Thursday, March 17, 2011

Bapak/Ibu Guru SMP Dulu

Rada nggak nyangka sebenarnya kalau salah satu diantara kami berinisiatif membuat sebuah grup di facebook. Grup ini beranggotakan siswa/siswi SMPN 1 Kauman Angkatan 2002 khususnya yang menjadi penghuni kelas 2B dulu itu. Sekarang sih anggotanya lumayan, sedikit! Hha, 17 orang tepatnya. Mungkin karena ketidaktahuan adminnya pada facebook teman-teman sekelas kami dulu. Beruntungnya, walaupun baru; tapi saya diajak bergabung sama Koko (teman sekelas saya dulu; kelas 2B).


Oke, kali ini saya mau belajar mereview. Banyak sudah teman-teman blogger sekalian yang bersedia mereview sebuah buku baik fiksi maupun nonfiksi, mereview film dan lainnya. Bukannya saya mau mereview teman sekelas saya semasa SMP dulu ya. Saya mau mereview ibu/bapak gurunya saja, biar seru!

Tadi saya stop bentar nulisnya. Trus bongkar-bongkar tumpukan nyari Album Memori Tahun Pelajaran 2004-2005 SMPN 1 Kauman, Tulungagung. Ketemu! Saya foto satu persatu bapak/ibu gurunya karena kan berhubungan sama review saya kali ini. Maaf ya kalau kesannya kurang maksimal, soale saya nggak punya foto beliau-beliau ini. Oke lanjut, foto di atas sudah sangat jelas kan walau burem? Itu ada nama sekaligus jabatan sebagai guru apanya ada. Nah, bapak Mujiono ini dipanggil pak Muji. Sebagai guru bahasa Indonesia, beliau cukup ramah. Meskipun mukanya rada angker gitu, beliaulah yang mendidik kami sehingga waktu itu kami semua lulus UN SMP. Perawakan beliau, emm sedikit pendek dan berbody sedang. Tidak seperti guru-guru lainnya, pak Muji sedikit tertutup orangnya. Kalau mengajar kami di kelas ya seputaran materi belajar. Nggak ada cerita misalnya saja tentang kehidupan beliau atau pengalaman menarik yang beliau ingin ceritakan kepada kami.

Ibu Sri Rahayu mendapat julukan bu Cuplies, ini julukan dari seorang teman sekelas saya namanya Ribut. Teman saya yang satu ini suka bikin onar dan keributan saat pelajaran beliau berlangsung. Sehingga beliau seringkali memarahi Ribut ini. Beliau termasuk ibu guru yang cerewet dan awet jadi guru sih menurutku. Uban banyak tidak mengurangi semangat beliau untuk terus mendidik kami. Beliau mengajar sebagai guru bahasa Inggris. Bahasanya fasih dan penjelasan dari beliau juga dengan mudah sekali saya serap. Beliau itu sudah tua, kurang tau umurnya berapa. Perawakannya kurus langsing, beruban, cerewet, sedikit judes dan tegas. Saya rindu cerewetnya beliau saat mengomentari kenakalan si Ribut. Saat itu pasti menjadi moment yang menegangkan. Bu Cuplies termasuk guru yang killer. Jangan harap deh bisa dapet nilai, kalau dipanggil ke depan nggak bisa jawab. Beliau sering memberikan kejutan kepada kami siswa/siswinya. Kejutan tadi berupa panggilan untuk maju ke depan kelas dan kemudian disuruh menjawab pertanyaan yang beliau ajukan. Pasti ndredeg, itu yang sejauh ini masih terekam di otak saya. Ndredeg banget!

