Monday, May 23, 2011

Kamu Blogger, Aku juga





Blogger, ada yang belum tahu artinya? Singkatnya, blogger berarti seseorang yang memiliki blog-itu sih menurut saya. Bagaimana dengan kalian? Punya definisi lain? Oh kamu, blogger itu nulis. Apa selalu menulis? Nggak juga, blogger kadang lebih suka jalan-jalan, istilah kerennya itu blogwalking. Jadi, kamu mau pilih yang mana? Mau nulis atau baca-baca terus ngasih komen, jadi silent reader atau yang terakhir, cuma mau BW aja? It's up to you. Paling tidak kamu adalah seorang blogger.


Kamu blogger, dan blogger nggak cuma ngeblog? Bisa? Bisa! Ada yang nggak setuju? Nggak masalah. Menanggapi perkembangan teknologi yang semakin pesat, banyak orang berbondong-bondong membuat sebuah akun. Pilihan tadi berkisar pada facebook, twitter, blog dan situs jejaring sosial lain. Mana yang paling diminati coba? Facebook, atau twitterkah? Kamu berminat memiliki blog? Saya dukung!

Facebook dan twitter, memang benar merupakan situs jejaring sosial yang paling banyak diminati anak-anak muda sekarang ini. Dari yang masih SD ataupun yang ngakunya udah gedhe punya, tapi sayang; sedikit saja dari mereka yang ngerti. Tapi apa sih yang kita dapatkan dari sana? Informasi? Saya berani bilang, sedikit sekali.

Blog merupakan salah satu wadah untuk mengapresiasikan apa yang ingin kita bagi ke orang lain dengan cara yang cukup unik. Di sini-blog, kita bisa memilah-milah apa saja yang ingin dibagi. Tidak menjurus ke satu hal saja. Bahkan dengan memperluas jaringan kita di dunia perbloggeran, justru semakin baik. Selain wawasan, jalinan  persahabatan pun kita dapatkan. Blogger nggak cuma ngeblog kok, kamu bisa isi blogmu dengan apa saja yang ingin kamu tampilkan di sana. Berita politik, seputar hobimu dan pekerjaanmu, pundi-pundi uangmu, kumpulan puisi dan cerbungmu atau sekedar berbagi informasi dan trik-trik juga bisa. Tak terbatas bukan? Kamu punya blog, kamu juga punya etika, jangan lupa :)

Minat saya di dunia perbloggeran? Sejauh ini masih cukup besar. Meski terkadang saya tidak bisa menulis atau sekedar jalan-jalan. Tidak bisa dipungkiri kalau blog ini justru menjadi daya tarik tersendiri dalam mencari sesuatu yang ingin saya cari. Paling sering sih, sebagai tempat melepas penat. Yah, saya akui. Dengan membaca tulisan maupun beberapa komentar dari sahabat blogger saja saya sudah cukup senang dan sering terhibur. Apalagi kalau sampai saya temukan sebuah blog yang benar-benar bermutu. Nggak cuma, informasi yang terkesan kaku namun juga intermezonya yang kocak.

Tips saya sih, ngeblog itu nggak usah diambil pusing. Kalau mau, ya buat jadwal saja perhari atau minggu mau posting berapa. Kamu juga nggak harus komen kok kalau main di blog temen. Blogmu bisa menjadi sebuah pioner untuk usaha yang sedang kamu geluti sekarang, bahkan jika kamu berdagang. Blog merupakan sarana yang cukup menjamin tersebarnya barang daganganmu ke semua penjuru kota bahkan dunia, tentu dengan pengenalan dan usaha ya!

Di lain waktu, blog bisa kamu jadikan sebagai media untuk berbagi tips juga media dalam menyalurkan bakat alamimu yakni menulis, berkreasi dengan kain dan benang, aneka jajanan, aneka tempat wisata yang ingin kamu sebar-luaskan di dunia maya-barangkali tidak banyak orang tahu tentang tempat ini dan lainnya. Terlalu panjang nanti kalau saya tulis semuanya di sini.

