Tuesday, March 1, 2011

Jangan Terong

Halo, pagi semua :) Masih semangat kan?! Harus dong, hujan-hujan gini enaknya masak apa ya? Nggak usah pilih-pilih deh, apa yang ingin kamu masak aja silakan dimasak. Sama seperti kemarin pagi, hari ini Banjarmasin juga diguyur hujan. Mendung langitnya, becek jalannya. Tapi saya suka saat-saat seperti ini. Keciuman bau tanah, rerumputan dan seger liat pemandangan di luar rumah. Meskipun cuma padang ilalang, ijonya itu lho kan suka mandangnya.

Oh ya, hari ini saya nggak langsung mantengin PC ini tumben-tumbenan. Biasanya kan saya njegreg di depan PC setelah sholat Subuh. Tapi hari ini, ngecek email bentar, trus facebook juga bentar. Selanjutnya saya buka blog bentaran juga kok, senyum girang baca komentar teman sekalian. Lucu aja gitu, pas bacanya. Ada yang OOT, ngasih masukan juga trus senengnya lagi ada yang ngasih undangan buat ikutan kontes dia kayaknya. Ntar deh dicek lagi :D



Berhubung tadi malam di depan rumah saya ada pasar, so tanpa buang-buang waktu sayapun berbelanja ria. Nggak banyak kok, beli terong, kacang panjang, bumbu dapur, pisang, gethuk, cucur, wadai cincin udah deh. Dari bahan-bahan yang saya beli tadi, dah pada bisa nebak kan saya mau masak apa? Kalau nggak bisa nebak ya kebangetan. Baiklah, saya kasih tau deh. Hari ini saya masak "jangan terong". Buat yang mau nyobain resep saya, ayo sini saya ajarin gimana masaknya :)



Siapin bahan-bahan ini dulu ya :
terong (2buah)
kacang panjang (secukupnya)
santan kara (1)
lombok (8-9buah)
bawang merah (3siung)
bawang putih (2siung)
trasi udang (sedikit)
kemiri (2buah)
laos (1ruas jari)
penyedap rasa
garam
gula

Cara memasak :
Kupas terong, lalu iris memanjang atau sesuai selera kalian. Potong-potong kacang panjangnya seukuran satu ruas jari dengan memakai tangan kalian saja, nggak usah pakai pisau. Cuci kedua bahan tadi dengan air supaya bersih. Kupas bawang merah dan bawang putih, laos dan juga lombok (diputik tangkainya saja).


Selanjutnya panaskan air sampai mendidih. Sambil nunggu air tadi, haluskan bumbu yakni bawang merah (3), bawang putih (2), kemiri (2), lombok (8-9), trasi udang sedikit, penyedap rasa sedikit, garam (1 1/2sendok makan; sesuaikan dengan porsi air sebagai kuahnya; dikira-kira deh), gula (2sendok makan) dan setelah halus baru gecek laosnya nggak usah diuleg ya (laosnya).


Setelah air mendidih, masukkan kacang panjang dan terong. Tunggu kira-kira 3 menit, lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Aduk-aduk sebentar. Masukkan santan kara (1), aduk-aduk lagi sebentar. Kecilkan api, lalu biarkan mendidih tapi jangan sampai santannya pecah; kira-kira 5 menitan. Selanjutnya, matikan kompor dan jangan terong siap untuk disajikan :)


Tuh, mudah banget kan? Masak itu mudah kalau kita ikhlas dan telaten. Yang kayaknya ribet juga rumitpun terlewati, selama kalian punya niat buat masak. Nggak lama kok. Sebagai seorang perempuan, rasanya kurang komplit kalau masak aja nggak bisa. Belajar dong dari sekarang. Nggak ada kata terlambat, juga nggak rugi.

Kalau kalian sibuk ya nanti aja pas ada waktu luang, baru nyobain masak sendiri. Jangan takut keasinan ya. Saya dulu sering kok, tapi karena hobi masak dan tahu takarannya; nggak keasinan lagi masakan saya. Kalian tahu nggak gimana rasanya kalau masakan yang kita masak tadi ada yang mau makan atau nyicipin minimal. Puassss banget!! Ya, rasanya puas campur seneng. Jadi, kapan kamu mau nyoba masak?

