Thursday, October 21, 2010

Menghadiri bedah buku "Sang Pencerah"

Yang di tengah adalah penulis buku " Sang Pencerah" Akmal Nasery Basral








   Kemarin, tepatnya tanggal 17 Oktober 2010 saya menghadiri bedah buku " Sang Pencerah" di IAIN Antasari ( Banjarmasin, Kalsel ). Sedikit info suapaya kalian tahu teman, berikut ini ada  penjelasan dari penulis :

April 2009              : diskusi awal antara Hanung Bramantyo (draf 1), Penerbit Mizan dan penulis
Desember 2009      : hunting lokasi di Yogyakarta (draf 6)
Mei 2009                : (draf 12) draf novel selesai 31 Mei, syuting film mulai Mei dan selesai tgl 30 Juni
Juli 2010                 : novel rilis di hari pertama Muktamar Seabad Muhammadiyah
September 2010     : premiere film




Silsilah K.H.Ahmad Dahlan :
Leluhur : Maulana Malik Ibrahim / Sunan Gresik ( ke Jawa 1404, wafat 1419 )
Kakek  : KH. Muh.Sulaiman  (b)
              KH.Ibrahim              (i)
Bapak   : KH. Abu Bakar
Mertua  : KH. Fadil (juga Pakdenya)

Muhammad Darwis pergi haji pertamanya umur 15th ( 1883-1888, pulang ke Jawa dengan nama Ahmad Dahlan ), elemen Kepemimpinan Beliau ( KH.Ahmad Dahlan ) meliputi :
Kritis               : menakar ulang peristiwa
Artikulatif        : berani mempertanyakan
Elektik            : berani belajar dari pihak lain
Apropsiasi      : mengimitasi objek yang sedang dipelajari
Partisipatoris   : membuka ruang orang lain terlibat ---> pemberian nama Muhammadiyah


Nah, di atas tadi sedikit info yang berhasil saya catat..hehe .Dari acara bedah buku tadi banyak manfaat yang saya peroleh dan ini saya sebut dengan "Pencerahan". Apa aja sih manfaat yang saya peroleh tadi, ini ada beberapa foto coba deh disimak :

Snack, sertifikat, dan door prize !

Saya mendapatkan sertifikat, snack dan juga door prize lho ..hehe .Setiap peserta yang datang mendapatkan snack dan sertifikat tadi, para undangan dan bintang tamunya juga .Bagi peserta khususnya mahasiswa/i membayar uang untuk tiket masuk istilahnya tuh..sebesar Rp 10.000 teman ! Nah kenapa saya mendapatkan door prize?Ceritanya tu gini, saya kan datangnya paling awal gara-gara salah satu panitianya menyarankan saya untuk datang lebih awal karena menurut dia rumah saya cukup jauh dari tempat acara tadi ( padahal nggak jauh-jauh amat kok !! ). Ketika sampai di acara tadi, ternyata masih sepi. Bahkan panitia pelaksananya pun belum datang semua ( yang saya lihat sih ada 2 orang yang sudah datang ! ). Sempat bingung sendiri, ya kemudian saya memberanikan diri untuk bertanya langsung ke mas-mas panitia tadi ( 2 orang yang saya ceritakan di atas itu lho..hehe ). Dan ternyata acaranya baru dimulai jam 9 WITA !! wow ... Ya sudah, saya duduk saja dan makan roti yang saya beli sembari menunggu dimulainya acara tadi itu ...hehe. Jadi kesimpulannya, karena datang kepagian saya dinominasikan sebagai peserta yang datangnya paling awal ..dapet deh door prize tadi .. ahaha senangnya saya waktu itu ! (eh, padahal saya pengen dapet bukunya.. yang berjudul "Sang Pencerah" tapi berhubung saya perempuan dapetnya kerudung sementara yang laki-laki dapetnya buku tadi lho.. hehe )


(Lihat cewek berkerudung di sebelah kiri yaa ...Aku perhatikan cewek ini mirip temen SMP ku dulu, di Jatim )




Saya bela-belain foto sama ni cewek. Tampang aku ya sok kenal gitu..hehe habis dia mirip banget sama Gading Giovani Putri temen SMP 1 Kauman saya dulu teman..Nanti ni foto mau saya tag di fb supaya temen saya tadi ( Puput panggilannya ,tahu dan percaya dengan cerita saya ..hehe ). Sayangnya saya tidak sempat menanyakan nama cewek ini teman, karena terburu-buru. 





Dengan menghadiri acara bedah buku "Sang Pencerah" tadi, pencerahan yang banyak saya dapat ya kebanyakan pengetahuan tentang KH.Ahmad Dahlan dan juga latar belakang Beliau. Selain itu, saya juga mulai belajar untuk selalu mensyukuri baik nikmat serta cobaan yang diberikan Allah SWT kepada saya dan keluarga saya tentunya. Dari acara ini, saya tertarik untuk membeli 2 buku yang berjudul "LDL" dan yang satunya cukup saya yang tahu.. ( saya tidak ingin dibilang sok nanti kalau kalian tahu ..hehe ). Banyak pelajaran yang dapat saya petik dari ke-2 buku tadi. Yang membuat hati ini kembali tenang serta mendapatkan pencerahan ke arah yang lebih terpuji dan bijaksana dalam memandang kehidupan baik untuk saya, Anda, kamu juga kalian orang-orang yang saya sayangi.











4 comments:

  1. udah nonton filmnya bu? ane belom :D

    btw pas banget lagu LP muter pas ane blogwalking kesini. tapi disininya kok malah pake "home sweet home" seh --a

    ReplyDelete
  2. @ Miftahgeek : belum..hhe baca bukunya jg blm..mahal euy harganya !

    btw,ak blm smpet baca2 postingan km nih..ntar deh ak cek lg d blogny km..hoho
    knp lagu Home sweet home?? karena, di lagu ini suara Chester masih bagus dan dia kn istilahnya solo kn walaupun featuring sama Moetly..dan kmrn pas lyt video lagu ini d youtube..hmmm trenyuh dah..tambah menguatkan niatku buat pasang ni lagu.. makasi ya dah BW n' komen d blog aku !! ^^

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. iyooo mirip banget karo awakmu Puuut..alhamdulillah baik.. minta pin :P awakmu piye kabare? kok iso nyasar ning blogku :D

      Delete

Please give your comments in writing ...