Monday, February 11, 2013

Kegagalan Masak Tongset

Bahan dasar: Ikan Tongkol





WHOAAAAA~~~ lama banget ya saya nggak nulis resep lagi. Alhamdulillah kemarin kesampaian masak *Tongsetnya mbak Esti. Hasilnya sih nggak sama persis, emang saya pernah apa ngrasain Tongsetnya mbak Esti?! Nggak! Hahaha, kalau kalian kemarin-kemarin ada liat liputannya di Trans7 pasti tahu-apa sih Tongset buatan mbak Esti itu. Saya nggak sempet nyatet resepnya, soale tayangannya cepet banget. Cuma sekilas-sekilas gitu, dan saya putuskan buat nyari resepnya di google. Rada nggak yakin sih, ni resep beneran akurat apa nggak. Halah yo wis, yang penting dicoba dulu!


Oke, saya nggak akan nyantumin di mana dapet resepnya-kalian bisa cari sendiri di google. Toh, saya masaknya pakai feeling saya sendiri, alias resep yang saya dapet nggak disertain proses masaknya kayak gimana :P Beda ama tulisan saya di blog, kan dicantumin prosesnya biar semua bisa ngerti hehehe. Prosesnya rada lama, jadi disarankan buat yang punya kesabaran masak aja. Berikut cara masak abon Tongkol yang gagal hahaha :
  • Setelah Ikan Tongkolnya kalian cuci bersih, selanjutnya bisa dikukus sampai masak. Bisa dilihat hasilnya seperti gambar di bawah ini:



  • Nah, sambil menunggu ikan Tongkolnya dingin-kalian bisa siapin bumbu berikut: bawang merah, bawang putih, 3 macam cabai (saya pakai lombok rawit, lombok merah sedang dan besar), jahe sedikit, lengkuas, daun salam selembar, daun jeruk purut selembar, gula putih dan garam. Kemudian haluskan bumbu ini: bawang merah, bawang putih, cabai, gula putih dan garam serta jahenya. Setelah itu keprek lengkuasnya, dan tarus saja daun salam serta daun jeruk purut di atas bumbu yang sudah dihaluskan.
  • Selanjutnya hancurkan daging ikan Tongkol, sambil dihilangkan duri-durinya yang kasat mata hehe. Hasilnya seperti berikut:



  •  Gorenglah daging ikan Tongkol yang sudah dihancurkan tersebut sampai kering. Kesalahan saya pada step ini adalah dengan memasukkan semua daging ikan Tongkol tersebut ke penggorengan yang minyak gorengnya sedikit-jadilah si daging ga kering-kering huhuhu T____T
  • Setelah daging ikan Tongkolnya kering, angkat dan tiriskan. Panaskan sedikit minyak goreng kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya. Aduk-aduk sampa wangi, lalu masukkan daging ikan Tongkol goreng kering tadi. Oseng-oseng sampai bumbu tercampur rata. Jangan lupa cicipi ya, kira-kira kuarng apa.
  • Ketika semua proses di atas sudah selesai jangan lupa di foto trus pamerin ke saya. Abonmu gagal apa nggak-punyaku gagal, dan jadilah foto di paling atas, hahaha. Selamat mencoba teman ^___^



 NOTE:
Eh, sebenarnya ikan Tongkol itu ada jenisnya kah? Yang di Tv kemarin itu daging ikan Tongkol yang diambil yang putihnya saja. Sementara yang punya saya kemarin ada bagian gelapnya. Jadinya nggak cantik, gagal pula. Ada yang pernah beli TONGSETnya mbak Esti, saran dong >.<

46 comments:

  1. tadinya aku pikir tongseng, wekekeke
    pngen nyoba tapi males beli bahannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya terserah aja sih mau dikasih nama apa, bahannya mahal cuy :P

      Delete
  2. iya tongkol itu ada dua macem deh kayanya diah, aku dikasih tau penjual ikan. ada tongkol yang kecil-kecil harganya lebih murah tapi suka gatal kalau dimakan. aku biasanya beli tongkol yang besar nanti dipotong-potong terserah kita mau beli berapa potong

    ReplyDelete
    Replies
    1. eits, mbak Lidya...sejak kapan nama saya Diah???
      saya kemarin beli yang Tongkol ukuran besar, minta dipotongin deh jadinya. Tapi kok ga sama ama yg di tipi. Dia dagingnya kuning ayu gitu pas udah digoreng, kalau punya saya kan ada daging yang rada gelap tuh..kayak warna hati deh -.-"

      Delete
  3. kata penjual ikan ada dua macem tongkol diah, yang stau kecil2 dan harganya lebih murah tapi kadang suka gatal kalau dimakan. biasanya aku beli yang besar dan sudah dipotong

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Lidya, nama saya Ajeng Sari Rahayu ya mbakkk :)

      Delete
  4. wah, kali ini mbak Ajeng masaknya lebih terencana ya,
    terkesan komplit karena pengerjaannya agak lama,
    o ya mbak, cara hancurinnya biar cepet dan teksturnya sama kecilnya semua seperti yang mbak buat gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurutku justru ini kacau, harusnya aku bisa goreng Tongkolnya sampai kering...apa daya kemarin itu udah nggak telaten karena disambi ngerjain yg lain -.-"

      Oh, aku kemarin ngancurinnya pake sendok, kalau pakai tangan saya nggak suka-amis! Tapi ya pakai tangan juga sih, ngilangin kulitnya kan yang dipakai dagingnya aja. wahhhhhh lupa dicantumin >.<

      Delete
    2. ouw, soalnya cincangannya rapi mbak, kecil2 kayak pakai mesin ulekan daging itu lho..
      tapi hasil akhirnya kelihatan kering kok tongkolnya mbak, nyummy..