Blog merupakan sebuah wujud ekspresi dari si pemiliknya. Blogger nggak cuma ngeblog bisa diartikan yang di atas itu tadi. Rutinitas lain di rumah maupun di kerjaan saya rasa tidak akan mengurangi niat kalian untuk tetap aktif ngeblog. Kalau memang dah ada masa-masanya jarang nulis, ya nggak masalah. Tapi saya jamin kamu bakal kangen! Intinya nih ya, blogger nggak cuma ngeblog itu bisa apa saja. Sambil ngeblog trus makan kan bisa. Ngeblog nyambi kerja juga bisa. Tuh, jelas kan sekarang. Jadi, tunggu apalagi. Yuk, gabung sini. Kita ngeblog :)



Tulisan ini saya ikutsertakan di Blogger Return Kontesnya mbak Anazkia.
Kontes tersebut disponsori oleh denaihati

38 comments:

  1. jadi blogger serabutan mba
    ngeblog kalau anak2 gak rewel :)
    semoga menang kontesnya!

    *perasaan bulan ini banyak banget yg ngadain kontes :)

    ReplyDelete
  2. rasanya saya belum pernah main ke blog ini. salam kenal :)

    ReplyDelete
  3. mba ajeng kalau udah nulis, panjang deh, hehe...
    semoga dengan ngeblog, kita banyak mendapatkan manfaat, amin...

    ReplyDelete
  4. seneng bikin blog baru mba, tapi kadang keteteran sendiri, hihi...
    masih gratis ini koq (di blospot maksudnya)

    sukses n semoga menang mba ^_^

    ReplyDelete
  5. saya ngeblog niat berbagi ilmu, itu saja

    #sebenarnya niat berhasil di monetize blog juga sih, tapi masih gagal

    ReplyDelete
  6. kalo menurut aku simpel aja, blogger ya yang punya blog, en mengisi blognya dengan tulisan. kalo punya blog doang tapi ga pernah nulis ya anak kecil juga bisa...haha

    ReplyDelete
  7. termasuk juga ajang cari hadiah, misal ikutan kuis sama kontes gitu-gitu. hahaha.

    Tapi apapun alasannya, soal ngeblog memang diserahkan kepada masing-masing empunya apa tujuannya. yang penting, have fun with our blog!

    ReplyDelete
  8. banyak banget kontes kayaknya yaaa
    meluncur ke Anazkia aaaaah

    ReplyDelete
  9. Bener banget sist blog merupakan wujud ekspresi dari pemiliknya, baik dan hancurnya tercermin dari tulisannya hhi..

    Happy Blogging :)

    ReplyDelete
  10. wah ikut kontes ya ..moga sukses..
    and ada satu lagi nih ..hiih jgn jadi blogger pingitan ..hahahaha byk tuh blogger pingitan ..

    ReplyDelete
  11. tempat berbagi dan tempat mencari wawasan yang tepat ya menurut saya di blog hehe :)

    ReplyDelete
  12. moga menang dehh, btw oot: tambahan menulis dlm bhs asing akan lebih mudah klu kita berpikir seperti mereka :)

    ReplyDelete
  13. good luck dengan kontesnya ya. pingin ikut tapi masih satu-satu nih ngerjain kontesnya hehehe

    ReplyDelete
  14. ngeblog itu pelampiasan buat tulisan yang ngga ada yang mau muat kecuali blog kita sendiri :))

    ReplyDelete
  15. Saya sangat setuju! Saya suka berbagi cerita dan bercerita dan saya lebih leluasa dengan menulis. Salam kenal ^_^

    ReplyDelete
  16. kamu blogger, aku blogger , dia blogger, mereka blogger, kami blogger.....

