Thursday, December 2, 2010

Ayam Koloke buatanku

Seneng hari ini bisa masak lagi di dapur. Nggak bener-bener masak sih, ada Bunda yang bantuin. Maklum, ini resep yang ke-berapa gitu dan berhasil ku praktekkan. Ibunda dapat resep ini dari temennya mbak ku pas di Yogya kemarin. Ok, mari simak :


Alat dan bahan :
Alat-alatnya yakni tatakan, pisau, piring, penggorengan, lemper dll.
Bahan-bahannya yaitu bawang putih 3 siung, dada ayam segar (1 ayam), royco, tepung maizena, garam secukupnya, minyak goreng.

Cara memasak:
1. Cuci bersih dada ayam tadi. Kemudian iris tipis-tipis di setiap sisinya. Dan iris lagi seukuran lidi.
2. Haluskan 3 siung bawang putih dengan garam secukupnya di lemper.
3. Ayam yang sudah diiris-iris ukuran lidi tadi taburi dengan royco sampai merata dan secukupnya saja.
4. Campurkan ayam yang sudah dibumbui dengan royco dengan bumbu bawang yang dihaluskan sampai merata. Aduk-aduk dengan tangan.
5. Taburi lagi dengan tepung maizena sampai merata dan rasakan jika sudah kering serta tidak lengket itu cukup.
6. Selanjutnya goreng dengan api yang panas supaya mekar dan renyah.
7. Goreng sampai kekuning-kuningan dan siap disajikan.


Ayam koloke ini renyah dan gurih, enaknya dimakan dengan sambal ABC atau sambel trasi juga boleh. Paling digemari anak-anak ini, cocok buat kalian yang sudah berkeluarga dan punya buah hati. hehe
Buat kita-kita yang suka makan juga enak. Lauk yang pas dengan sepiring nasi yang hangat !














11 comments:

  1. @ Syaifullah Arifin : mampir aja ke Banjarmasin, atau minta buatin sama orang rumah aja ! gampang kog ^^

    ReplyDelete
  2. walaupun baru saja makan,setelah datang kesini jadi laper lagi .... hihihi

    ReplyDelete
  3. eeem...

    enak kayaknya nih... jadi ngiler.... heheheheh

    ReplyDelete
  4. enak enak enak, !!! :D
    nyaman nyak ai (bahasa banjar masin?/tembilahan) wkwkkwkkw :D

    ReplyDelete
  5. Hmm... apakah bsa aq menjemputx dri Padang ke Banjarmasin ???
    lau mau buat sendri ga' bsa... org rumah belum ada... lgian aq hidup sendiri ....hehe....

    ReplyDelete
  6. Persembahkan makanan itu pertama kali buat ibundanya sister:)

    ReplyDelete
  7. @ Syahida : hehe ^^

    @ Muhammad Chandra : enak lho.. cb aj d rumah ! :)

    @ s2self : ahahah, ketahuan ni orang Banjar !

    @ Syaifullah Arifin : ng'kost ya kamu??hhe


    @ Urang lembur : ambil aja mas kalau bisa sih,hoho ^^

    @ LFH : Sdh brother, tapi tetep yang ngabisin aku :D

    ReplyDelete
  8. Blognya cantik secantik orangnya,resepnya nyami banget nih

    ReplyDelete

Please give your comments in writing ...