Friday, February 18, 2011

AKU dan BLOG



Bicara mengenai dunia blogger nggak ada matinya ya! Setiap hari ada saja yang akan kita tulis dan baca. Bagi yang ngeluh "aduh mau nulis apa ya?lagi blank neh..." sangat disayangkan lho. Padahal kalau kamu ingin meluangkan sedikit saja waktu berpikir, pasti ada saja bahan untuk disulap jadi tulisan. Nggak usah yang ngoyo banget, "duhhh, pokoknya aku harus mikir, terus bisa posting hari ini!", nggak gitu kali. Kalau terlalu memaksakan berpikir sih dampaknya nggak baik. Ntar yang ada paragraf satu dan seterusnya pada nggak nyambung tuh.

Terhitung dari Bulan Agustus 2010 kemarin saya mulai aktif ng'blog. Dikenalin dan disaranin ng'blog sama salah satu teman di facebook saya. Awalnya sih lihat-lihat blognya dia karena memang belum tertarik. Terus saya nyoba daftar dan mulailah hubungan antara AKU dan BLOG terjalin.



Pertama ngetik, jariku kaku. Ide nulis juga asal-asalan. Kesulitan seringkali saya dapati saat merangkai kalimat dan akhirnya paling parah ya ngoceh nggak jelas tentang yang sebenarnya mau dibahas. Stop di tengah jalan gitu aja. Bisa dilihat kok di postingan saya yang awal-awal. Betapa lugunya saya menguraikan beberapa kalimat kala itu. Cuek saja sih mau dibaca apa nggak. Dan kebukti juga kok yang berkomentar saat itu satu-dua orang saja.

Dari hari ke hari saya terus saja menggeluti blog saya. Template pertama rada rame, ada lagunya Chester Bennington feat. Moetley Crue dengan single favorit saya "Home Sweet Home". Di template sebelumnya juga kebanyakan javascript. Dampaknya, ada beberapa teman sesama blogger yang ngasih kritik supaya javascript tadi dikurangin (katanya sih loadingnya lama).

Kritikan tadi cukup lama saya cuekin karena memang sudah jatuh cinta sama lagu "Home Sweet Home". Itung-itung buat semangat nulis gitu. Berlanjut ke hari berikutnya, saya mulai rajin blogwalking (jalan ke blog temen) di sana-sini. Baca-baca dan mengomentari ini-itu. Saya juga mulai merasakan perubahan dalam gaya mengetik yang awalnya lambat jadi sedang. Dari yang kaku mengurai kalimat jadilah seperti sekarang. Yang tadinya nggak ngerti beberapa tips menulis jadi paham. Baik dalam penempatan tanda baca maupun pemakaian kata.

Toolbar (bener nggak sih?) yang ada saat kita menulis di blog aja satu pun belum saya coba. Yang ngerti paling ya cuma huruf besar atau kecil terus sama tombol undo juga B / U itu lho...parah banget ya?! Nyoba-nyoba, tulisan saya warnain. Hasilnya tambah jelek. Terus nyobain juga upload foto atau gambar. Sampai berkali-kali baru bisa dan ngerti benar fungsi toolbar tadi. Maklum lah, walau di rumah ada komputer, Microsoft Office Word jarang sekali saya buka. Padahal di SMA kan pernah diajarin Jeng?! Hmm, itulah saya. Suka asik sendiri, jadi hal-hal yang penting seringkali terlewatkan.

Seiring pergantian hari menjadi minggu, minggu ke bulan begitu seterusnya saya pun berkeinginan mengganti template blog saya. Tanya-tanya ke teman sesama blogger di facebook dan dapatlah template yang sekarang. Jujur, buat ngutak-atik ini template saya ampe mumet sendiri. Pusing begadang tengah malem sampe bisa ngganti template tadi. Pokoknya malam itu saya punya prinsip "Aku harus bisa!". Alhasil saya sempat buat satu akun blog lagi buat uji coba template baru atas saran seorang teman sesama blogger. Hingga akhirnya saya berhasil mengganti template yang lama dengan yang ini.