    Pokoknya salam Blogger
    :Iloveblogger

    Share and read are nice

    ReplyDelete
  17. blog bagi saya itu seperti candu, buat saya ketagihan, rasanya ada yg kurang aja tanpa ngeblog (nulis ataupun sekedar BW)

    blog juga seperti obat buat saya, obat penghilang rasa sakit dikala sakaw ingin nulis, ingin curhat, ingin berbagi,

    sooo blog ituuuu menyenangkaaaannn... :)

    aahhh dari kemarin mw ikutan kontes ini jg tapi blm sempat2 nulis.. :D

    ReplyDelete
  18. Mba Ajeng hebat euyy jadi Ibu RT sempet juga jadi Blogger sejati nih yg selalu update..hehhe..

    ReplyDelete
  19. fiuhh akhirnya bisa ke Banjar setelah berkutat dengan data dan angka.
    ----
    tepat sekali bahwa blog itu memang bisa bikin kangen, hampir seminggu kemarin repot pekerjaan ternyata kadang masih sempat ngintip postingan kawan. dan ternyata tangan ini pegel linu juga kalo ndak update postingan maupun bw berkomentar.
    Apapun alasan menjadi blogger itu terletak pada juragan masing-masing, tapi yang jelas inilah dunia silaturrahim yang indah dan bonusnya sangat banyak wawasan, ilmu, hadiah, persahabatan, sharing dan kadang juga sindirian maupun omelan. itulah indahnya interaksi sosial di dunia maya.
    Ayo Ngeblog walo tak punya Blog, tapi mending bikin deh walo cuman satu postingan yang penting identitas ada

    ReplyDelete
  20. Ajeng, sukses ya. Aku ngeblog soalnya suratku ke Bogor gak kesampaian. Eh, malahan banyak dapat pencerahan... Sampe nekat ikutan komunitas indigo gara2 pengen tau pemikiran mereka...

    ReplyDelete
  21. jeng sistem operasi itu ga cuma windows saja, tapi ada banyak, misalnya sistem operasi yang aku tulis di blog, bayangkan 4 sistem operasi dalam 1 komputer kerenkan :D

    ReplyDelete
  22. blog itu bisa apa saja, bisa diary, bisa sekedar fun atau malah memberi informasi. blog juga bisa jadi ajang pertemanan, kok, buktinya aku dapat banyak teman baru dari sini, kan? ;)
    ngeblog sih memang bebas, asal dijaga saja bahasanya. karena siapa tahu ada penerbit yg membaca dan dijadikan buku (seperti aku, hihihi).
    nice share, ajeng. ditunggu join sama giveawayku ya! ;)

    ReplyDelete
  23. menurut saya, blog itu adalah diary. saya tulisa semua kejadian penting yg saya alami. kalo lagi ga ada kejadian, ya udah nulis cerpen. hehe

    ReplyDelete
  24. yang penting hepi yo mbak... ^_^
    bener mbak, aku ini ngeblog nyuri-nyuri waktu makanya lebih suka ol pake HP. Tapi tetep hepi hepi aj hehehe...

    moga menang deh kontesnya.

    ReplyDelete
  25. Yang penting enjoy ngeblognya he8... :)

    ReplyDelete
  26. Bagus tulisannya mbak, semoga menang ya, hehehheh...

    ReplyDelete
  27. Yang pasti dengan punya blog gw jadi punya temen2 baru. Pluss bisa menmabah pengetahuan

    Senengnya menjadi blogger :-)

    ReplyDelete
  28. salut buat para blogger yang bisa memanage blog-nya dengan baik.. soalnya ngeblog butuh waktu juga kan?? apalagi yg punya beberapa blog sekaligus and semuanya update.. kasih jempol deh :)

    ReplyDelete
  29. Twitter ajang bergalau ria dan update status. Facebook tempat mejeng, pamer foto, cari pacar. Blog? SEMUA BISA...LOL

    ReplyDelete
  30. wah. banyak banget ya yang ikut lombanya mba anzkia itu.

    ReplyDelete
  31. wah, ikutan juga toh. sip deh. memang ngeblog itu asik banget.

    ReplyDelete
  32. Pokoknya, ngeblog itu harus dinikmati. :)

    ReplyDelete

Please give your comments in writing ...