Sunday, January 23, 2011

Apa Iya ini Makanan Bule?!

Hari ini saya kerahkan semangat '45 saya agar tidak bermalas-malasan saja di rumah. Jadi, pagi tadi saya nyuci setumpuk baju lalu menunggu sebentar kira-kira 2 jam an karena di luar sana hujan (Banjarmasin). Setelah setitik cahaya cerah menawan itu kembali muncul, baru deh dijemur cucian saya tadi.

Nah, hari Minggu kan kebanyakan orang menghadiri kondangan atau punya aktivitas lain. Sementara saya sendiri tidak ada jadwal bepergian, ya untuk sementara di rumah saja. Karena lampu mati berjam-jam, maka mulailah saya niatkan untuk memposting artikel tentang salah satu makanan favourite Bule yang "katanya" suka makan bread gitu deh setelah lampu nyala (prakteknya dulu sih, baru posting ehehe ). Itu juga yang ngasih resepnya suami mbakku (Faisal). Kata mas Alif, mereka para Bule suka makan roti tawar yang digoreng pakai sedikit mentega. Jadi supaya lebih jelas, ini dia resepnya :


Pertama : siapkan alat memasak seperti teflon, 
sothel, sendok, garpu, 
pisau kecil, piring, mangkuk kecil dll.





Kedua : siapkan bahan seperti meises , roti tawar,
susu kental manis (enak atau indomilk terserah kalian), 
1 butir telur itik, blueband, gula pasir dll.




Ketiga : kocok telur itik tadi,
lalu panaskan satu sendok makan mentega
pada teflon dengan api kecil. Olesi roti tawar dengan telur itik 
yang sudah dikocok tadi sampai merata di kedua sisinya.
Kemudian langsung goreng di teflon 
dengan mentega yang sudah meleleh tadi (besarkan api kira-kira sedanglah).
Bolak-balik sampai warnanya kecoklatan 
dan selanjutnya angkat lalu taruh di piring, 
jangan lupa matikan kompor dulu ya 
sebelum memulai yang kedua, ketiga dan seterusnya.



Keempat : Setelah kompor dimatiin, 
mulailah berkreasi dengan roti goreng/panggang tadi. 
Olesi roti yang masih hangat tadi dengan susu kental manis (putih) 
dan selanjutnya bisa kita taburi gula pasir atau meises (keju juga boleh).


Kelima : Jadi deh, selamat mencoba ya!
Roti goreng/panggang ini enaknya dimakan pas masih hangat lho...


Gampang kan?! Bahannya juga nggak mahal-mahal amat. Bisa buat sarapan pagi deh, daripada makan mie rebus melulu. Ya nggak?! Soal Bule tadi, mas Alif bilang "Bule itu suka makan kacang-kacangan kayak kacang panjang, buncis dan sebagainya. 

Dan kalau pagi pasti makan roti yang di atas itu (tanpa meises, mungkin cuma gula pasir) soale kemarin itu katanya mereka di hutan. Malamnya baru makan nasi (wuiiih ...kelaparan dong sampean mas! ahaha). Jadi kalau Bule ingin diantar  ke restoran, biasanya mas tinggal bilang gini sama pelayan di restorannya " Warik handak makan". Yee mas, masa Bule dibilang Warik (Kera) sih?! 

Kenapa mas Alif sampai tahu makanannya Bule tadi? Ya karena kadang-kadang mas Alif nerima job sebagai "tourist guide". Paling sering si Bule tadi,  mengadakan penelitian-penelitian seperti "kenapa masih ada orang di Banjar yang mandi di sungai" dan lain-lain deh. Kebetulan saya cuma menanyakan yang itu. Jadi nanti kalau ada resep dari beliau pasti aku share ke kalian lagi. InsyaAllah ya teman-teman ku :)

42 comments:

  1. yuhuu...aku minta yg udah jadi aja mba...
    thanks ya :)

    ReplyDelete
  2. sedikit2 nulis bahasa Banjar boleh juga mba..kita2 biar tambah pinter :)

    ReplyDelete
  3. tentu ini jadi menu sarapan yg praktis n lezat.
    kapan2 nyoba ah, ikutan bule...hehe...

    ReplyDelete
  4. kirim ke surabaya donk jeng!! hiihii..

    tapi bentuk jadinya akhirnya koq sama aja kayak roti panggang yah?.. udah biasaaa..

    bikin garlic bread doonk!

    ReplyDelete
  5. @ narti : Iya mbak, nanti tak publish bahasa Banjarnya..ahahah :)



    @ Gaphe : BTW, nyampe sana dah ndak enak kali Phe...kan enakan dimakan pas lagi anget. Iya, itu emang roti panggang kali, cuman manggangnya kan pake mentega dikit...huahahah


    oke, garlicnya nyusul deh :)

    ReplyDelete
  6. enak nih, tapi bisa kenyang ngak sarapan ala bule ini...? Hihiihi~

    ReplyDelete
  7. Wah bahasanya saya kurang ngerti :D

    ReplyDelete
  8. @ Blog Santai : Kenyang mas kalau beberapa potong roti disantap, ehehe :)



    @ Kelpo : Yang mana ya?!