Ketika proses pergantian tadi berlangsung, susunannya masih kacau. Lalu saya pilah-pilih dan ngurangin javascript yang nggak terlalu penting semacam lagu tadi. Saya susun dari awal. Saya coba-coba. Awalnya di samping kanan, terus pindah ke kiri. Tulisannya dipanjangin, eh saya ganti lagi. Begitu seterusnya sampai minimalis seperti yang bisa kalian lihat sekarang teman...

Template udah beres, selanjutnya saya terus menerus belajar membuat postingan yang menarik untuk dibaca. Saya amati lingkungan sekitar, saya jadikan tulisan dan alhamdulillah setiap harinya banyak teman blogger yang mampir. Entah itu sekedar baca atau disertai komentar. Pengikut blog ini (follower) pun bertambah banyak. Dengan penuh ketelatenan, terus-menerus saya perbaiki kekurangan saya dalam tulis-menulis dan mengomentari serta menanggapi komentar balasan.

Manfaat satu-persatu mulai saya rasakan. Hingga suatu hari ketika saya liburan ke Yogyakarta, blog ini sangat saya rindukan. Gelisah dan sedikit penasaran terbersit di benak saya saat itu. Karena tidak berani keluar rumah sendirian ya saya urungkan niat ke warnet hanya untuk membuka blog. Saya sempatkan mengintipnya saja lewat handphone sampai pulsa saya sekarat, haha :D

Kegemaran saya akan blog memang sudah tidak asing lagi. Kalian bisa menilainya dari keseringan saya menulis maupun mengunjungi blog kalian (walau tidak semua blog bisa saya kunjungi). Blog sudah seperti rumah kedua saya. Setiap hari jika tidak berhalangan pasti saya huni. Sementara jika aktivitas padat dan keadaan tidak memungkinkan ya mau tidak mau merelakan pulsa ludhes.

Ekspresi wajah saya ketika mendapati blog-blog yang spektakuler ya beragam. Kadang cuma mengernyitkan dahi, tak jarang juga ketawa sampe sakit perut. Teman-teman blogger pada pinter ngambil hati pembacanya sih. Nggak cuma info aja yang ditulis, tapi banyolan kocak juga diikutsertakan. Selain serius, kita juga diajak ketawa-ketiwi sama mereka. Ada juga interaksi yang hanya balas-balasan komen dan nantinya berlanjut ke kopdaran. Saya sendiri belum pernah kopdaran, pengen lah suatu saat, semoga bisa kopdaran ya!

Sebagai penghuni blog ini, otomatis saya sering dan kadang berjam-jam nongkrong di rumah (blog) saya ini lho.Rasanya seperti ada yang kurang kalau sehari nggak ada bacaan dari sini. Nggak ada hiburan. Daripada nonton sinetron, saya lebih milih mandangin layar komputer. Melihat-lihat update'an blog temen dan nyari informasi.

Beruntung lagi bisa mengikuti blog competition. Menang atau tidak bukan masalah. Yang penting saya punya keberanian untuk ikut. Menyumbangkan pikiran serta opini. Dan tulisan ini juga berawal dari blogwalking. Akhirnya saya nyampe di salah satu blognya Chika. Saya mengikuti ini lho di blognya dia. Buat teman-teman yang mau ikutan langsung aja deh ngacir ke sana. Sekian dulu ya, selamat hari Jum'at ! haha :)

48 comments:

  1. hihii
    sama kayak chika dulu
    awal ngeblog chika warna2in tulisannya kayak lolipop hihiii

    makasih ya dah ikutan give away chika^^
    semoga menang :D

    ReplyDelete
  2. @ chikarei : ahaha,jadi malu. Langsung ditanggepin trus di do'ain menang pula...Chika makasih ya :)

    ReplyDelete
  3. waaaaahhh,,
    saya juga masih sering banget kesusahan bwt nulis,,
    pdhal ide bnyak bnget,,tp pas mw ngetik malah jdi bngung,,,

    hmm,,emank bner harus bnyak berlatih n telaten,,,:)

    ReplyDelete
  4. Manteep, yg pasti semua butuh proses ya, karena memang tdk ada seorangpun yg langsung bs...

