Wednesday, April 11, 2012

Kesenjangan sosial, kemerosotan moral dan mental

gambar dari google
Entah kenapa, saya benar-benar ingin mengungkapkan hal ini. Hal-hal yang sudah tidak asing lagi terdengar, terlihat, terpampang bahkan sering kita dapati di lingkungan sekitar rumah kita. Tidak ada orang yang menginginkan hidup miskin. Bahkan jika memilih untuk hidup kaya-bukankah harus ada jalan yang ditempuh?

Kemarin, saya nggak sengaja noleh atau nengok ke jalan. Eh nggak tahunya, ada paman-paman yang suka ngumpulin rongsokan atau barang bekas di depan pagar rumah tetangga. Ya udah, saya samperin paman tadi. Trus saya nanya, " Pak, mau nggak beli buku-buku saya? beliau nanya balik, " Banyak nggak?. Saya jawab deh, "Banyak pak." Singkat cerita, saya turunin deh, buku-buku pelajaran saya zaman putih abu-abu dulu-yang memang kebetulan sekali udah saya ringkas; saya iket pakai tali rafia jauh-jauh hari yang lalu; pas mbersihin kamar saya. Lumayan berat, sampai ngos-ngosan. Setelah negosiasi sebentar, beliau sepakat ngasih harga sekilonya Rp.800,00. Lumayan lah, lagian saya nawar lagi juga nggak bisa; ya wes lah.


Buku-buku tadi pun ditimbang pake timbangan yang kalo di Jawa sih setahu saya timbangan tadi dipake buat nimbang gabah. Saya terkejut pas si bapak tadi ngluarin dompetnya; dibalik baju lusuh-di dalam pocket yang diikat ke perutnya. Hmmm, duitnya banyak sodara-sodara. Sontak saya kaget. Subhanallah.... nggak ngira aja. Dengan pakaian lusuh, robek-robek gini duitnya banyak. Saya pikir kalau ngumpulin rongsokan kayak gini, dapet duit juga nggak seberapa. Ternyata oh ternyata, saya tertitpu oleh pandangan pertama!

Nah, saya kembali berpikir. Apakah kantong para pengemis sama tebalnya? Memang, pakaian mereka lebih lusuh, lebih kumal, lebih jelek lagi dari pakaian si tukang rongsokan. Tapi kalau dipikir-pikir lagi kan penghasilan mereka bergantung pada orang yang ngasih duit. Sementara si tukang rongsokan mah kerja sendiri. Dengan keringatnya sendiri, sabar ngumpulin rongsokan trus dijual deh. Nyari-nyari di onggokan sampah. Mungut-mungut sampah di jalan-di mana aja yang ada sampahnya.

Pikiran saya yang lain pun ikutan nyumpel. Terus gimana sama mereka yang karena nggak kuat mikul beban rumah-tangga, milih mati gantung diri? Atau yang sering sekali ada di layar televisi-mereka yang kerjaannya ngrampok, maling, nyolong, nyopet, korup. Kenapa mereka nggak jadi tukang rongsokan aja?!

Berhentilah mengeluh, pilihlah jalan yang tepat, usahakan dengan baik serta jangan lupa berdo'a. Kadang cerdas saja tidak cukup, kalau akhlak kita tercela. Sebaliknya, akhlak kita baik-tapi hidupnya malas-malasan juga percuma. Terima kasih kepada kalian yang berkenan membaca uneg-uneg saya ini. Maaf kalau silaturrahmi belum bisa saya sambung. Bukankah kita diharuskan untuk memilih yang mana-mana untuk diutamakan-terlebih lagi ini urusan di dunia nyata. Agaknya saya terlalu serius. Tapi bener deh, akhir-akhir ini emang sibuk. Banyak tugas kuliah yang harus dikerjakan. Makasih ya, udah mampir :)

12 comments:

  1. ayo tugas2 kuliahnya jangan lupa diselesaikan dulu ya :)

    ReplyDelete
  2. sepertinya pengemis itu malah lebih banyak mendapatkan uang ya he he he

    hebat sekali ya perjuangan bapak pengumpul rongsokan itu

    ReplyDelete
  3. Yaaa pengemis memang kaya, nggak kayak pengamen. :) beda lagi. Jual iba, atau jual karya. Keduanya berbeda.

    ReplyDelete
  4. yah memang jangan melihat seseorang dari penampilannya :) btw met sibuk kul n sukses selalu :)

    ReplyDelete
  5. iyah, sama, aku juga lg sibuk di dunia nyata. ini aja disempet2in, kangen sama blogger2 yg dulu suka saling mampir, hehehe..
    bener tuh,seharusnya semuanya berjuang pakai keringat sendiri, bukan mengandalkan orang lain. hasil nyolong sama ngemis dijamin gak akan long last seperti menjadi pemulung ;)

    ReplyDelete
  6. kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    Orang miskin bukanlah seseorang yang tidak mempunyai uang,
    tapi ia yang tidak memiliki sebuah mimpi.,
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

    ReplyDelete
  7. jadi tersentil...
    ^^ semuanya emang kudu seimbang yah

    akhlak baik, dan juga berusaha menjemput rezeki
    Allah gx akan tinggal diam melihat hambaNya yang terus berusaha^^
    nice posting jeng

    ReplyDelete
  8. Itu kan banyak duit juga buat modal beli buku2 bekas yang mau dikilo neng, kalo mau dilihat tingkat "kekayaannya" tanya aja sehari dapet berapa.

    *soalnya pernah juga ngeliat sendiri yang duitnya banyak, tapi emang buat beliin barang2 bekas gitu

    ReplyDelete
  9. melihat pengungkapan dan curhatan mba Ajeng di atas ini.. aku jadi membayangkan satu ingatan lama... tentang suatu negara,, yang pemungut sampah bukanlah sebuah pekerjaan hina dan melarat....

    Entah kenapa membaca ini, aku sempat tersenyum... dan berbangga hati pada si empunya pekerjaan itu.. ternyata ia telah membunuh sugesti buruk tentangnya....

    Ah, kenapa sih,,, di dunia ini harus ada yang dihina, atau merasa terhina karena pengaruh sekitarnya yang menilai... Kenapa yah, menjadi bodoh itu sekarang jadi tidak wajar... padahal menjadi bodoh, menjadikan kita banyak diberitahu tentang hal hal yang tidak akan pernah kita tahu sebelumnya... ^___^

    ReplyDelete
  10. kalo pengemeis di dekat kampus ku dulu, ke tempat kerjanya malah pake motor. trus motornya dititpin di warung dekat jembatan, habis itu dia ngemis :))


    moga urusan-urusannya cepat kelar. sukses yooo...

    ReplyDelete

Please give your comments in writing ...