Beliau dipanggil bu Bad, mengajar Ketrampilan Jasa. Nah, kalau pas pelajaran beliau ini yang buat kami sumringah. Karena pelajarannya santai, kadang kami diberi catatan yang didekte beliau langsung atau dituliskan Ninik dulu di papan tulis. Biasanya kalau nggak Ninik ya Gading yang disuruh, gantian gitu. Kan mereka tulisannya bagus, hehe. Senengnya tu pas belajar menjahit memakai tangan dengan beberapa teknik jahitan. Saya lupa, andai saja buku saya masih ada. Buku saya kan di Jawa semua pas SMP dulu. Diantara beberapa teknik menjahit dengan tangan tadi, kita disuruh menjahit motif bunga, ikan, daun, macem-macem deh. Kita juga diajarin membuat tempat koran yang mirip tas gitu, bisa digantung! saat itu saya membuatnya dengan motif bunga matahari. Maaf ya, lagi-lagi tanpa foto. Persaingan kami di sini sangat ketat lho. Karena setiap anak ingin membuat hasil karya yang paling bagus di kelas! Perawakan bu Bad itu gemuk, putih dan baik banget. Beliau orangnya terbuka dan ramah. Pokoknya seneng deh pas pelajaran ketrampilan jasa ini :)

Bu Anis itu cantik, putih tapi kalau ngasih penjelasan matematika sedikit sulit dicerna. Namun beliau dengan sabar membimbing kami, dan kalau ada yang belum ngerti beliau njelasinnya sampe kami paham. Bu Anis ramah, kami sempat beberapa kali berkunjung ke rumah beliau pas lebaran. Beliau sempat menjadi wali kelas kami (kelas 1 SMP/2B). Terbuka dan keibuan banget. Perawakannya tinggi, langsing, murah senyum dan penyabar.



Bu Ribut itu ciri khasnya kalau dilihat dari belakang ya dari rambutnya yang ngombak dan bergelombang, njebobok gitu lah pokoknya. Beliau berperawakan sedang, sedikit pendek, cantik, ramah, humoris banget, murah senyum dan keibuan juga. Karena nama beliau sama persis ama nama panggilannya si Ribut, jadi dah kayak anak dan ibu deh beliau dan temanku itu. Ribut tu jadi murid kesayangan beliau tapi juga nggak pilih kasih kok ama muridnya yang lain. Kan kalau di sekolah kami anak beliau-beliau ini. Pelajaran kesenian juga menyenangkan. Kebanyakan nyatet ama diskusi.
Ada satu kenangan pahit yang sampai sekarang masih saya ingat. Waktu itu kami ualangan biologi dan beliaulah gurunya. Nah, kan ketat banget tuh; jadi semua buku nggak boleh ditaruh di laci. Harus dimasukkan di tas. Entah saat itu refleks atau apa; mungkin kuping saya gangguan atau apa; yang pasti saya kepergok! Saya dimarahin, gara-gara buku paket biologi saya saat itu ada di laci dan beliau melihat. Ya Allah, meh nangis. Isin rasane! Jujur saya tidak berniat nyontek alias ngerpek saat itu. Otomatis saya dikasih peringatan sama beliau dan seketika itu pula tuh buku paket saya masukkan di tas. Ulangan pun terus berlangsung, tapi perasaan saya benar-benar malu! Saya dikira ngerpek sama beliau. Saya pun berjanji dalam hati saat itu, karena ini murni sebuah kesalahan saya yang kurang tanggap dan cekatan mungkin; jadi saat itu saya berjanji untuk menghapus semua prasangka jelek itu. Janji saya pun terbukti dengan nilai-nilai ulangan biologi saya yang tinggi; 8, 9, 8 koma berapa gitu pokoknya terbukti! Saya bukan tukang ngerpek, waktu itu pun saya juga masuk ditiga besar peringkat kelas. Perlahan semua anggapan itu mulai sirna dan saya dapatkan kembali kepercayaan itu serta terhapusnya anggapan miring teman sekelas saya serta bu Aning tentunya :)
Pak Kosim itu ramah, penyabar dan kebapakan deh. Beliau guru Geografi kami saat duduk di bangku kelas 1 SMP. Kebanyakan nyatet yang kadang didikte atau menulis yang ada di papan tulis. Seperti biasa yang disuruh ya Gading atau Ninik. Perawakan sedang, hitam manis, lumayan tinggi.


