Saturday, March 5, 2011

Ampal Jagung

Singkat cerita ya, kemarin kan saya ke pasar. Nah, saya bisa belanja ini-itu buat stok di kulkas gitu; hehe. Gimana perasaan saya kemarin? ya seneng lah; apalagi saya belanja menghabiskan uang jajan saya sendiri. Males mau minta masku. Masa minta terus, hhe. Sayur udah, ayam dan bumbu dapur juga udah. Selanjutnya saya muter-muter nanya gini " Ada Ceres bu?", tanyaku. Sampai tengkloken kakiku ceres tadi tak urung ku dapatkan.



Yang ditawarkan penjualnya kebanyakan ceres yang ditimbang alias buatan industri rumah tangga'an gitu lah. Karena terbiasa memakai ceres yang sachet itu ya saya menolak membeli ceres yang ditawarkan tadi. Lalu saya memutuskan pulang setelah seisi pasar saya kelilingi, bolak-balik ngos-ngosan; mana bawa jentengan tas kresek yang nggak ringan; fiuuuuuuhh. Mungkin para pedagang tadi emang kehabisan stok ceres. Nyatanya setelah saya berhenti di depan toko serba ada, ceres tadi berhasil ku beli, akhirnyaaaaaaaa :D

Oke, cerita dah kelar selanjutnya mau nulis resep "Ampal Jagung". Penasaran?! Yuk disimak dulu :


Siapkan bahan-bahan berikut :

bawang merah (2 siung)
bawang putih (1 siung)
jagung muda (2 buah)
merica (12-13 butir)
 daun sob
tepung terigu
 telur (1 butir)
penyedap rasa
garam


Cara memasak :

  1. Sisir jagung muda tadi, lalu dipenyet-penyet dengan ulegan (jangan sampai lembut ya, halus tapi ada tekstur kasarnya ya).
  2. Haluskan bumbu yakni bawang merah (2 siung), bawang putih (1 siung), merica, sedikit garam dan penyedap rasa.
  3. Campur jagung muda yang sudah dipenyet-penyet tadi dengan bumbu yang sudah dihaluskan tersebut.
  4. Kocok telur, lalu masukkan campuran jagung dan bumbu tadi. Jangan lupa juga taburi dengan irisan daun sob. Kemudian taburi tepung terigu sampai kelihatan padat (terlihat nggak cair lagi, soalnya jagung muda tadi mengandung air). Pokoknya dikira-kiralah sampai nggak lembek tapi juga nggak terlalu padat (saya bingung gimana ngejelasinnya).
  5. Selanjutnya goreng adonan jagung tadi sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
Selamat mencoba ya ...

44 comments:

  1. cieeee enaaaak. aku juga suka buat ini tapi namanya bakwan jagung. kemarin aku buat tahu tuna. pengen bagi-bagi resepnya tapi males banget coba T.T

    ReplyDelete
  2. Wah,, Bisa jadi referensi baru cemilan dirumah nii.. hehe,,
    Thanks ya.. :D

    ReplyDelete
  3. @ ☺☺☺ : Tahu tuna Ta? waduuuuu, mana-mana resepnya! Ayo dong dishare ke kita-kita :)


    @ John Terro : Hmmm, beda-beda ya ternyata. Ada bakwan, ampal ama dadar jagung :)


    @ arfiantsite : U r welcome, hehe ayo2 bikin :)

    ReplyDelete
  4. mbak ceres itu apa?? baru tau. hehehe

    jadi pengen juga nih, minta di buatin ahh or cari ke warteg.
    (anak kosan, males.) hahaha

    ReplyDelete
  5. Aku mengenalnya dg nama bakwan jagung atau dadar jagung... Enak banget emang.. :)

    ReplyDelete
  6. Aku suka koleksi resep masakan nih... bagi2 dong resep lainnya.

    ReplyDelete
  7. @ Arief Bayoe Sapoetra : Iya, hhe :)

    @ tito Heyziputra : Diklik aja tulisan ceres di atas Put, maklumlah klo anak kostan mah :)


    @ catatan kecilku : Kalo dadar jagung baru tahu dari komentar John, di Banjar namanya sih ampal jagung :)


    @ the others.... : Oke, kalau ada resep baru pasti aku share kok ;)

    ReplyDelete
  8. @ place to study : Minta buatin mama Sasha aja :)

    ReplyDelete
  9. Kalau mama buat, kadang dikasih cabe merah (yg udah dibuang isinya) dan diulek bareng bumbu yg lain.