      Delete
    3. berarti saya emang bakat ngancurin daging, *eh


      beuh mas Yudhi ini, fotonya sih nampak kering. coba pas sampean makan-komoh2

      Delete
    4. nah itu dia, saya selalu ngiler liat fot masakan mbak,
      makanya pengen nyicipin langsung buatan mbaknya..

      Delete
    5. alhamdulillah, ternyata ada aja yg memuji-tak jarang pula ada yang ngritik soal foto yg biasa2 itu.

      antara penulis dan komentator terpaut jarak yang lumayan jauh, jadi maaf aja kalau nggak bisa ngicipin masakan saya ya. Kenapa nggak nyoba masak sendiri aja :P

      Delete
    6. secara fotografis saya gak memuji mbak.. -_-"
      orang emang kelihatannya gurih, gimana..

      oke deh, ntar saya coba biar digoreng lebih kering..
      (kalo ada waktu, hehe)

      Delete
  5. kayaknya ibuku belum pernah bikin ini :D
    maklum lah anaknya pada ga mau makan ikan :P

    ReplyDelete
  6. malah baru denger ada makanan pake judul tongset
    tongkol setan ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga baru tw om, kebetulan aja kemarin liat liputannya di tipi lah kok pengen nyoba :D

      *yup, tongkol setan om

      Delete
    2. oh tongset itu tongkol setan.. *manggut-manggut*

      Delete
  7. ikan tongkol emang ada dua maceem, ikan tongkol biasa sama ikan tongkol sisik, ikan tongkol sisik yang enak, dagingnya putih, nah kalo ikan tongkol biasa itu, dagingnya 2/3 putih, 1/3 lagi itemm (pengalaman jual ikan) hahahah bukan deng, kios mertua saya jualan deket sama pasar ikan, jadi lumayan tauuu deh hal per-ikanan, hehehhe, saya sukkkaaaa makan abon ikan, tapi malas masaknyah, beli ajalaah.... xixiixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih banyak mbak Meilya untuk penjelasannya-sangat membantu. nanti2 kalau mau masak abon tongkol kan bisa nyari tongkol sisik..

      iya sih, masaknya ribet gituuu..amis lagi

      Delete
  8. meski gagal, yang penting rasanya dapet kan???

    ReplyDelete
  9. gak pedes kan??
    kalo gak pedes, dija bantuin makan ya???

    ReplyDelete
  10. Yahh...
    kurang suka ikan tongkol..

    Tapi gapapa deh yaa aku kasih tau orang rumah soal resep ini?
    :))

    P.S.
    Foto pantainya udah ditambahin!! X))

    ReplyDelete
  11. kadang rahasia suatu resep gak dibuka semua. ah tongkol, aku gak begitu ngerti soal masak ikan. selama ini katering

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, bisa jadi gitu mbak. kalo gitu mah ga usah dikasih sekalian aja resepnya, alangkah baiknya kalau kita bisa berbagi resep yang bisa dicoba ama jutaan umat manusia :)

      Delete
  12. Jeng, mintttaa kayaknya enak tuuh hehe akuu paling doyaan ama ikan tongkol, cuma pake sambel n kecap aj pasti habis apalagi dibuat kayak resep diatas hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. dah habis Wiiii :P
      iya dimakan sama sambel aja dah enak, aku mau nyobain tongkol sisik ntar2 kalau nemu di pasar hhe

      Delete
  13. sis..kalau ada resep baru info ke blogku yaa :)

    http://riniigilina.blogspot.com/

    ReplyDelete
  14. mungkin yang di tipi kelihatan putih bersih karena dagingnya yang item ga diikutin kali jeng..
    soalnya kalo aku biasanya daging yang bagian item ga mau makan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. engggaaaaaaaaak Yen, kemarin ada yg ngomen kalo tongkol emg ada 2 macem. nah yg namanya tongkol sisik dagingnya putih semua, yg di tipi emg dikasih liat dagingnya putih smw pas dihancurin...


      knp gmw? ga doyan, atau gosong :D

      Delete
    2. ga doyan jeng, abis biasanya pahit dan lebih amis baunya :p

      Delete
    3. pahit? kmrn2 itu pahit sih ga-teksturnya jd jelek...ga cantik gitu Yen, buthek, jgn2 lain dagingnya yg kamu makan -____-"

      Delete
  15. salam kenal mbak-e, waaaahhh ada temennya juga aku pas nonton liputan tv kemaren, dari kemaren pengin masak tongset, tapi dah lupa apa bumbu"nya. untung nemu resep mba ajeng.... jadi ga ngiler lagi ntar hohohoho makasih ya mba,

    ReplyDelete
  16. mbak semoga ini membantu...
    sewaktu aku nulis ini di blog, mbak esti mengirimkan hadiah tongkol setan sebagai ungkapan terima kasih.
    http://lembutambun.blogspot.com/2012/08/tongkol-setan-hadiah-dari-mbak-esti.html
    http://fromeatpraytolove.blogspot.com/2012/02/marketing-plan-februari-2012-tongkol.html

    ReplyDelete
  17. Sharing aj,, lbh bagus tongkol cm dihancurkan tanpa digoreng dl. Krn kl digoreng bkin keras dan kadang alot...

    ReplyDelete

Please give your comments in writing ...