    Detik di kehidupan menuntun kita harus terus belajar dan belajar, bila kita tdk ingin ketinggalan....jihehehee....

    Keep spirit Mba Ajeng....!!!

    ReplyDelete
  5. @ ..:..Rez Iras ..:.. : Iya, harus sabar juga pastinya :)



    @ Mr TM : Wahhhhhhhhhh,nambah lagi semangatku kalo tiap hari disemangatin kayak gini :D


    makasih banyak nasehatnya...

    ReplyDelete
  6. Wow....ide yang spontan ????
    Brapa lama nulisnya nih ? 3 menit ? 5 menit ?

    Thx,saya dapat pelajaran dari sini bahwa ide itu banyak sekali dan kita tinggal ambil saja di lingkungan kita.....thx a lot

    ReplyDelete
  7. @ Rizal : Begitulah Zal...pokoknya jangan ditahan-tahan deh kalau mau nulis ya nulis aja...

    berapa lama ya?! ini tadi sempat aku tinggal ngobrol ama temanku, trus pas dia dah pulang lanjut ngetik lagi deh..


    semoga bermanfaat ya, oh ya! u r welcome :)

    ReplyDelete
  8. iya mba, tulisan mba Ajeng makin hari makin bagus.
    keliatan ada peningkatan, sukses ya.
    semoga menang kontesnya :)

    ReplyDelete
  9. sekarang mengetik sudah mengalir seperti air ya?
    aku masih harus banyak belajar nih.

    ReplyDelete
  10. ikutan yah project... insya allah ini bakal diterbitin... kuran 19 lagi.... sebarin jga ke temen-temen kamu yah...

    http://emmanuelthespecialone.blogspot.com/2011/02/mari-berbuat-suatu-buat-anak-anak.html

    ReplyDelete
  11. @ narti : Hehe,makasih sudah setia menemani perjalananku :)



    @ gp : Mungkin :D
    aku masih belajar juga kok...



    @ Noeel-Loebis : aku dah nyoba nulis kemarin itu Noel..tapi stuck deh,aduuuhhhhhhhhhh :(


    aku coba lagi ya insya Allah

    ReplyDelete
  12. sama dulu saya ngeblog bingung posting apa, apalagi musti pergi ke warnet, di rumah pasang internet yang dari kabel telepon (rumah) telkom, wooow mahal banget pulsanya

    sekarang aku sudah punya banyak bahan blog, umumnya terinspirasi dari situs ternama lokal atau situs2 Luar Negeri

    ReplyDelete
  13. waduh saya juga pernah bingung bongkar pasang template, suka penasaran. Pernah pas waktu utak atik kode HTML tau2 di laman blog widget yg tadinya sebelah kanan semua tiba2 pindah ke kiri yang lebih kalut lagi postinganya gak muncul, hehe panik bgt!!

    ReplyDelete
  14. @ r10 : inspirasi mah dateng darimana aja, asal kita tanggap insya Allah dapet kok :)



    @ yayack : Iya itu Yack, kemarin bela2in begadang ngutak-atik templatenya aja. Terus bingung juga bolak-balik kok masih aja salah inilah-itulah...Dan akhirnya bisa dilihat sekarang :)

    ReplyDelete
  15. Perkembangannya melesat mbak, salut jempol selusin atas penulisan dan komentar-komentar yang diberikan.
    teruslah berkarya

    ReplyDelete
  16. @ Djangan Pakies : Hhe, Bapak...makasih ya!

    selama masih ada waktu, tetep jalan kok pak :)

    ReplyDelete
  17. aku dan blog-ku selalu bikin cenat-cenut hatimu ... haha
    nyante aja ngeblog itu jeng
    ga usah mencari apa2 kecuali kesenangan :D

