Tuesday, April 8, 2014

Sayur Asem ala Banjar

Halo semuaaaa, saya balik lagiii :D Ngomong-ngomong, baru kemarin saya chat sama Yen, kalau saya itu aras-arasen ngeblog lagi; lah kok hari ini dengan semangat '45 tahu-tahu nulis, alhamdulillah...
Mudahan semangat nulis saya tetap ada, doakan ya sobat nguleg. Kan sayang banget kalau blog ini saya cuekin. Oke, udahan deh curhatnya. Hari ini saya ingin berbagi resep sayur asem. Tidak seperti sayur asem pada umumnya yang hanya memakai kacang panjang sebagai bahan utamanya, resep ala Banjar beda lagi loh. Nggak percaya, yuk disimak ;)

sayur asem ala Banjar

BAHAN :
Kacang panjang
Mentimun
Belimbing wuluh
Bawang merah
Bawang putih
Kemiri
Ketumbar
Kunyit
Garam
Gula
Air


PETUNJUK MEMASAK:

  1. Potong-potong kacang panjang lalu cuci bersih. Kupas mentimun dan buang bijinya, cuci bersih juga.
  2. Potong memanjang mentimun yang sudah dikupas. Belimbing wuluhnya juga potong memanjang
  3. Haluskan bumbu: bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit sedikit, ketumbar sedikit, gula sedikit dan garam secukupnya.
  4. Setelah bumbu dihaluskan, tumis dengan minyak goreng sebentar.
  5. Panaskan air di panci, setelah mendidih-masukkan kacang panjang. Tunggu sekitar 10 menit lalu masukkan juga mentimun dan belimbing wuluhnya.
  6. Setelah semua bahan empuk, masukkan tumisan bumbu halus tadi. Aduk-aduk supaya rata.
  7. Jangan lupa dicicipi rasanya. Daaaaan, sayur asem siap dihidangkan...

Sayur asem di kotaku . . .
a. Beda
b. Sama seperti resep di atas
c. Lainnya

13 comments:

  1. kalo di Surabaya sayur asemnya ga gitu warnanya
    lebih bening

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih bening-trus isinya kacang panjang aja kan?

      Delete
  2. duhh mantap tampaknya.. cm pernah nyobain sayur asem sunda..

    ReplyDelete
  3. Ada kangkungnya kalau di Nganjuk sih.. Buatan Syef Munasikah.. Ibukku.. ahahaha..

    ReplyDelete
  4. kalo emak saya sayur asem ny pake kacang tanah, jagung manis, kacang panjang, kecambah, daun melinjo kadang pake nangka muda. kuahnya agak bening gitu. ntah sayur asem mana tuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa banyak sayurnya, pengen nyoba!!
      tambah unik resepnya emak sampean.

      Delete
  5. kayaknya setelah chat sama aku bikin kamu semangat nulis ya jeng wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Insyaa Allah lebih sehat dibanding makanan yang tidak jelas.

    ReplyDelete

Please give your comments in writing ...