Guru matematika ini akrab disapa bu Prih. Beliau adalah wali kelas kami saat duduk di bangku kelas 2 SMP. Perawakan beliau ini cantik, ramah, keibuan dan penyabar banget. Saya suka sekali dengan karakter orang seperti beliau. Sudah seperti ibu kami sendiri, kadang kami-kami ini curhat ke beliau. Kalau bu Prih itu saat mengajar matematika jelas banget, dan cepat dicerna otak. Beliau dekat dengan kami dan terbuka orangnya. Saat mengikuti beberapa perlombaan di sekolah dulu; kami sering menang juga berkat beliau. Entah itu lomba baris-berbaris atau lomba sebagai petugas upacara yang baik.
Kangen banget sama pak Ainul, hmmm. Beliau salah satu guru favourite kami sekelasan. Bapaknya itu kocak tapi juga religius. Suka berkisah cerita-cerita yang menginspirasi dan memotivasi kami. Perawakannya gendut, sedikit pendek, berkumis dan humorisnya itu lho; bikin awet muda! Kami juga sering main ke rumah beliau hanya sekedar ngobrol ngalor-ngidul atau ngabisin jajan dan banyu yang disuguhin. Saking religiusnya beliau pernah cerita gini. Suatu waktu beliau kan bepergian naik sepeda motor. Nah, nggak bawa SIM itu sengaja. Beliau berdo'a dan percaya sama Gusti Allah, pasti nggak bakal disemprit pak polisi. Ternyata benar, dan ketika sampai tempat tujuan tadi tank bensinnya kosong! Alias berangkat dari rumah sampai ke tempat tujuan tadi kehabisan bensin; nggak ngrasa beliaunya. Beliau sih enjoy aja sambil cerita. Karena beliau percaya kalau Gusti Allah bakal nolongin; ternyata kebukti. Katanya sih supaya nggak disemprit pak polisi kalo emang nggak bawa SIM; jangan grogi; ntar malah ketauan trus ditilang deh. Beliau juga berkisah tentang kematian, pahala sholat tarawih (saat itu kami diberi copy'annya) dan pengalaman-pengalaman lucu beliau. Hmmm, kapan ya bisa pulang ke Jawa. Pengeng tahu kabar beliau sekarang gimana :(
Pak Tukiyar itu cakep banget! Guru paling cakep dah, ahahah :D
Beliau perawakannya pendek, sedang, murah senyum, baik, seneng guyon dan serius. Kami juga pernah bersilaturrahmi ke rumah guru Fisika yang satu ini. Catatan dari beliau itu cukup singkat dan padat. Penjelasannya mudah dicerna otak. Beliau seperti teman kami kalau di kelas. Suka bergurau dan menyenangkan deh orangnya.



Sayang gambarnya kok rada aneh gitu. Bu Manip adalah wali kelas kami saat duduk di bangku kelas 3 SMP. Beliau itu tegas banget! Perawakannya langsing, tinggi, kayak model jalannya, rapi, cerdas, berprestasi, keibuan, penyabar banget, pengertian dan ramah. Beliau benar-benar fasih berbahasa Indonesia, sangat cocok dengan mata pelajaran yang diajarkannya. Penjelasan dari beliau juga mudah sekali dicerna. Beliau orangnya terbuka dan berwawasan. Dulu pas mau ngambil ijazah SMP saya sempat menelfon beliau dan ngobrol. Beliau menanyakan kabar saya dan bagaimana keadaan saya di sini. Beliau juga bersedia membantu saya ngurus ijazah SMP serta legalisirnya. Baik banget deh, ibu yang satu ini. Salam kangen bu :*

Ingat pak Prapto pasti inget Ninik, salah satu teman yang duduk tepat di depanku. Ni anak sering disuruh-suruh sama guru Kertakes ini. Beliau juga sering kalau lagi keliling di ruangan kelas kami stopnya pasti di samping Ninik. Rada gimana gitu dan beberapa teman cewek saya juga ngrasa risih. Tapi masih dalam batas kesopanan kok, kalian jangan mikir negatif ya? Mungkin perasaan kami aja saat itu. Menurutku face beliau ini emang rada angker-angker gimana gitu. Rada 'itu' dehhhhhhhhhh


Bu Budi itu ramah dan keibuan banget. Dari face'nya aja kita sudah bisa liat kalau ibu ini penyabar. Beliau mengajar pelajaran IPS/Sejarah. Kebanyakan sih nyatat.
Bu Eny perawakannya pendek, kecil mungil gitu. Ibunya asik dan bersahabat. Diantara guru-guru PPKn lainnya, bu Eny cukup cerewet. Kebanyakan mencatat dan tugas-tugas di rumah.