    ReplyDelete
  18. @ John Terro : iye2 nyante :p

    BTW, tu lagu buat sapa?! aku kh?hahahaha :D

    ReplyDelete
  19. haha ... lagu buat yang lagi cenat-cenut
    btw. blog ku kan lagi hiatus, kan musti selalu moderasi komentar
    sebenarnya sih bisa kamu komen langsung masuk
    asal kamu jadi member (author) dari blogku
    kayak si om Huda Tula tuh

    penjelasan lengkapnya, di sini

    ReplyDelete
  20. @ John Terro : oke deh, tak turutin cenat-cenutmu John! :p

    ngacir ke petunjuk tadi ah ...

    ReplyDelete
  21. eh, ada yang nyebut2 nama gue.. hihihi

    Oke Gud Luck buat lombanya. Moga dapat give away!

    Emang tulisan kamu dah asik dibaca kok! ganbatte..

    ReplyDelete
  22. hmm,,,punya temen juga akhirnya yg mulai setia ngeblog sejak 2010..

    Iya, aku juga suka ngerasa gimana gitu kalo sehari nggak nge-check blog, heheh..

    Keep writing...Hope it's inspiring ^__^

    ReplyDelete
  23. Aku juga pengen ah ikutan give awaynya Chika... Tapi belum ada ide... hehehe

    ReplyDelete
  24. Semoga menang ya... dan semangat terus ngeblognya ya?

    ReplyDelete
  25. Semoga menang ya... dan semangat terus ngeblognya ya?

    ReplyDelete
  26. hmmm klo saya baru belajar ngeblog bulan ini... itu pun diajarkan oleh kakak saya.. katanya gaka ada kata terlambat untuk belajar....

    salam kenal mbak.. singgah juga dirumah maya ku ya... ^__^

    ReplyDelete
  27. huahahaha jadi berniat nulis awal ngeblog deh ;p btw progressnya termasuk cepet ya jeng. cuma beberapa bulan tapi signifikan ;D

    ReplyDelete
  28. kurang lebih sama mbak, berawal dari sebiah buku sederhana akhirnya terciptalah sebuah blog pertama saya sekitar 2 tahun yg lalu. *tapi sekarang sudah lupa passwordnya, WKWKKW

    Akhirya bikin lagi blog yg sekarang pake akun ini, dan beberaa blog lagi (ada 4 buah bllog dg topik tertentu) *Kalo yg ini topik gado2 ajalah*

    Oya, akunku yg lain juga pernah komen & follow disini lho jika Blog Santai tidak hadir, hhe...

    ReplyDelete
  29. sama nih, kalo udah nongkrong di blog bisa lupa waktu.. keasyikan baca ini itu juga sekalian posting ini itu :D

    ReplyDelete
  30. ciee..ciee..udah mulai rame nih kayaknya blognya!. aseek daah, followernya juga udah banyak gitu.

    traktiran donk!>.< kapan-kapan syukuran gitu bagi-bagi apaa..

    semoga sakseis yah kontesnya Chika

    ReplyDelete
  31. Agustus 2010? Kirain lebih berumur lagi --"

    ReplyDelete
  32. wahhh blog bikin addict ya hehe
    semoga menang ya jeng

    ReplyDelete
  33. oh link itu isinya tentang penulis yang bisa nulis di blog ku juga :D

    oh ya intinya itu blogku bisa dibuat semacam blog bersama :)

    btw, aku udah add FB kamu loh jeng :)
    silakan dicek :)

    ReplyDelete
  34. semoga semangat terus ngeblognya ya ajeng... salam kenal balik dari saya :D

    ReplyDelete
  35. Kalo mau mendiskripsikan Ajeng menggunakan cukup dgn satu kata, maka kata tersebut adalah BLOG. :)

    ReplyDelete
  36. Moga menang ya jeng..
    Asik ya bisa punya waktu luang bisa ngeblog terus jadinya. #envy
    Hihi

    ReplyDelete
  37. jalan jalan siang.. sambil nyari ide di sini. mbak selain di blog emang biasa nongkrong di mana lagi>???
    salam kenal

    ReplyDelete
  38. hahahah bener tuh kata gaphe, sekali-kali sukuran gitu bagi-bagi apa ;p kan eyke juga mau ikutan.