    ReplyDelete
  10. @ jejak langkahku : Wah, ada pedhes2nya dong Sha...nyobain ah ntar :)

    ReplyDelete
  11. @ narti : resepnya aja mbak yang bisa dicoba, ehehe :)

    ReplyDelete
  12. loh aku kira jagungnya bakal dikasih ceres :D
    ternyata uda beda cerita yah :D

    ini kaya bakwan jagung gt yah?

    ReplyDelete
  13. @ dv : Ampal jagung = bakwan jagung Dev, ceresnya buat cemilan... haha :)

    ReplyDelete
  14. saya juga sering buat ini, tapi sebutnya perkedel jagung :D

    ReplyDelete
  15. enak neh........ boleh ngetes gak........ hehehe

    ReplyDelete
  16. nah kalo chika malah ngomongnya pergedel jagung wkwkw

    ReplyDelete
  17. iye itu dadar jagung boso jowone :) soal yg hilang mmmmboh kayaknya gak ad ye hihihihihihi

    ReplyDelete
  18. kebetulan, hari ini aku bikin ampal jagung jugaaa :3 nyam nyam

    ReplyDelete
  19. lha ini lak dadar jagung, sarapan pagi hari pake pecel plus teh anget lak mangteb ya Mbak

    ReplyDelete
  20. @ .:diah:. : iya kalo di Tulungagung dulu aku juga nyebut perkedel jagung, di Banjar beda lagi :)


    @ ..:..Rez Iras ..:.. : Hmmm, makan deh :)

    @ Yhantee : Monggo, silakan :)

    @ pri crimbun : ya makan lah kalo laper gitu :D

    @ John Terro : nambah satu lagi "perkedel jagung", aku familiar yang ini sih dari dulu :)


    @ ♥chika_rei♥ : ahaha, intinya yang dimaksud kan sama Chika...yang di atas itu tho :)


    @ Aulawi Ahmad : Iyo2 mas se :p

    @ Maya Floria Yasmin : wah, samaan dong kita :)

    @ Djangan Pakies : ENggeh Pak Ies, mak nyus :)

    ReplyDelete
  21. Ajeng aku ngefans sama kamu, heheh...

    kapan ya bisa nyoba masakan mu?

    ReplyDelete
  22. @ Huda Tula : pernyataanmu di atas seperti mimpi Hud, pegangi aku...mau terbang ini :D


    eheheh, ahhhhhhhhhhh jingkrak2 kegirangan :p

    ReplyDelete
  23. oh nantila klo uda punya istri baru dicobain

    ReplyDelete
  24. aku udah share banyak tuh huahahah males uploadnya jeng cape ;p nanti deh aku siapin deh tahu tunanya ;9

    ReplyDelete
  25. wah pagi2 udah mo kuliner nih betulan lom sarapan hehe ada resep kayak gini entar suruh bibi saya masak kaya ginian tar kalo gak enak tanggung jawab nih....

    ReplyDelete
  26. namanya ampal jagung y mbk, klo kita nyebutnya perkedel jagung..

    enak pokoknya, hehe

    ReplyDelete
  27. untung ampal jagung nya kagak dikasih ceres :D

    ReplyDelete
  28. di jawa itu namanya dadar jagung. hehehe

    ReplyDelete
  29. kok jadi binungung sih..? muter muter cari ceres tapi masaknya ga pake ceres..?

    ReplyDelete
  30. hahahaha...

    saya selalu ngefans sama orang yang suka masak

    maklum, tukang makan...

    ReplyDelete
  31. enyak enyak enyak... patut dicoba nih.. ayo masak . .
    salam kenal.. :)

    ReplyDelete
  32. eh komplenku kemaren disini kemana ya..?

    ReplyDelete
  33. @ John Terro : iya, begitulah :D

    @ L ,A : nungguin punya istri ya? hehe :)

    @ ☺☺☺ : Iya Ata sayang, makasih banyak deh. Nggak usah dipaksain aja, pas sempetnya kamu aja deh baru share ke kita2 :)


    @ yayack : ahaha, yee kok saya yang tanggung jawab >.<

    @ wits : hehe. iya :)

    @ Miftahgeek : hha, ceresnya kan buat roti :)

    @ kira : iya, di surabaya dll...seperti yang temen2 di atas komentari :)

    @ Belajar Komputer : hhe, ya makan dong :)

    @ Rawins : ahaha, yang penting masak mas :p

    @ Huda Tula : hhe, ngefans juga nggak sama Farah Quin kamu Hud?

    @ Akmal Fahrurizal : iya makanya, cobain dong :D

    @ Rawins : ahahha, dimoderasi pak Lik :p

    ReplyDelete

Please give your comments in writing ...