Kalau bu Nur itu tegas, luwes, rapi, keibuan, ramah. Kebanyakan nyatet dan didikte. Pelajaran Fisika yang beliau ajarkan merupakan mata pelajaran favourite saya. Penjealsan dari beliau mudah dicerna dan kegiatan praktikum juga nggak dibuat ribet.

Hmm, pelajaran bahasa daerah sebenarnya saya suka sekali. Apalagi kalau nulis aksara Jawanya. Dan nyanyi tembang Jowo gitu, kayak sinden. Aku suka! Bu Wid itu baik, ramah dan toleran. Yang paling susah tu pas ulangan kalau ada krama inggil disuruh ngubah ke krama alus. Atau kalimat kasar diubah ke kalimat krama Lugu, hadehhhhh

Pak Kolid, begitulah beliau akrab disapa. Guru Agama Islam ini baik hati, ramah dan kebapakan. Umurnya mungkin sudah cukup tua tapi beliau tetap semangat mengajar meskipun dengan perawakan muka yang cemberut gitu. Kalau di kelas sih nggak cemberut.
Tidak semua guru bisa saya reviewkan di sini ya. Maaf sebelumnya, hehe. Yang pasti, masa-masa SMP dulu; dari kelas satu ampe kelas tiga bakal jadi kenangan yang indah. Dari pingsan pas upacara (saya), jadi pembawa acara Upacara Bendera (saya), lomba baris-berbaris (saya dan teman-teman satu sekolah; tiap kelas berpartisipasi), lomba memasak, tugas kelompok, studytour ke Yogya, Blitar, ke Prambanan dan semuanya deh; itu benar-benar asik! Nggak bakal bisa diulang. Ya udah, segitu aja dulu. Ini saya kasih bonus, selamat berkomentar ria ...aku tutup muka aj ahhhhhhhhhhh :p

43 comments:

  1. gokil! jadul gila. gahhahha, keren!
    masih inget aja ya guru pas masi sekolah. haduh, berapa guru ya yang gue inget... :p

    ReplyDelete
  2. woooow hampir 10 tahun gitu hahahahaha lupa kalo kita sengkatan *,* (berasa muda) ;p good gooood. lucu kamu jeng pas kecil.

    ReplyDelete
  3. @ ReBorn : yang jadul2 gitu emang ngangenin Ja!

    ReplyDelete
  4. @ ☺☺☺ : ahaha, ini tadi kepikiran pas kemarin komen di grup di atas Ta!
    wahahah, makasih Taaaaa...lucu imut kan aku,ehehe :D

    ReplyDelete
  5. huah, error.

    ide bagus tuh buat bikin cerita pribadi, terus posting di blog. :D

    ReplyDelete
  6. @ pencari jejak : ahaha, iya...seru nginget pas SMP dulu :D

    ReplyDelete
  7. masih kurang panjang mereviewnya nih...
    benar2 deh, inget semua, aku dah lupa mba :(

    ReplyDelete
  8. mba ajeng smp yg imut...ehem...
    pernah pingsan juga ternyata :)

    ReplyDelete
  9. @ sda : kurang panjang???oke, lain kali saya panjangin tulisannya ;)
    Ah nggak masalah, yang penting kalo dah sukses inget sama gurunya dulu itu...silaturrahmi ke sekolah bagus lagi :)

    ReplyDelete
  10. kalau mba ajeng menikah nanti, mereka diundang mba, sekalian reunian, hehe...

    ReplyDelete
  11. @ narti : uhuk uhukkkk :D
    iya mbak Narti, saya pingsan pas upacara :(

    ReplyDelete
  12. @ dee : Insya Allah Dee, moga aja dah pindah ke Jawa akunya...jadi kan nggak jauh sama beliau2 ini :)

    ReplyDelete
  13. guru adalah orang yang sangat berjasa
    jadi pantas di kenang dan di doakan

    ReplyDelete
  14. @ latifatul ali : betul, beliau-beliau ini kan pahlawan tanpa tanda jasa :)

    ReplyDelete
  15. komplit, masih disimpen.. lah punyaku dah nggak tau kemana buku kenangannya..