    ReplyDelete
  39. Saya juga sering kangen dengan blog saya, di sela-sela pekerjaan yang menuntut perhatian dan fokus saya hampir tidak sempat untuk berlama-lama di blog, namun jika ada sedikit saja kesempatan, saya pasti menjenguk blog saya walau hanya sekedar mempublish komentar yang masuk atau membalas komen yang masuk. Memang ada juga komentar sahabat yang terlewatkan untuk dibalas.
    Btw, Blognya mbak Ajeng keren :)

    ReplyDelete
  40. @ John Terro : Udah kok, ne nungguin postinganmu :p


    @ Huda Tula : Ah, siapa ya?! hahaha, makasih Huda Tula...btw ganbatte artinya apa?



    @ Putri Baiti Hamzah : Thanks put, I hope so :)



    @ catatan kecilku : Nggak harus ada ide kok, coba deh mulai ngetik ceritamu pas pertama kali ng'blog ntar juga keluar tuh rumus ajaib..hehe :)




    @ the others.... : Amin, iya makasih :)


    @ RIZAL : silakan :)



    @ Yhantee : Iya mbak,insyaAllah singgah... ng'blog nggak sia2 kok mbak...serius deh ;)



    @ Sang Cerpenis bercerita : Amin, makasih mbak Fanny :)



    @ ☺☺☺ : Tulis aja Ta, aku siap membacanya :D

    Iya lumayan cepet sih, mumpung da waktu neh :)



    @ Blog Santai : hahah, wah mas Agus ini..diam2 punya blog banyak! Yang mana aja ya?!
    :D



    @ Meutia Halida Khairani : Iya, asal jangan lupa ama kewajiban aja ya :)


    @ Aulawi Ahmad : Amin, makasih Wi :)



    @ Gaphe : Iya Phe, makasih banyak atas dukungan dan todongannya..hahahaha :D



    @ Miftahgeek : hehe :)


    @ andriani retno : Iya neh! Amin , makasih Retno :)


    @ John Terro : Udah John, kita friend sekarang :D


    @ NINDAAA : Amin, iya mbak :)



    @ Apokpak : Aku dan Blog :)



    @ Dewi : Yahh kak, jangan ngiri dong!? Nggak tiap waktu juga bisa ng'blog terus. Kita kan nggak tau masa depan tu kek gimana,hehehe. Ayo yang semangat mbakku sayang :)




    @ beemountain : YM,fb jarang, forum jg nggak tiap waktu dibuka...salam balik :)



    @ ☺☺☺ : Hahahah,ini sebelas-duabelas ama Gaphe ya! uhuhuh, ntar lah...nyari money dulu :p



    @ Serba Ter : hehe, makasih banyak mbak :)

    tapi ada kalanya capek ng'blog (mata). Kebanyakan baca-baca gitu mbak, kalau komentar selama saya sempet bales pasti dibales semua :)

    ReplyDelete
  41. wach, saya telat comment nich...,,

    jadi inget awal nge`blog dua tahun yang lalu, hmm...,, bayangan ngutak-atik template blogspot sampai multiply masih suka menggoda saya.
    well, sepertinya sudah mulai menemukan ritme nge`blognya nich...,,

    slamat ya....,, ;D

    ReplyDelete
  42. @ eL Ro : hehe,gk ada kata terlambat teman :)


    begitulah,ehehe

    ReplyDelete
  43. jalan2 ke tempat mbak ajeng..lucu juga kisah nya...hehehe

    smg dirimu dan dirikuw menang yah...hehehehe

    salam kompak selalu

    ReplyDelete

Please give your comments in writing ...