presiden.orang ga bisa liat aja bisa jadi presiden! Hebat ga tuh..

    19. cuma di Indonesia kita bisa nonton DVD dengan kualitas bagus hanya dengan membayar Rp.7000! malahan ada yang Rp.6000

    20. cuma di indonesia seorang ABG bisa menimbulkan kontroversi hebat.Diperkosa pangeran, dinikahin sama si pangeran, abis itu disiksa, terus pulang dan memberitahukannya ke seluruh dunia tentang penderitaannya..
    oh iya..dan dapet job sinetron bernilai milyaran rupiah bahkan sebelum kasusnya selesai.
    21. cuma di indonesia, koruptor dihukum se ringan ringannya.
    22. cuma di indonesia, Dewan Perwakilan Rakyat yg tidak pernah memperjuangkan nasib rakyatnya

    ReplyDelete

Please give your comments in writing ...