    ReplyDelete
  9. kayaknya bukan makanan bule lagi deh. ehhee....

    ReplyDelete
  10. kalo kayak gitu sih, ga hanya bule, saya pun juga suka :D

    ReplyDelete
  11. @ Sang Cerpenis bercerita : Iya mbak, udah merakyat gitu ...hhe :)


    @ John Terro : Nggak cuma kamu John, aku juga :D

    ReplyDelete
  12. hahai, itu memang makanan yang disukai banyak orang (merakyat)

    ReplyDelete
  13. salam sobat
    makasi mbak tip sarapan paginya he he he

    ReplyDelete
  14. wah enak dan lezat bin bergizzi kelihatannya..

    salam kenal mbak ajeng..

    ReplyDelete
  15. tetep aja saya maunya resep iwak haruan bumbu habang.. hahaha

    ReplyDelete
  16. Oo... roti panggang toh... kirain apa...

    ReplyDelete
  17. @ John Terro : Iya John, ndak bakalan jebol deh kantong :p



    @ abeng beng /arjopedal : Kembali kasih, salam juga deh :D




    @ blogger pemula : Iya kalau ada telor Itiknya ...salam kenal juga mas pemula :)




    @ Resep Rolade Tempe Saus Cokelat : Aduh, saya belom jadi Ibu mbak/mas ini ...tapi serius, ini beneran enaaaaaaaaaaaaaaakk :D





    @ huda-quincy : Oke, nanti deh Hud aku tak belajar masak Iwak Haruan bumbu habangnya :D





    @ Miftahgeek : Cobain gih :)



    @ Apokpak : Ahahaha, kamu pasti tertipu ya dengan judul di atas :p



    @ armouris : Makasih infonya :)

    ReplyDelete
  18. kelihatannya enak nih buat sarapan di pagi hari... salam kenal.. i follow this blog...

    ReplyDelete
  19. pasti enak..
    tapi iaa mbak dikata perut orang indo terbiasanya makan nasi, jadi pasti belum waktu jam makan siang udah keroncongan lagi hhi..

    perlu di coba nih ntar resepnya :)

    ReplyDelete
  20. @ minggupon : Enak, tapi buat cemilan sih kalau saya :)



    @ Mimi sikembar : Coba aja Mi, serius deh gampang banget! ;)

    ReplyDelete
  21. @ kartunmania : Buat aja daripada ngiler :p

    ReplyDelete
  22. Aku sering bikin yg seperti ini. Tapi dengan keju, buka meises. Super yummy. Thanks for sharing. Visit my blog sometime, ya ;)

    ReplyDelete
  23. @ John Terro : John2 ...kamu ini buat aku ketawa aja :)



    @ dunia kecil indi : Ehehe, pakai keju saya mau coba ah nanti...insyaAllah :)

    ReplyDelete
  24. terus bersemangat yach ..... semoga sukses heeeee

    ReplyDelete
  25. ada bule ada pakle juga gak xixixi :)

    ehm kalo orang indonesia asli kalo baru dikasih roti doank ntr kalo ditanya udh makan belum? pasti jawabnya belum, baru makan roti doank :) :) :) :)

    nice share

    ReplyDelete
  26. @ Ida Nurlaila : Ahahah, ada pak le pasti ada budhe :D


    Bener itu mbak, masih laperrrrr :)


    thanks

    ReplyDelete
  27. wah enak roti tawar digoreng plus meises ..... habis makan hati-hati kena diabetes ;p

    ReplyDelete
  28. @ r10 : Serius, enak banget ! Bisa diabetes ya?! kan tergantung porsinya juga kali, sama intensitas memakannya juga :)

    ReplyDelete
  29. coba tester nya dikirim satu kesini donk jeng :p

    ReplyDelete
  30. kereeeen...
    jadi ngiler nih
    paling enak dimakan pas hangat dan lagi hujan deras sambil nonton film
    hehehehee

    ReplyDelete
  31. @ dv : Dipaketin ya Dev, nyampe sana dah mbluburrrrr..ahahah, coba dong Dev sendiri..simple banget kok bikinnya :D




    @ Elsa : Iya mbak, pas banget itu kalau lagi ujan, yang anget2 siap disantap :)

    ReplyDelete
  32. @ Sejuta Ebook : Selamat bereksperimen deh sama ni resep :)

    ReplyDelete
  33. salam sobat
    wah kalau makanan ini,juga orang kita ngga cuma orang bule mba,
    saya juga suka roti,apalagi roti di atas yg digoreng di teflon nyam,,enak dimakan selagi hangat.

    ReplyDelete
  34. @ NURA : Ponakanku aja ketagihan mbak, minta dibuatin Abahnya...Iya paling maknyus emang pas masih anget mbak :)

    ReplyDelete

Please give your comments in writing ...