    lucu juga ceritanya bu Ribut sama bu Aning.. hahaha..

    jadi inget dulu saya pernah dijewer sama guru SMP saya >.<

    ReplyDelete
  16. buka album kenangan masa smp...keren mbak....hehehehe

    ReplyDelete
  17. orang tulung agung semua ya gurunya. Tapi boleh juga tuh isnpiratif, karena akan menjadi kenangan ketika suatu saat kita pingin membuka lembaran lama tinggal klik
    top inspiratif

    ReplyDelete
  18. Wow, murid teladan gak pernah lupa ma guru...
    mantab! ^_^

    Salamin juga ma Pak Ainul ya... i love his style..

    ReplyDelete
  19. saya sudah lupa sama guru2, dan saya juga pernah pingsan waktu upacara

    ReplyDelete
  20. @ Gaphe : Sengaja ku simpen Phe, obat kangenku...ahahah, wew!
    Kamu nakal ya Phe?ehehe

    ReplyDelete
  21. @ Arief Bayoe Sapoetra : hehe, makasih Yu :)

    ReplyDelete
  22. @ Djangan Pakies : Iya pak Sis, betul pak...tak terlupakan ini :)

    ReplyDelete
  23. @ Bung Iwan : Lha iya no, kan supaya kalian tau :)

    ReplyDelete
  24. @ MUXLIMO : Beliau di Jawa mas...insya Allah ya kalau ada ketemu beliau :)

    ReplyDelete
  25. @ r10 : sebagian saya juga sudah lupa, hehe.
    sama dong kita, pingsan pas upacara... jadi omongan di kelas gara-gara pingsan ...ahahah :D

    ReplyDelete
  26. salam persahabatan
    postingan yang bagus
    sukses selalu ya

    ReplyDelete
  27. postingan yang menarik, terkesan banget dengan kata "njebobok" heheheee, lucuuu.....

    ReplyDelete
  28. @ Blog Tutorial Blogger : makasih, sukses juga buat kamu :)

    ReplyDelete
  29. @ DEZTHONK ZONE : ngerti nggak Des artinya apa? ehehe :D

    ReplyDelete
  30. kalau sekolahku ikatan alumninya kuat..
    Soalnya dari TK sampai SMA tetap 1 sekolahan. dari kecil sampai besar teman sekolah ya itu2 juga..
    sekarang dah banyak temen yang jadi artis kayak edwin & ernest coklat, rizal mars yang jadi official the virgin, atau Enerji yang populer di bandung.. tinggal aku yang paling jauh dipedalaman kalimantan..
    jadi kangen..

    ReplyDelete
  31. @ Geafry Necolsen : Wah, aisk ya. jadi tau jelek2nya temen kita, trus kekeluargaan banget...saya suka :)

    ReplyDelete
  32. wahaha... jadi inget masa sekolah... hal2 yang nyebelin saat itu berubah jadi ngangenin sekarang...

    ReplyDelete
  33. @ Aina : iya mbak Ina, kangen beliau2 ini saya :(

    ReplyDelete
  34. gwooooh panjangnyo postingan kamu jeng...hehe :p

    tapi gapapa, namanya juga nostalgila, biar panjang tetep terasa menyenangkan :)

    ReplyDelete
  35. @ YeN : Ojo kaget Yen :p

    Iku ae sik enek sing komen kurang banyak nulisnya, ck!

    Nostalgilaaaaaaaa' panjangnyaaaaaaaa ya Yen, ehehe :)

    ReplyDelete
  36. Guru,, seseorang yang paling berpengaruh di dalam perjuangan kita menggapai mimpi.. :D

    ReplyDelete
  37. iyaaaa hahahah masih polos gitu mukanya loh *,*

    ReplyDelete
  38. wah,asik juga ya lihat fotonya.makasih ya uda mampir keblog ane,kapan ni mampir lagi

    ReplyDelete
  39. Gw kagak pernah bikin buku tahunan kayak gituan --"

    ReplyDelete
  40. heh keren tuh...
    jadi nyesel dulu buku buku kenangan gitu ditelantarin...

    ReplyDelete
  41. guru : pahlawan tanpa tanda jasa.
    guru : yen minggu turu :p

    ReplyDelete

Please give your comments in writing ...