28 comments:

  1. hhhh jangan terong bikin lemes kata Mbah Darmo,
    kapan-kapan bikin resep Djangan Pakies hhhhh

    ReplyDelete
  2. Hah pak Pakies, jelasin dong...bikin lemes gimana?aduuuuu >.<

    ReplyDelete
  3. hhh ndak itu kan kata orang-orang saja. Menurut Pakies lemes itu disebabkan karena saking enaknya makan lauk terong sampe kekenyangan trus jadi nguantuk heheh bener ndak sih?

    ReplyDelete
  4. @ Djangan Pakies : Aduuu, bapak berhasil membuat saya heran dengan pernyataan 'lemes' tadi >.<


    kalau masih kata orang, saya nggak ikutan pak :D


    sekarang saya nggak lemes kok :)

    ReplyDelete
  5. jangan=sayur yak??? wkwkwkw, kirain aku jangan beneran jangan...

    ReplyDelete
  6. @ Eks : ahahah, sudah kuduga akan ada komentar seperti ini :D

    ReplyDelete
  7. pernah coba terong bakar? di tempatku, di Lombok, Terong panjang dibakar loh.. bumbunya sambel bawang aja.

    *di Jogja sini belum nemu terong bakar sih, hehehe

    ReplyDelete
  8. @ Huda Tula : Terong bakar sambelnya sambel bawang?rada aneh deh Hud, n' aku belom nyoba Hud !!

    Di banjar klo terong bakar, sambelnya sambel plelek (trasi).



    oke, aku tampung Hud. Insya Allah tak buatkan resepnya ntar,hoho :)

    ReplyDelete
  9. Saya coba cicipin masakan Mba Ajeng ajja boleh ga ya, coz saya bisanya cuma msk Mie ajja, msk yg lain ga bs.....jiehehehhee...

    ReplyDelete
  10. pasar malem2 koq ada jajan pasar sih mba? sengaja pasarnya buka malam hari?
    photoin ilalang basah krn hujan dnk!

    ReplyDelete
  11. mba Ajeng update resep terus nih, dapurku kalah deh... :(

    ReplyDelete
  12. gp belum update mba, gi sok sibuk :)

    ReplyDelete
  13. mbak orang jawa ya.....? jangan terong bikin ngantuk......hihihihihi

    ReplyDelete
  14. wah, kalo aku lebih suka sambel terong.. emmmm
    jadi laper

    ReplyDelete
  15. @ Mr TM : Boleh, ke Banjar aja. Aku kalo nggak masak juga buat mie, tapi dimarahin sama ibu. Kata beliau nggak boleh males masak :)



    @ dee : Ada dong! Banjarmasin gitu, ahahah insya Allah ya ...nanti difotoin, btw kameraku biasa aja jadi maaf klo ntar hasilnya nggak bagus :D




    @ narti : Hwaaaaaaaa, mbak Narti jangan sedih gitu dong. Resepku kan biasa aja mbak, simpel buatnya. Jadi kapan mbak update resep2 masakan lagi?!




    @ gp : Ah gpp kok ;)


    @ Arief Bayoe Sapoetra : Orang Tulungagung, yee ngantuk apanya. Aku kok melek aja daritadi hayo :p



    @ Miftahgeek : Sini deh :p


    @ kira : sambel terong?? baru denger deh, Kira ada punya resepnya nggak?!

    ReplyDelete
  16. waah pandai memasak ya mbak ajeng ini.. :)

    ReplyDelete
  17. wah...ketipu sama judulnya -,-

    bahas makanan jadi laper uy :D

    ReplyDelete
  18. jadi laper nich,
    dah lama ngga makan sayur²an..., T_T

    ReplyDelete
  19. yucks... biarpun doyan, tapi kalo ada sayur lain mending saya milih yang lain deh..

    terong bikin lenjeeh.. hahahah..

    #pantangan mak erot

    ReplyDelete
  20. @ John Terro : karena nggak sempet ke pasar :)

    @ eL Ro : masak dong :D

    @ Rawins : iya :)

    @ Gaphe : lenjeh??masa, yee Gaphe ihh :p


    @ r10 : kolak kok ada kacang panjangnya >.<

    ReplyDelete
  21. waduuh... ketinggalan jangan terong nih... mantap jeng..
    Terong disambelin, aku demen juga jeng..

    Di Turki, terong jadi makanan kelas atas lho.. dan anggapan klo terong bikin lemes itu salah besar.. justru bisa menaikkan libido lho.. :)

    ReplyDelete
  22. @ kartunmania : hhe, makasih. Eh sama, aku juga suka ;)


    Btw, makasih infonya. Jujur aku nggak beranggapan seperti itu, hhe. Libido apa sih?

    ReplyDelete

Please give your comments in writing ...